Deretan Negara dengan Upah Tertinggi di Dunia, Ada yang Capai Rp1 Miliar Per Tahun!

Menurut CareerAddict, Luksemburg menjadi negara dengan rata-rata gaji pekerja tertinggi yang mencapai US$67.967 atau Rp1,06 miliar per tahun.

Deretan Negara dengan Upah Tertinggi di Dunia, Ada yang Capai Rp1 Miliar Per Tahun! Ilustrasi seorang pekerja yang menerima gaji | Jcomp/Freepik

Dalam sebuah perusahaan, pegawai atau pekerja akan diberikan imbalan atau gaji atas jasa dan usahanya selama bekerja. Besaran gaji yang diterima oleh para pekerja pun berbeda-beda sesuai dengan bidang, jabatan, pengalaman, hingga upah minimum di wilayah tempatnya bekerja.

Tiap negara tentunya memiliki besaran dan sistem gaji yang berbeda-beda. Bahkan, terdapat sejumlah negara yang memberikan gaji dengan nilai tertinggi di dunia. Sayangnya, nominal gaji yang diterima di Indonesia masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Tercatat, rata-rata gaji bersih pekerja formal di Indonesia tercatat sebesar Rp3,07 juta perbulan pada tahun 2022 menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS). Sementara, sektor jasa keuangan dan asuransi menjadi lapangan kerja dengan gaji tertinggi, yakni mencapai Rp5,18 juta perbulan.

Lantas, negara mana saja yang memberikan upah dengan nominal tertinggi di dunia? Melansir laman CareerAddict, berikut daftarnya.

1. Luksemburg

Ilustrasi bendera Luksemburg | Wirestock/Freepik

Meskipun dinobatkan sebagai salah satu negara terkecil di dunia dengan luas wilayah yang hanya mencapai 2.586 kilometer, Luksemburg ternyata menjadi salah satu negara terkaya di dunia yang mampu memberikan nominal gaji tertinggi di dunia kepada para pekerjanya.

Negara kecil di Eropa yang hanya dihuni oleh sekitar 632 ribu penduduk tersebut tercatat mampu menggaji pekerjanya dengan nominal rata-rata sebesar US$67.967 per tahunnya atau setara dengan Rp1,06 miliar (kurs: Rp15.695) di sektor perbankan, real estat, hingga konstruksi.

2. Swiss

Ilustrasi bendera Swiss | Www.slon.pics/Freepik

Swiss yang memiliki populasi sekitar 8,3 juta orang ini merupakan salah satu negara paling makmur di dunia. Menempati peringkat kedua setelah Luksemburg, rata-rata upah yang diterima para pekerja di Swiss mencapai US$63.782 atau sekitar Rp1 miliar per tahunnya.

Swiss menjadi salah satu negara terkaya di dunia yang sangat berdedikasi terhadap ilmu pengetahuan dan inovasi. Negara ini unggul di berbagai bidang, termasuk perbankan, elektronik, farmasi, pariwisata, hingga industri cokelat.

3. Norwegia

Ilustrasi bendera Norwegia | Www.slon.pics/Freepik

Para pekerja di Norwegia rata-rata mendapatkan upah sebesar US$53.514 atau setara dengan Rp839,9 juta per tahun. Besaran nominal tersebut menempatkan negara nordik tersebut di peringkat ke-3 dalam daftar negara dengan nilai upah tertinggi di dunia versi CareerAddict.

Meski begitu, pendapatan yang tinggi tersebut dibarengi dengan standar hidup yang sangat tinggi. Adapun, negara ini merupakan pengekspor tekstil, akuakultur, juga ikan yang terkenal di dunia. Selain itu, Norwegia juga dikenal memiliki industri minyak bumi dan gas yang besar.

4. Amerika Serikat

Ilustrasi bendera Amerika Serikat | Wirestock/Freepik

Berada di peringkat ke-4, negara yang dijuluki sebagai negeri Paman Sam ini mampu memberikan upah sebesar US$53.329 per tahun kepada para pekerjanya. Jika dirupiahkan, nominal tersebut setara dengan Rp836,9 juta.

Hal tersebut tentunya sudah tak mengherankan lantaran Amerika Serikat (AS) merupakan negara dengan perekonomian yang sangat maju. Negara ini juga dikenal sangat mandiri di berbagai bidang dan sukses dalam memainkan peran penting di kancah internasional.

Selain itu, AS merupakan rumah bagi banyak perusahaan teknologi terkemuka dunia seperti Apple, Microsoft, Alphabet, Meta, Amazon, hingga Tesla. Banyak di antaranya berkembang di Silicon Valley, yang dianggap sebagai pusat kota dunia di bidang teknologi.

5. Denmark

Ilustrasi bendera Denmark | Wirestock/Freepik

Terletak di jantung Kota Skandinavia, Denmark merupakan negara menawan yang maju dalam berbagai bidang, termasuk inovasi teknologinya. Denmark menempati posisi ke-5 dalam daftar dengan rata-rata gaji mencapai US$52.666 per tahun atau sama dengan Rp826,5 juta.

Denmark diketahui memiliki serikat pekerja yang kuat, yang menjamin hak-hak pekerja dengan memberikan upah yang adil. Negara yang dinobatkan menjadi negara paling bersih dari korupsi tersebut berfokus pada berbagai sektor, termasuk industri logam, makanan dan minuman, furniture, obat-obatan, hingga pertambangan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Deretan Negara Ini Miliki Destinasi Wisata Mempesona, Namun Tidak Populer!

Tuvalu dinobatkan menjadi negara dengan kunjungan turis paling sedikit, yakni hanya sekitar 3.700 kunjungan per tahunnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X