GoodStats
Pencarian
Masuk

Harga iPhone 14 Pro Max 128GB di Turki Bisa 2 Kali Lebih Mahal dari Amerika Serikat

Inflasi yang terjadi di Turki saat ini cukup parah. Kondisi ini juga membuat harga iPhone 14 di Turki meroket.

Harga iPhone 14 Pro Max 128GB di Turki Bisa 2 Kali Lebih Mahal dari Amerika Serikat iPhone 14 Pro Max│James Yarema/Unsplash

iPhone 14 telah diperkenalkan oleh Apple pada 16 September lalu. Setelah diperkenalkan ke publik, iPhone generasi terbaru ini langsung mendapatkan banyak perhatian, terutama untuk varian Pro dan Pro Max.

iPhone 14 varian Pro dan Pro Max membawa desain serta fisik baru, tidak seperti iPhone 14 Basic yang secara umum masih sama dengan iPhone 13. Fitur baru yang mencuri perhatian pada varian Pro dan Pro Max adalah fitur dynamic island.

Dynamic island adalah fitur baru yang dikembangkan Apple pada iPhone 14 varian Pro dan Pro Max. Fitur ini membuat bagian layar yang terpotong oleh kamera depan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti memberikan notifikasi, hingga untuk memutar musik.

Seperti halnya iPhone generasi sebelumnya, iPhone 14 kini juga langsung laris di pasaran setelah pertama kali diluncurkan, khususnya varian Pro dan Pro Max. iPhone 14 Pro Max varian 128GB menjadi varian Pro Max yang paling murah.

Harga iPhone 14 Pro Max 128GB di Berbagai Negara│GoodStats

 

Menurut data dari Phone Arena, di Amerika iPhone 14 Pro Max varian 128GB dihargai 17,1 juta rupiah. Dibandingkan dengan negara-negara lain, harga iPhone 14 Pro Max varian 128GB di Amerika Serikat adalah harga yang paling murah.

Di Eropa, harga iPhone 14 Pro Max varian 128GB bisa lebih mahal 4 hingga 5 juta rupiah. Di Inggris harga varian ini adalah 21,5 juta rupiah, sedangkan di Jerman 22,5 juta rupiah. Di Eropa, harga tersebut sudah termasuk pajak, sedangkan di Amerika belum, dan mereka harus tetap membayar pajak diluar harga tersebut.

Turki menjadi negara dengan harga iPhone 14 Pro Max varian 128GB termahal. Harga iPhone 14 varian ini dijual dengan harga 37,5 juta rupiah di turki, dua kali lebih mahal dibandingkan di Amerika.

Mahalnya harga iPhone 14 di Turki disebabkan oleh krisis ekonomi yang sedang melanda negara tersebut. Pada bulan Agustus lalu, Turki mengalami inflasi sebesar 80 persen. Selain karena besarnya inflasi di negara itu, Apple juga menaikkan harga jual produknya di Turki sebagai imbas dari inflasi yang terjadi di Turki. Itulah mengapa harga iPhone 14 di Turki bisa sangat mahal.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Peneliti Stanford: Indonesia jadi Negara Paling "Mager" di Dunia
Artikel Selanjutnya Catat! Daftar Produk Obat Sirup untuk Anak yang Resmi Dilarang dan Aman Dikonsumsi
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook