Daftar Negara yang Warganya Paling Sering Belanja Online, Indonesia Urutan Berapa?

Perkembangan teknologi dan internet, membuat masyarakat dapat melakukan transaksi secara online. Lalu, negara manakah yang warganya paling sering berbelanja?.

Daftar Negara yang Warganya Paling Sering Belanja Online,  Indonesia Urutan Berapa? Ilustrasi belanja online | Double P Stock Station/ Shutterstock

Seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya pengguna internet di dunia, tentunya meningkat pula kegiatan transaksi online (dalam jaringan). Melalui jaringan internet, masyarakat dapat membeli berbagai kebutuhan.

Mulai dari kebutuhan sehari-hari, makanan, pakaian, hingga furnitur. Hadirnya berbagai eCommerce, membuat transaksi dapat dilakukan secara mudah dan praktis.

Berdasarkan dari We Are Social Januari 2022 dalam Digital 2022 Global Overview Report, terdapat daftar negara yang warganya paling sering belanja online. Data tersebut diambil dari pengguna internet dengan rentang usia 16-64 tahun yang membeli sesuatu secara online setiap pekannya.

Negara yang warganya paling sering belanja online | Goodstats

Di peringkat pertama terdapat Negeri Gajah Putih,Thailand, dengan persentase 68,3 persen. Artinya, sebanyak 68,3 persen dari pengguna internet di Thailand rutin berbelanja online setiap pekannya.

Selanjutnya, menyusul Malaysia dengan persentase 66,6 persen. Disusul oleh Korea Selatan dengan angka 64,9 persen. Di urutan ke-4 terdapat negara asal Amerika Utara, yakni Meksiko dengan persentase 64,5 persen.

Tak berbeda jauh, China di urutan selanjutnya dengan persentase 64,4 persen. Kemudian urutan ke-6 terdapat Turki dengan persentase 64 persen. Selanjutnya, Taiwan dengan angka 63, 8 persen, lalu Singapura dengan persentase 62,8 persen.

Masih di kawasan Asia, urutan ke-9 terdapat Filipina dengan persentase 62,5 persen. Kemudian di urutan ke-10 ditempati oleh India dengan persentase 62,2 persen.

Indonesia sendiri menempati urutan ke-11 dengan persentase sebanyak 60,6 persen pengguna internet dengan melakukan pembelian online tiap minggunya. Sedangkan, Inggris berada di bawah Indonesia dengan persentase 60,4 persen.

Kemudian, untuk persentase rata-rata global berada di angka 58,4 persen. Secara keseluruhan, negara-negara di wilayah Asia menjadi negara yang mendominasi peringkat atas dalam daftar negara yang paling banyak melakukan belanja online setiap pekannya.

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 2021
Artikel Selanjutnya Melihat Keunikan 10 Danau Terbesar di Indonesia
Konten Terkait