Dua Maskapai Lion Group Jadi Maskapai Penerbangan Internasional Terburuk di Dunia

Wings Air dan Lion Air menjadi dua maskapai utama dengan penerbangan internasional terburuk di dunia dengan perolehan dibawah 1 dari 10 poin

Dua Maskapai Lion Group Jadi Maskapai Penerbangan Internasional Terburuk di Dunia Maskapai penerbangan Wings Air. (Sumber: Suara NTB)

Platform layanan perjalanan Bounce mengumumkan daftar maskapai terburuk di dunia pada 2023. Daftar yang dirilis terdiri dari maskapai internasional terburuk dan maskapai domestik terburuk di dunia.

Bounce memberikan penilaian terhadap 52 maskapai dari berbagai negara yang melayani penerbangan internasional, termasuk 12 maskapai penerbangan terbesar di Amerika Serikat.

Penilaian didasarkan pada sejumlah indikator, seperti ketepatan waktu, tingkat pembatalan penerbangan, kualitas makanan dan hiburan dalam pesawat, kenyamanan kursi pesawat, kualitas pelayanan awak kabin, hingga kebijakan bagasi.

Maskapai Lion Air Group, Lion Air dan Wings Air, memuncaki dua urutan teratas dalam daftar 10 maskapai terburuk di dunia pada 2022. Hal ini menjadi citra buruk dunia penerbangan mengingat Lion Air Group berasal dari Indonesia.

Berdasarkan beberapa indikator yang disurvei, Wings Air menjadi maskapai penerbangan terburuk di dunia dengan nilai hanya 0,37 dari 10. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan skor Wings Air rendah, seperti tingkat pembatalan penerbangan yang mencapai 15,91 persen dan tingkat ketepatan waktu kedatangan terendah sebesar 47,69 persen.

Selain itu, Wings Air memperoleh nilai 1 dari 5 untuk makanan dan hiburan dalam pesawat, 3 dari 5 untuk kenyamanan kursi, dan 2 dari 5 untuk layanan staf penerbangannya.

Kemudian pada urutan kedua yakni maskapai Lion Air memperoleh skor 0,61 poin. Ada bebrapa faktor yang menyebabkan Lion Air mendapat skor yang rendah, salah satunya tingkat ketepatan waktu penerbangan sebesar 48,76 persen dan tingkat pembatalan mencapai 20,01 persen.

Maskapai Lion Air mendapatkan skor 2 dari 5 untuk layanan staf dan kenyamanan kursi, serta skor 1 dari 5 untuk makanan dan hiburan.

Bounce mengatakan, Lion Air adalah salah satu dari sedikit maskapai berbiaya rendah yang menggratiskan bagasi terdaftar untuk beberapa tiket kelas ekonomi.

Selain kedua maskapai penerbangan yang berasal dari Indonesia, terdapat 8 maskapai penerbangan lainnya yang dinilai menjadi penerbangan internasionao terburuk di dunia yakni Jetstar Airways dengan 0,94 poin, Flydubai dengan 1 poin, VivaAerobus dengan 1,18 poin, Wizz Air dengan 1,31 poin, Ryanair dengan 1,63 poin, West Jet dengan 1,66 poin, Vueling Airlines dengan 1,96 poin, dan Air Canada dengan 2,11 poin.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X