Daftar Klasemen Sementara Pembalap & Tim Formula E 2023 Setelah 2 Seri Jakarta E-Prix

Jakarta E-Prix yang berlangsung selama dua ronde cukup mengubah drastis tangga klasemen sementara

Daftar Klasemen Sementara Pembalap & Tim Formula E 2023 Setelah 2 Seri Jakarta E-Prix Potret para pembalap Formula E di Sirkuit Ancol | Aprillio Akbar/ANTARA Foto

Formula E Jakarta atau yang akrab disebut dengan Jakarta E-Prix 2023 telah usai akhir pekan lalu. Berlangsung selama dua ronde pada 3 & 4 Juni 2023, Jakarta E-Prix tidak hanya menyajikan balapan yang menantang, melainkan juga perubahan urutan pembalap dan tim jelang 5 ronde terakhir menuju tangga juara.

Jakarta E-Prix yang berlangsung selama dua ronde cukup mengubah drastis tangga klasemen sementara. Kini, pembalap harus makin kerja keras di sisa lima ronde yang akan berlangsung di Portland, Amerika Serikat (24/6); dua seri Roma, Italia (15 & 16/7); dan dua seri di London, Inggris (29 & 30/7).

Dua seri Jakarta E-Prix berhasil membawa pembalap berkebangsaan Jerman, Pascal Wehrlein kembali naik ke puncak klasemen sementara. Pembalap tim TAG Heuer Porsche Formula E Team ini kini mengoleksi 134 poin setelah membawa pulang total 33 poin dari dua seri Jakarta E-Prix.

Pascal berhasil menjadi yang tercepat pada ronde ke-10 Jakarta E-Prix yang berlangsung pada Sabtu (3/6) lalu di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol dengan catatan waktu 42 menit 21 detik. Berkat raihan tersebut, Pascal layak mendapatkan 25 poin.

Lebih lanjut, pada ronde ke-10 yang berlangsung pada Minggu (4/6), Pascal harus puas finis di peringkat 6. Oleh karena itu, Pascal hanya berhasil mendapatkan 8 poin. Bagi Pascal, memulai balapan di tempat yang terbaik dapat membuatnya lebih mudah untuk finis di tempat terbaik pula.

"Beberapa balapan terakhir, kami tidak berada di tempat yang kami inginkan. Kami tidak mencetak poin yang kami inginkan, dan kualifikasi adalah masalah besar. Hari ini dengan P3 (start di posisi ketiga) kami lolos di posisi terbaik sejauh ini di musim ini," kata Pascal dilansir situs resmi FIA Formula E, Sabtu (3/6).

"Awal yang baik, dan kami melakukan hal yang sempurna dari segi strategi. Perubahan haluan yang besar untuk kami dalam beberapa pekan terakhir. Terima kasih banyak kepada tim untuk semua kerja kerasnya. Masih, jalan masih panjang," lanjutnya.

Jarak antarpembalap makin sengit

Meski Pascal berada di puncak klasemen sementara, dirinya tak bisa cepat puas terlebih dahulu. Sebab, poin yang diraihnya hanya berbeda 1 poin dari pembalap yang saat ini duduk di posisi kedua, Jake Dennis.

Pembalap asal Britania Raya yang tergabung dalam tim Avalanche Andretti Formula E tersebut kini mengoleksi total 133 poin setelah berhasil membawa pulang 37 poin dari Jakarta. Dennis berhasil konsisten finis di peringkat dua ronde ke-10 & 11, yang berarti berhak membawa pulang masing-masing 18 poin di tiap ronde.

Namun, berkat torehan lap terbaiknya di ronde 11 (1 menit 9 detik 171 milidetik) membuat dirinya berhak mendapat 1 poin tambahan. Hal ini menjadi momen positif bagi Dennis, sebab raihan ini membuat dirinya berhasil naik podium empat kali berturut-turut setelah ronde ke-8 di Belin dan ronde ke-9 di Monaco.

Sementara itu, dua pembalap asal Selandia Baru Nick Cassidy dan Mitch Evans harus puas berada di posisi 3 dan 4 klasemen sementara. Takhta Cassidy yang berada di puncak klasemen sementara sebelum Jakarta E-Prix harus turun karena dirinya hanya berhasil finis di posisi 7 pada ronde 10 dan posisi 18 pada ronde 11.

Sementara itu, Evans yang mengalami kecelakaan di ronde ke-10 membuat dirinya tak berhasil finis. Namun, dirinya berhasil memperbaiki kesalahan tersebut di ronde 11 dengan finis di posisi 3 alias berhak mendapat 15 poin.

Klasemen sementara Formula E 2023 setelah dua ronde Jakarta E-Prix | GoodStats

Urutan tim: Porsche di puncak

Untuk urutan tim, TAG Heuer Porsche Formula E Team yang digawangi oleh Pascal Wehrlein dan Antonio Felix da Costa berhasil berada di puncak klasemen sementara dengan total 212 poin. Tim ini berhasil membawa pulang  43 poin dari Jakarta setelah Wehrlein berhasil bawa 33 poin dan Costa 10 poin.

"Ini adalah balapan paling panas yang pernah kami lalui. Jadi pembalap kami mencoba melakukan pendinginan (cool-down) sebanyak mungkin sebelum masuk ke mobil. Tapi tentu saja mereka bakal kehilangan banyak berat badan selama di jalan karena panas," kata Test and Reserve Driver Tim Porsche Simona De Silvestro dilansir Liputan 6, Sabtu (3/6).

Envision Racing berada di posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi 190 poin, disusul tim Jaguar TCS Racing di posisi 3 dengan 171 poin. Di posisi 5 besar, ada Avalanche Andretti Formula E Team dengan 156 poin dan DS Penske dengan koleksi 139 poin.

Klasemen sementara Formula E 2023 setelah dua ronde Jakarta E-Prix | GoodStats

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia yang Ketiga di 2023, Siapa 5 Pembalap Peraih Juara Dunia Terbanyak di F1?

Max Verstappen berhasil meraih gelar juara dunia yang ketiga di 2023. Namun, siapa saja peraih gelar juara dunia terbanyak di Formula 1?

Rekap 2 Ronde Jakarta E-Prix 2023: Pascal Juara Ronde 10, Gunther Ronde 11

Pada ronde ke-10, pembalap asal Jerman Pascal Wehrlein menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 21 detik 995 milidetik

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X