10 Provinsi dengan Jumlah Nasabah Bank Terbanyak 2023, DKI Teratas

Provinsi DKI Jakarta menjadi pemilik akun rekening terbanyak di Indonesia dengan total mencapai 104 juta nasabah

10 Provinsi dengan Jumlah Nasabah Bank Terbanyak 2023, DKI Teratas Nasabah Melakukan Transaksi via Mobile Banking (Sumber: Shutterstock)

Dunia semakin bertransformasi menuju kemajuan dengan beragam kecanggihan yang diciptakan oleh manusia. Smartphone menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam hal komunikasi, belanja, bahkan termasuk juga aktivitas perbankan.

Meskipun saat ini, semua bank telah memberikan akses mudah untuk melakukan transaksi melalui telepon genggam, namun nyatanya masih ada masyarakat yang memilih untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM. Layanan online ini disebut dengan layanan internet banking. Akses internet banking ini hanya membutuhkan modal ponsel pintar saja yang memiliki data internet dengan koneksi yang bagus. Layanan bank via internet banking sangatlah mudah dan tidak membutuhkan biaya tambahan.

Kemudahan yang diciptakan tersebut mendorong masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai nasabah dari suatu bank. Tak heran jika sampai saat ini berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) total nasabah yang terdaftar sebanyak 511 juta, dengan pemilik nasabah terbanyak berada di provinsi DKI Jakarta. Meskipun angkanya menurun 0,16 persen dari bulan sebelumnya, tetapi DKI Jakarta masih menempati posisi pertama sebagai pemilik nasabah terbanyak di Indonesia.

Disusul Jawa Barat sebagai pemilik nasabah bank terbanyak di Indonesia, totalnya mencapai 71 juta. Kemudian pada posisi ketiga diduduki oleh Jawa Timur dengan total nasabah sebanyak 65 juta. Selain itu, Jawa Tengah ternyata juga menjadi provinsi pemilik nasabah yang banyak di Indonesia. Pada bulan Maret 2023, total nasabahnya mencapai 58 juta atau naik 0,005 persen dari bulan sebelumnya.

Beralih ke pulau Sumatera, pada posisi kelima Sumatera Utara menjadi provinsi dengan jumlah nasabah terbanyak dibandingkan 34 provinsi lainnya. Total sebanyak 25 juta nasabah yang terdaftar memiliki akun rekening.

Selanjutnya yakni Provinsi Banten, tercatat sebanyak 17 juta masyarakat memiliki akun rekening di bank. Kemudian Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah nasabah sebanyak 16 juta. Pada urutan selanjutnya memiliki angka yang tak jauh berbeda, sebanyak kurang lebih 11 juta nasabah tercatat dimiliki oleh masing-masing Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung. Terakhir, menyentuh angka dibawah 10 juta yakni Riau, menjadi Provinsi dengan jumlah nasabah bank terbanyak di Indonesia.

Banyaknya jumlah akun rekening yang terdaftar, tak luput dari kemudahan serta berbagai strategi yang digunakan oleh masing-masing bank untuk memikat masyarakat agar tergabung dalam nasabah mereka. Penting bagi masyarakat untuk memahami cara melakukan transaksi melalui bank, sebab kebanyakan transaksi yang dilakukan saat ini adalah melalui metode cashless atau sistem pembayaran tanpa uang tunai.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Literasi Finansial Perempuan Naik, Sementara Inklusi Finansial Masih Didominasi oleh Laki-laki?

Literasi keuangan wanita tercatat meningkat per 2022 tetapi berbanding terbalik dengan aksesibilitas inklusi keuangan bagi wanita.

Anggaran KIP Kuliah 2024 Rp13,9 Triliun, Berapa Penerimanya?

Bantuan pembiayaan kuliah harus melindungi mahasiswa dari jerat hutang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook