Drama Korea Masih Jadi Favorit Masyarakat Indonesia dalam Streaming Film dan Serial di Tahun 2022

Film dan serial asal Korea Selatan mendapatkan persentase sebesar 72 persen sebagai film pilihan masyarakat Indonesia pada layanan OTT sepanjang 2022.

Drama Korea Masih Jadi Favorit Masyarakat Indonesia dalam Streaming Film dan Serial di Tahun 2022 Ilustrasi streaming film dan serial melalui layanan OTT | PRPicturesProductions/Shutterstock

Sepanjang tahun 2022, film dan serial asal negara Korea Selatan masih menjadi favorit masyarakat Indonesia sebagai pilihan dalam streaming film pada layanan OTT (over the top). Hal itu diungkapkan Jakpat dalam laporan survei yang bertajuk "2022 Indonesia Mobile Entertainment & Social Media Trends" yang dirilis Jumat (27/1) lalu.

Film dan serial asal Korea Selatan mendapatkan persentase sebesar 72 persen sebagai film pilihan masyarakat Indonesia pada layanan OTT sepanjang 2022. Film dalam negeri menyusul di peringkat kedua dengan persentase 69 persen.

Film dan serial favorit masyarakat Indonesia berdasarkan asal negaranya | GoodStats

Posisi tiga hingga lima diisi oleh film-film yang berasal dari negara maju lainnya, seperti Amerika Serikat (60 persen), Britania Raya (46 persen), dan Jepang (42 persen). Selanjutnya, diisi oleh film-film yang berasal dari Eropa (32 persen), China (28 persen), Thailand (26 persen), dan India (18 persen).

"Korea Selatan dan Indonesia menjadi negara asal film dan serial yang paling banyak ditonton oleh penonton platform streaming, khususnya (pada generasi) Milenial. Film Amerika Serikat lebih populer pada kalangan Gen X, sementara Gen Z dan Milenial lebih banyak memilih film berasal dari Inggris ketimbang Gen X," tulis Jakpat dalam deskripsi laporannya (27/1).

Jika dilihat berdasarkan generasinya, film Indonesia memang masih jadi favorit untuk kalangan Gen X (kelahiran tahun 1965-1980) dan Gen Z (1997-2012) dengan persentase masing-masing sebesar 72 persen dan 69 persen. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan persentase film Korea Selatan sebagai pilihan film favorit mereka yang masing-masing hanya memiliki persentase sebesar 70 persen dan 68 persen.

Film asal Korea Selatan menjadi favorit bagi kalangan generasi milenial (1981-1996) yang memiliki persentase sebesar 75 persen dibanding film Indonesia yang memiliki persentase sebesar 68 persen. Di peringkat ketiga, generasi milenial dan gen Z sepakat menjadikan film Amerika Serikat sebagai film dan serial favorit dengan persentase masing-masing sebesar 61 persen dan 57 persen.

Sementara itu, film asal Amerika Serikat lebih disukai oleh kalangan Gen X, sebab pada faktanya memiliki persentase sebesar 71 persen atau berada di peringkat kedua favorit setelah film Indonesia atau 1 persen di atas film Korea Selatan yang berada pada posisi kedua. Daripada itu, ketiga generasi tersebut sepakat menjadikan film asal Inggris dan Jepang masuk ke posisi lima besar favorit.

Survei ini dilakukan Jakpat pada total 2.435 responden pengguna hiburan daring secara proporsional berdasarkan populasi warganet Indonesia dengan metode pertanyaan didistribusikan melalui aplikasi Jakpat. Jakpat mengeklaim, rilis survei ini berada pada tingkat toleransi kesalahan (margin of error) di bawah 3 persen.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Lebih dari Separuh Bahasa di Indonesia Terancam Punah

Indonesia menjadi negara dengan jumlah bahasa terbanyak yang terancam punah, yaitu sebanyak 425 bahasa.

7 Tradisi Natal Terunik di Seluruh Dunia, Austria Paling Aneh!

7 negara ini punya tradisi tersendiri dalam merayakan Natal, Austria merayakannya dengan parade kostum Krampus.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X