Indonesia Jadi Negara Pemilik Bandara Terbanyak di Asia 2022

Global Firepower mencatat jumlah bandara di Indonesia menjadi yang terbanyak pada tingkat benua Asia dengan jumlah 673.

Indonesia Jadi Negara Pemilik Bandara Terbanyak di Asia 2022 Potret Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara Internasional di Indonesia | Julius Bramanto/Shutterstock

Keberadaan bandar udara atau yang lebih akrab disingkat bandara sangatlah penting bagi suatu kota. Di samping perannya sebagai tempat perpindahan masyarakat dari satu kota ke kota lainnya, bandara juga berfungsi sebagai pintu gerbang kegiatan perekonomian agar pembangunan, pertumbuhan, dan stabilitas ekonomi pada suatu kota dapat berjalan lancar dan merata.

Selain itu, bandara juga dapat berfungsi mendorong kegiatan industri, perdagangan serta pariwisata dalam menggerakkan pembangunan nasional, serta sebagai salah satu prasarana utama dalam hal penanganan bencana.

Kementerian Perhubungan mendefinisikan bandara sebagai kawasan di daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas, naik turun penumpang, bongkar muat barang, dan tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas pokok dan penunjang lainnya.

Sebagai negara dengan geografis kepulauan, bandara hadir secara vital sebagai penghubung antarpulau di Indonesia. Negara ini memiliki jumlah bandara yang cukup banyak. Bahkan, situs web statistik dalam hal pertahanan negara, Global Firepower mencatat jumlah bandara di tanah air menjadi yang terbanyak pada tingkat benua Asia dengan jumlah 673.

/

10 negara dengan jumlah bandara terbanyak di benua Asia | Angelia Gunawan/GoodStats

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, China menjadi negara dengan jumlah bandara terbanyak kedua di Asia. Terhitung, ada sekitar 507 bandara yang berdiri di negara tersebut. India menyusul di peringkat ketiga dengan total 346 bandara.

Negara timur tengah di Asia, Iran berada di peringkat empat dengan total 319 bandaranya. Salah satu bandara utama di Iran adalah Bandara Internasional Mehrabad yang berada di Teheran, Iran. Bandara ini menjadi bandara publik dan militer serta memiliki kode IATA THR.

Filipina berada di peringkat lima total bandara terbanyak di Asia dengan jumlah 247. Peringkat enam hingga sepuluh diisi oleh Arab Saudi (214 bandara), Jepang (175 bandara), Pakistan (151 bandara), Oman (132 bandara), dan malaysia (114 bandara).

Negara dengan jumlah bandara terbanyak di dunia masih dipegang Amerika Serikat dengan total 13.513 bandara, disusul oleh Brasil dengan 4.093 bandara. Jumlah bandara Indonesia jika disandingkan dengan negara-negara di dunia berada di peringkat 10, di atas satu tingkat dengan Jerman yang memiliki 539 bandara.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Inilah Bahan Bakar dan Oli Pilihan Gen Z Tahun 2022
Artikel Selanjutnya Bukan Jepang, Inilah Negara dengan Tingkat Konsumsi Mi Instan Terbanyak
Konten Terkait