Deretan Festival Musik Multi Genre Paling Sukses di Dunia

Festival musik menjadi panggung utama untuk menghasilkan pendapatan bagi artis dan promotor. Berikut deretan festival musik tersukses di dunia.

Deretan Festival Musik Multi Genre Paling Sukses di Dunia Festival musik digemari berbagai penonton di berbagai penjuru dunia (Tony Pham/Unsplash)

Industri musik live terus menjadi sumber kehidupan finansial yang penting bagi para musisi dan band. Dominasi layanan streaming yang terkadang kurang menguntungkan bagi artis, tur dan festival musik menjadi panggung utama untuk menghasilkan pendapatan.

Menurut data Pollstar, 8 festival teratas secara global berhasil mencetak total pendapatan kotor fantastis, yaitu mencapai $192 juta pada tahun 2023.

Festival-festival ini menawarkan pengalaman yang unik dan menampilkan beragam genre musik, menarik perhatian para penonton dari seluruh penjuru dunia.

Festival Musik dengan Pendapatan Tersukses di Dunia (Pollstar/GoodStats)

Raja Festival Independen: Outside Lands Music & Arts Festival

Outside Lands Music & Arts Festival, festival musik independen terbesar di Amerika Serikat berada di puncak daftar festival tersukses. Berlangsung di Golden Gate Park di San Francisco sejak 2008, festival ini menyajikan perpaduan genre musik yang bervariasi.

Mulai dari rock klasik, indie rock trendi, musik elektronik, hingga hip hop yang energik, Outside Lands menawarkan panggung bagi berbagai musisi papan atas. Pada tahun 2023, festival ini berhasil menjual 225.000 tiket dan meraup pendapatan kotor sebesar $40.1 juta.

Surga Musik Elektronik: Hard Summer Music Festival

Hard Summer Music Festival adalah tujuan tepat bagi pecinta dentuman musik elektronik yang digelar di Hollywood Park, Los Angeles.

Berbagai line-up DJ ternama dunia dan produser musik inovatif berkumpul untuk membuat para penonton berdansa semalaman. Meskipun hanya menjual 75.000 tiket, Hard Summer Music Festival sukses menghasilkan pendapatan kotor $29.9 juta pada tahun 2023.

Pengalaman Eksklusif: Phish: Riviera Maya

Berbeda dari festival lainnya, Phish: Riviera Maya adalah acara khusus yang didedikasikan untuk band rock legendaris Phish.

Diadakan di destinasi wisata tropis Cancun, Meksiko pada bulan Februari 2023, festival ini menawarkan pengalaman intim bagi para penggemar Phish. Dengan hanya 25.000 tiket yang tersedia, acara ini berhasil meraup pendapatan kotor $22.1 juta.

Festa Musik Latin yang Meriah: Tecate Pa'l Norte & Corona Capital Festival

Meksiko mendominasi festival musik Amerika Latin dengan menempatkan dua festival terlaris di tahun 2023. Tecate Pa'l Norte yang berlangsung di Monterrey dan Corona Capital Festival di Mexico City sama-sama menawarkan perpaduan musik rock, pop, dan alternatif yang energik.

Suasana yang meriah dan penonton yang antusias menjadikan kedua festival ini magnet bagi para pencinta musik. Tecate Pa'l Norte berhasil menjual 238.000 tiket dan menghasilkan pendapatan kotor $20.7 juta, sedangkan Corona Capital Festival menjual 242.000 tiket dengan pendapatan kotor $20.5 juta.

Rock dan Metal Berjaya di Eropa: Hurricane Festival

Hurricane Festival di Scheeßel, Jerman menjadi satu-satunya wakil Eropa dalam daftar ini. Festival ini terkenal dengan suasananya yang energik dan menampilkan genre rock, pop, dan heavy metal.

Pada tahun 2023, Hurricane Festival membuktikan eksistensinya dengan menjual 233.000 tiket dan meraup pendapatan kotor $20.1 juta.

Lollapalooza Brazil: Perpaduan Musik Global

Lollapalooza Brazil, cabang dari festival legendaris Lollapalooza Chicago, turut meramaikan ranah festival Amerika Latin. Diadakan di Sao Paulo, festival ini menghadirkan perpaduan musik rock, pop, dan elektronik yang memikat.

Lollapalooza Brazil pada tahun 2023 berhasil menjual 227.000 tiket dan menghasilkan pendapatan kotor $19.7 juta.

Country Mendunia: CMA Music Festival

Amerika Serikat tidak hanya mendominasi festival musik independen dan elektronik, tetapi juga genre country. CMA Music Festival yang berlangsung di Nashville, Tennessee, merupakan salah satu festival musik country terbesar di dunia.

Festival ini menjadi ajang berkumpulnya para bintang country papan atas dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para penggemar. Pada tahun 2023, CMA Music Festival berhasil menjual 204.000 tiket dan menghasilkan pendapatan kotor $19.3 juta.

Festival musik telah berevolusi menjadi lebih dari sekadar pertunjukan musik. Festival-festival di atas menawarkan pengalaman unik, memadukan berbagai genre musik, seni, kuliner, dan hiburan lainnya yang mampu menarik perhatian publik.

Penulis: Christian Noven Harjadi
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Dipimpin “Anora”, Berikut Feature Film Pemenang Cannes Film Festival

Berikut film-film yang moncer di Cannes Film Festival, mana jagoanmu?

Best Picture Oscar Bukan Lagi Tolok Ukur Film Terlaris Sepanjang Masa

Best Picture, salah satu nominasi bergengsi di Piala Oscar kini bukan lagi tolok ukur tunggal untuk menentukan "kesuksesan" komersil dari sebuah film Hollywood.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X