Indonesia Masih Jadi Negara dengan Biaya Hidup Termurah di ASEAN

Berdasarkan data Numbeo, Indonesia masih menjadi negara dengan biaya hidup termurah di Asia Tenggara di tahun 2023.

Indonesia Masih Jadi Negara dengan Biaya Hidup Termurah di ASEAN Ilustrasi Uang | Unsplash/moneyphotos

Di tengah kondisi ekonomi yang sering dikeluhkan oleh masyarakat serba mahal, ternyata di tahun 2022 lalu, Numbeo mencatat Indonesia sebagai negara dengan biaya hidup termurah di Asia Tenggara. Masih berdasarkan data Numbeo, setelah berjalan 3 bulan memasuki tahun 2023 Indonesia masih menjadi negara dengan biaya hidup termurah di Asia Tenggara per Maret 2023.

Indeks Biaya Hidup Negara Asia Tenggara 2023 | Goodstats
Indeks Biaya Hidup Negara Asia Tenggara 2023 | Goodstats

Menurut catatan Numbeo, Singapura saat ini masih menjadi negara dengan biaya hidup termahal di Asia Tenggara jika dilihat berdasarkan indeks biaya hidup. Indeks biaya hidup Singapura berada di angka 85,9 pada Maret 2023. Di bawah Singapura, ada Brunei Darussalam dengan indeks biaya hidup di angka 55,2 dan Kamboja dengan 44,5. 

Di bawah Kamboja ada Thailand dan Vietnam dengan masing-masing indeks biaya hidup di angka 40,7 dan 35,7. Disusul di bawahnya oleh Malaysia, Filipina dan Myanmar dengan indeks kualitas hidup masing-masing di angka 35, 34, dan 32,9. Sementara urutan paling bawah adalah Indonesia dengan indeks biaya hidup di angka 31,2 di tahun 2023. 

Untuk diketahui, proses scoring angka indeks biaya hidup ini didasarkan pada biaya hidup di New York, Amerika Serikat. Jika biaya hidup 100 persen diasumsikan sebagai biaya hidup di New York, artinya selisih skor indeks biaya hidup suatu negara dengan angka 100 yang diasumsikan adalah biaya hidup di New York menunjukkan persentase perbandingan dengan biaya hidup di New York. 

Jika diciptakan permisalan, Singapura dengan skor indeks 85,9 yang dibulatkan menjadi 86 bisa diartikan memiliki biaya hidup 14 persen lebih murah dari New York di tahun 2023 karena.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Paru-Paru Dunia Terbesar Ada di 5 Negara Ini

Hutan memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Sebagai penghasil oksigen terbesar, hutan juga berperan penting terhadap kehidupan alam lainnya.

Kalahkan Gunung Fuji, Bromo Duduki Posisi Ketiga Dalam Daftar Taman Nasional Terindah 2023!

Berdasarkan data Bounce, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berhasil masuk ke dalam daftar taman nasional terindah dengan skor 7,89 poin

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook