IKEA Catatkan Pendapatan Fantastis, Jadi Perusahaan Furnitur Terbesar Berdasarkan Nilai Pasar

Pendapatan tahunan IKEA pada tahun 2021 mencapai US$44,82 miliar dan estimasi kapitalisasi pasar mencapai US$67,23 pada 2022.

IKEA Catatkan Pendapatan Fantastis, Jadi Perusahaan Furnitur Terbesar Berdasarkan Nilai Pasar Potret interior toko IKEA yang berlokasi di Swedia | NomadFra/Shutterstock

Pasar furnitur global merupakan industri yang dinamis dan sangat kompetitif, dengan berbagai pemain mulai dari perusahaan kecil, lokal hingga perusahaan multinasional. Pasar furnitur telah tumbuh dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatnya urbanisasi, pendapatan, dan pertumbuhan populasi.

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak orang bekerja dari rumah dan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan. Ini menyebabkan terjadinya lonjakan permintaan untuk furnitur rumah. Dengan maraknya e-commerce dan penjualan online, industri furnitur global mencatatkan pendapatan yang fantastis.

Melansir Statista, pasar furnitur global bernilai US$557 miliar pada tahun 2022 dan ditaksir akan terus meningkat menjadi lebih dari US$650.7 miliar pada tahun 2027 mendatang. Beberapa pelaku industri besar tercatat memperluas operasinya.

Pada tahun 2022 lalu, Ashley Furniture mulai mengerjakan pusat pemenuhan seluas 50,000 kaki persegi di Arcadia, sementara IKEA memanfaatkan pasar Asia dengan meningkatkan jumlah toko di negara-negara seperti India, Cina, dan Filipina.

Daftar 5 perusahaan furnitur terbesar di dunia | Goodstats

Adapun, IKEA menjadi perusahaan furnitur dengan catatan pendapatan tahunan terbesar di dunia mencapai US$44,82 miliar pada tahun 2021. Tak hanya itu, estimasi nilai pasarnya pun ditaksir mencapai US$67,23 miliar pada 2022. Selain IKEA, perusahaan furnitur mana saja yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar di dunia? Berdasarkan laporan Insider Monkey, ini dia 5 perusahaan furnitur terbesar.

1. IKEA

Didirikan pada tahun 1943, IKEA adalah konglomerat multinasional Swedia yang terutama mengkomersialkan furnitur dan produk rumah. IKEA memiliki total 422 toko di seluruh dunia, di mana sekitar 70% di antaranya berada di Eropa.

Perusahaan ini menawarkan hampir 9.500 produk yang mencakup banyak kategori, seperti furnitur, tempat tidur dan kasur, tempat penyimpanan, elektronik rumah, dapur dan peralatan makan, kamar mandi, dekorasi & perbaikan rumah, pencahayaan, hingga tekstil rumah.

Pada tahun 2021, pasar terbesar IKEA adalah Jerman yang menyumbang 14,2% dari total penjualannya. Diikuti oleh Amerika Serikat dengan pangsa 13,4% dalam total penjualan. Sementara, estimasi nilai pasarnya diprediksi mencapai US$67,23 miliar pada tahun 2022.

2. Masco Corporation

Masco Corporation adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi dan mengkomersialkan berbagai produk bangunan dan perbaikan rumah. Perusahaan ini berkantor pusat di Michigan, Amerika Serikat dan beroperasi di dua segmen: segmen produk pipa dan segmen produk arsitektur. Berdasarkan laporan Companies Market Cap, nilai pasarnya mencapai US$12,40 miliar per Februari 2023.

3. Kohler Co.

Berkantor pusat di Wisconsin, Amerika Serikat, Kohler Co. memproduksi furnitur dan perlengkapan rumah tangga. Perusahaan ini menawarkan peralatan, pencahayaan, produk keramik, dan furnitur untuk kamar mandi dan dapur.

Kohler Co. memiliki dan mengoperasikan pabrik di 49 lokasi dan puluhan kantor penjualan di seluruh dunia. Tercatat, pendapatan tahunannya pada 2021 mencapai US$7,6 miliar dan estimasi nilai pasarnya sebesar US$11,4 miliar pada tahun 2022.

4. Ashley Furniture Industries

Berkantor pusat di Wisconsin, Amerika Serikat, Ashley Furniture Industries adalah pengecer perabot rumah tangga. Perusahaan ini merancang dan memproduksi furnitur perumahan dan produk dekorasi. Produk-produk ini termasuk kasur, perangkat keras kamar mandi, dan aksesori, furnitur ruang tamu, produk tempat tidur, serta furnitur luar ruangan, pencahayaan, dan dekorasi.

Perusahaan ini juga menawarkan produk furnitur anak-anak dan balita. Melalui mitra ritel, Ashley Furniture Industries menyediakan produknya di 155 negara. Nilai pasarnya ditaksir mencapai US$9,45 miliar pada tahun 2022. Sedangkan, pendapatan tahunannya pada 2021 sebesar US$6,3 miliar.

5. Williams-Sonoma

Williams-Sonoma merupakan perusahaan ritel yang bergerak di bidang perabotan rumah tangga dan peralatan dapur. Perusahaan ini berkantor pusat di San Francisco, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini menawarkan beragam produk dengan nama merek yang berbeda, seperti merek Williams Sonoma Home dan merek The West Elm.

Williams-Sonoma telah mengoperasikan lebih dari 500 toko, dengan sebagian besar berada di Amerika Serikat, sedangkan sisanya berlokasi di Kanada, Australia, dan Inggris. Mengutip Companies Market Cap, kapitalisasi pasarnya mencapai US$8,25 miliar per Februari 2023.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei GoodStats: Supra Masih Jadi Motor Bebek Terfavorit Orang Indonesia di 2024

Berdasarkan hasil survei GoodStats pada Februari 2024, sebanyak 24% responden menempatkan Honda Supra sebagai motor bebek favoritnya.

18.000 Kasus Kanker Kulit Terjadi di Tanah Air, Berikut Daftar Tabir Surya Paling Favorit Indonesia

Kanker kulit menjadi ancaman masyarakat. Pemakaian tabir surya ampuh menjadi langkah preventif, berikut merek tabir surya penerima Top Brand Award 2023!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook