Daftar Negara Paling Aman di Dunia 2022, Indonesia Nomor Berapa?

Menurut laporan GPI, Islandia menjadi negara paling aman di dunia dari total 163 negara dengan skor 1,107 pada 2022. Lalu, berapa peringkat Indonesia?

Daftar Negara Paling Aman di Dunia 2022, Indonesia Nomor Berapa? Ilustrasi negara Islandia yang menjadi negara teraman di dunia pada 2022 | Beketoff/Shutterstock

Tinggal di negara dengan tingkat kriminalitas yang rendah tentu menjadi dambaan bagi semua orang. Tingkat kejahatan di suatu negara menunjukkan efektivitas hukum dan kinerja pemerintah. Negara-negara dengan tingkat kejahatan yang rendah memiliki aturan hukum yang kuat dan lingkungan yang aman.

Sebaliknya, negara-negara dengan tingkat kejahatan yang lebih tinggi cenderung menanamkan rasa takut akan kegagalan dan kerugian investasi dalam bisnis, yang mendorong para investor dan pebisnis memilih untuk memindahkan bisnis mereka ke negara-negara yang lebih stabil dengan tingkat kejahatan yang lebih rendah.

Misalnya, Venezuela yang memiliki tingkat kejahatan tertinggi di dunia. Negara tersebut mengalami penurunan investasi asing langsung sebesar US$761 juta pada di tahun 2021. Ini membuat kita menjadi bertanya-tanya, dimanakah negara-negara paling aman di dunia?

Indeks Perdamaian Global (Global Peace Index/GPI) dalam laporannya meninjau sebanyak 163 negara di dunia mengenai tingkat keamanan dan perdamaian berdasarkan 23 indikator, seperti konflik, kekerasan, ketidakstabilan politik, hingga terorisme.

Menurut laporan GPI teranyar, dunia dinilai menjadi kurang aman selama 14 tahun terakhir. Sementara, terdapat peningkatan keamanan di 90 negara, namun tercatat menurun di 71 negara. Adapun, penurunan skor rata-rata tiap negara sebesar 3,2%.

Berdasarkan data GPI, Indonesia menempati peringkat ke-47, tepat di bawah Uruguay dalam daftar dengan skor 1,8 pada tahun 2022. Sementara, negara tetangga, yakni Malaysia mendapatkan peringkat ke-18 dengan skor 1,471. Adapun, Singapura berhasil masuk ke dalam daftar sepuluh besar dan menduduki peringkat ke-9 dengan skor 1,326.

Daftar 5 negara teraman di dunia berdasarkan laporan GPI 2022 | Goodstats

Islandia masih menjadi negara teraman sejak tahun 2008 menurut laporan GPI 2022. Diikuti oleh Selandia Baru, Irlandia, Denmark, dan Austria. Sehingga, hal itu menjadikan Eropa sebagai wilayah paling aman di dunia. Selengkapnya, berikut daftar negara teraman berdasarkan laporan GPI 2022.

1. Islandia

Ilustrasi Kota Husavik, Islandia | Canadastock/Shutterstock

Islandia merupakan negara paling aman di dunia dengan skor 1,107 pada tahun 2022. Negara ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan lingkungannya yang aman. Bahkan, negara ini hanya memiliki sekitar 640 petugas polisi untuk populasinya sekitar 347.000 orang karena tingkat kriminalitasnya yang rendah.

Meskipun negara ini memiliki lingkungan yang umumnya aman dengan hanya sekitar lima kasus pembunuhan yang dilaporkan pada tahun 2020, namun insiden kekerasan seksual cukup sering dilaporkan di Islandia. Pada tahun 2020, terdapat sekitar 143 aduan kasus kekerasan seksual per 100.000 orang di negara ini.

2. Selandia Baru

Ilustrasi jalan berliku di sepanjang Danau Pukaki, Selandia Baru | Nur Ismail Photography/Shutterstock

Selandia Baru adalah negara teraman kedua di dunia dengan tingkat kejahatan yang sangat rendah, dan kasus kekerasan yang hampir tidak pernah terdengar. Berdasarkan laporan GPI, skor untuk negara tersebut adalah 1,269 pada tahun 2022.

Selain memiliki risiko pencurian yang kecil, negara ini juga tidak memiliki satwa yang mematikan dan berbahaya, seperti di negara tetangganya, yaitu Australia.

Selandia Baru juga merupakan salah satu negara berpenghasilan tinggi dengan pendapatan nasional bruto (GNI) per kapita US$45,440 pada tahun 2021. Karena hukum dan tingkat keamanannya yang tinggi, negara ini memberikan peluang besar untuk sektor pariwisata, bisnis, dan investasi.

3. Irlandia

Pemandangan di Dublin, Irlandia saat malam hari | Madrugada Verde/Shutterstock

Irlandia menjadi negara teraman ke-3 menurut laporan GPI dengan skor mencapai 1,288 pada 2022, naik dari peringkat ke-11 pada tahun 2021. Irlandia memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah, bahkan hanya ada sedikit wilayah kota yang harus dihindari pada malam hari, dengan sedikit laporan kasus pencurian atau scammer di daerah yang padat turis.

Tempat yang paling berbahaya di Irlandia adalah daerah dengan jalan dan lanskap yang mengarah ke tebing di atas pemandangan laut yang menakjubkan. Pengemudi harus siaga dan memperhatikan jalan yang berliku, terutama karena Irlandia berisiko tinggi mengalami badai hujan.

4. Denmark

Ilustrasi di Kanal Nyhavn, Copenhagen, Denmark | Sean Pavone/Shutterstock

Denmark menempati urutan ke-4 dari total 163 negara yang telah dievaluasi menurut laporan GPI dengan skor 1,296 pada tahun 2022. Negara ini memiliki tingkat kedamaian yang tinggi, di mana jumlah total kasus pembunuhan yang dilaporkan adalah sekitar 55 kasus per 100 ribu penduduk pada 2021, dan kejahatan yang paling umum adalah pencurian.

Denmark juga dikenal sebagai negara dengan pandangan kolektif dan memiliki nilai tinggi untuk kesetaraan, rasa tanggung jawab bersama yang kuat, serta kesejahteraan sosial yang memastikan kebahagiaan dan keamanan bagi setiap penduduk. Karena lingkungannya yang aman, Denmark menempati urutan pertama dalam daftar negara-negara Eropa menurut tingkat kemudahan untuk melakukan bisnis.

5. Austria

Pemandangan Kota Salzburg, Austria | Nok Lek Travel Lifestyle/Shutterstock

Austria menempati peringkat ke-5 dalam daftar negara dengan tingkat kedamaian tertinggi menurut laporan GPI. Berdasarkan data, Austria memiliki skor 1,300 pada tahun 2022. Negara ini memiliki sistem hukum yang baik dan lembaga kepolisian yang kuat.

Lembaga-lembaga hukum dan kepolisian di negara ini berkontribusi besar untuk mempertahankan tingkat kejahatan yang rendah. Sehubungan dengan hal itu, usaha bisnis di Venezuela juga semakin meningkat, terutama karena adanya lonjakan ekspor.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Lebih dari 100 Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia

Beberapa jemaah meninggal dunia akibat kondisi fisik yang tidak kuat menghadapi cuaca ekstrem dan aktivitas fisik yang intens.

10 Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Tertinggi

Korea Selatan menjadi negara dengan tingkat operasi plastik tertinggi di dunia, mencerminkan kuatnya budaya K-beauty akhir-akhir ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X