Indonesia Jadi Negara dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Bank Tertinggi di Dunia

Bank yang kini juga punya fungsi menghidupkan roda ekonomi. Menurut data Statista, masyarakat Indonesia dinilai puas dengan kinerja bank yang ada di Indonesia.

Indonesia Jadi Negara dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Bank Tertinggi di Dunia Ilustrasi ATM Bank | Unsplash/Eduardo Soares

Peran bank sangatlah erat dalam kehidupan sehari-hari manusia di era saat ini. Bank kini tak lagi hanya menjadi alat penyimpanan uang dan berfungsi sebagai tempat menabung masyarakat. Namun, kini peran bank sudah menjadi sarana pemberian upah hingga pinjaman.

Menurut data yang dirilis oleh Statista Research Department pada 13 Maret 2023, Indonesia menjadi negara dengan tingkat kepercayaan dan kepuasan tertinggi terhadap kinerja bank. Dalam survei yang memiliki responden sebanyak 75.264 orang di seluruh dunia itu, Statista memberikan matriks pengukuran berupa angka 1 hingga 5 yang menunjukkan seberapa tingginya kepuasan masyarakat. 

Skor Tingkat Kepercayaan Terhadap Bank | Goodstats
Skor Tingkat Kepercayaan Terhadap Bank | Goodstats

Indonesia mendapatkan skor tertinggi di angka 4,38 pada variabel kepercayaan terhadap bank. Disusul di bawahnya oleh Filipina dan Brazil yang mendapatkan skor masing-masing di angka 4,3 dan 4,28. Sementara, negara dengan tingkat kepercayaan terendah terhadap bank diduduki oleh Korea Selatan dengan skor di angka 3,67. Di atasnya ada Jepang dan Spanyol dengan skor variabel kepercayaan masing-masing di angka 3,71 dan 3,73.

Skor Tingkat Kepuasan Terhadap Bank | Goodstats
Skor Tingkat Kepuasan Terhadap Bank | Goodstats

Perihal kepuasan, Indonesia mendapatkan skor di angka 4,28. Disusul di bawahnya oleh Afrika Selatan dan India dengan skor 4,21 dan 4,2. Sementara, negara dengan tingkat kepuasan terendah terhadap bank diduduki oleh Israel dengan skor 3,53. Disusul di atasnya oleh Jepang dan Belgia yang masing-masing mendapatkan skor di angka 3,61 dan 3,67.

Skor Tingkat Kepuasan Terhadap Saran Keuangan dari Bank | Goodstats
Skor Tingkat Kepuasan Terhadap Saran Keuangan dari Bank | Goodstats

Seperti visi bank pada umumnya, bank juga memiliki porsi untuk memberikan saran keuangan terbaik kepada para nasabah. Masyarakat Indonesia juga tercatat menjadi golongan masyarakat yang paling puas dengan kinerja bank dalam memberikan saran keuangan. 

Indonesia tercatat mendapatkan skor 4,21 dalam tingkat kepuasan terhadap saran keuangan yang diberikan oleh bank. Disusul di bawahnya oleh Afrika Selatan dan India yang masing-masing mendapatkan skor di angka 4,1 dan 4,09. Sementara, masyarakat Jepang tercatat menjadi golongan masyarakat yang paling tak puas akan saran keuangan yang diberikan oleh bank, yang juga tercatat dengan skor rendah yakni 3,3.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Rata-Rata Pendapatan Pekerja "Freelance" dari Berbagai Sektor di Indonesia

Perbedaan pendapatan antara berbagai sektor ini mencerminkan beragamnya jenis pekerjaan dan keterampilan yang diperlukan oleh para freelancer.

Target Pembangunan Indonesia Tahun 2025, Kemiskinan Harus Turun 8%

Pemerintah Indonesia telah menetapkan sasaran pembangunan untuk periode 2025 dengan fokus pada penurunan tingkat kemiskinan sebesar 8%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook