Daftar Pemain Termuda di Cabor Olahraga SEA Games 2023, Marselino Termuda di Indonesia

Jika disejajarkan dengan 10 tim lainnya yang berkompetisi di SEA Games 2023, nama Marselino Ferdinan berada di urutan kesembilan pemain dengan usia termuda

Daftar Pemain Termuda di Cabor Olahraga SEA Games 2023, Marselino Termuda di Indonesia Skuad Timnas Indonesia di cabor sepak bola SEA Games 2023 | Abdul Aziz/Bolanet

Penyelenggaraan cabang olahraga (cabor) sepak bola di SEA Games 2023 Kamboja kali ini agak sedikit berbeda. Jika dalam edisi-edisi SEA Games sebelumnya tiap negara diperbolehkan membawa maksimal tiga pemain seniornya, pada edisi kali ini regulasi menyebut bahwa setiap negara hanya boleh mengirim pemain maksimal berusia 22 tahun.

Regulasi tersebut ditetapkan Komite Nasional Penyelenggaraan SEA Games 2023 (CAMSOC) setelah berkoordinasi dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Dalam situs resminya, CAMSOC menerangkan bahwa tiap negara harus membawa pemain yang lahir setelah 1 Januari 2001.

"Semua tim harus memiliki pemain U-22 (lahir pada atau setelah 1 Januari 2001) untuk bisa sah berpartisipasi. Juga, tak akan ada kebijakan untuk menyertakan pemain di atas 22 tahun," tulis keterangan CAMSOC dilansir Bolaskor Senin (27/2) lalu.

Menanggapi hal itu, Pelatih Kepala Timnas Indonesia Indra Sjafri pun tidak ambil pusing soal regulasi tersebut. Bahkan, dirinya menyebut regulasi tersebut membuat konsentrasi skuad Garuda Muda tidak terpecah.

"Konsentrasi kami tidak perlu lagi terpecah soal pemain senior yang akan masuk," kata Indra Sjafri, Kamis (2/3) lalu dilansir Antara.

Saat tim kepelatihan mengumumkan 20 nama skuad Timnas Indonesia yang akan berangkat ke Kamboja pun, dirinya menganggap seluruh pemain merupakan yang terbaik. Dirinya percaya seluruh pemain yang dipilih memiliki peluang yang setara untuk tampil terbaik di SEA Games 2023.

"Semua pemain punya kesempatan yang sama. Pasti 20 pemain itu semua pemain inti. Kita akan melakoni enam pertandingan dan enam laga itulah yang akan dilakukan rotasi untuk menentukan yang paling tepat 11 pemain, siapa melawan siapa," jelas Indra dilansir CNN Indonesia (24/4).

Marselino jadi pemain termuda di skuad Timnas SEA Games 2023

Dari 20 pemain yang dipilih Indra Sjafri dan tim kepelatihan yang diisi oleh beberapa legenda lain seperti Kurniawan Dwi Julianto, Bima Sakti, hingga Eko Purdjianto, nama Marselino Ferdinan menjadi pemain termuda yang berada di skuad. Marselino yang saat SEA Games 2023 dimulai berumur 18 tahun 7 bulan juga menjadi satu-satunya pemain berumur 18 tahun di dalam skuad.

Nama termuda kedua diisi oleh wonderkid asal PSM Makassar, Ananda Raehan. Pemain bernomor punggung enam tersebut saat SEA Games 2023 dimulai berumur 19 tahun 4 bulan. Satu pemain lain yang berumur sama dengan Raehan adalah bek andalan Persija Jakarta, Muhammad Ferarri yang berumur 19 tahun 10 bulan.

Ada tiga pemain yang berumur 20 tahun di skuad Indra Sjafri. Ketiga pemain tersebut adalah pemain asal Persik Kediri Jeam Kelly Sroyer (20 tahun 4 bulan), penyerang andalan PSM Makassar Ramadhan Sananta (20 tahun 5 bulan), dan bek Borneo FC Fajar Fathur Rahman (20 tahun 11 bulan).

10 pemain termuda di skuad Timnas Indonesia SEA Games 2023 | GoodStats

Empat pemain lain yang masuk ke dalam posisi 10 besar pemain termuda di skuad SEA Games 2023 antara lain duo gelandang Borneo FC Komang Teguh (21 tahun) dan Taufany Muslihuddin (21 tahun 1 bulan), kiper andalan Persebaya Surabaya Ernando Ari (21 tahun 2 bulan), dan bek kanan Barito Putera FC Bagas Kaffa (21 tahun 3 bulan).

Bek kanan Filipina, Santi Rublico jadi yang termuda di SEA Games 2023

Jika disejajarkan dengan 10 tim lainnya yang berkompetisi di SEA Games 2023, nama Marselino Ferdinan berada di urutan kesembilan pemain dengan usia termuda. Bek kanan Filipina, Santi Rublico menjadi yang termuda di SEA Games 2023 cabor sepak bola dengan usia 17 tahun 8 bulan saat kompetisi berlangsung.

Pemain depan Thailand, Yotsakor Burapha berada di urutan kedua dengan usia 17 tahun 10 bulan, penyerang Timor Leste, Zenivio menyusul di posisi tiga dengan usia 18 tahun. Dua pemain lain yang masuk posisi lima besar antara lain duo andalan Timnas Singapura, Fairuz Fazli (18 tahun 3 bulan) dan Aizil Yazid (18 tahun 4 bulan).

10 pemain termuda di cabor sepak bola SEA Games 2023 | GoodStats

Sementara itu, posisi 10 besar diisi oleh nama-nama lain seperti Sovann Makara Sin dari Kamboja (18 tahun 4 bulan), Gavin Muens dari Filipina (18 tahun 6 bulan), Leng Nora dari Kamboja (18 tahun 7 bulan), Marselino Ferdinan dari Indonesia (18 tahun 7 bulan), dan David Setters dari Filipina (18 tahun 11 bulan).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Melihat Sejarah Capaian Medali Bulu Tangkis yang Tidak Pernah Absen, Selalu Masuk Tiga Besar

Indonesia gagal membawa pulang medali dari cabang olahraga (cabor) andalan, bulu tangkis di Asian Games 2022. PBSI diminta untuk evaluasi

Gegap Gempita ASEAN Para Games 2023, Siapa Koleksi Gelar Terbanyak?

Sejak pertama kali digelar pada 2001 lalu, Thailand masih mendominasi sebagai kontingen dengan perolehan juara umum terbanyak, yakni 6x

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X