Daftar Film Adaptasi Video Gim Terlaris, Super Mario Bros di Posisi Puncak

Super Mario Bros Movie menempati peringkat pertama setelah berhasil menggeser Warcraft: The Beginning dan meraup untung lebih dari US$1 miliar pada box office.

Daftar Film Adaptasi Video Gim Terlaris, Super Mario Bros di Posisi Puncak Ilustrasi film Super Mario Bros | Hamara/Shutterstock

Video gim adalah permainan elektronik yang dapat dimainkan di perangkat komputasi, seperti komputer pribadi atau konsol game. Semenjak perkembangan teknologi dan internet, kini terdapat kategori gim lain, yakni gim seluler.

Video gim telah menjadi hiburan populer bagi jutaan konsumen di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir. Bahkan, sejumlah waralaba video gim sudah mendominasi pasar dengan seri mereka. Selain itu, kesuksesan dari sebuah waralaba video gim juga ditandai dengan adanya adaptasi filmnya.

Super Mario Bros Movie berhasil menaklukkan layar lebar dan menjadi film dari adaptasi video gim terlaris di dunia. Melansir Statista, kurang dari lima minggu setelah rilis pada 5 April 2023, film ini telah meraup untung US$1 miliar di box office global.

Film animasi yang dibintangi Chris Pratt, Charlie Day dan Jack Black ini menerima tinjauan beragam dari para kritikus, namun sepertinya banyak disukai oleh penonton di seluruh dunia. Dilaporkan, pendapatan film ini telah mencapai US$518 juta di box office domestik dan US$642 juta di box office internasional.

Film adaptasi video gim terlaris menurut pendapatan box office | Goodstats

Angka tersebut berhasil menggeser posisi film Warcraft: The Beginning, yang dirilis pada tahun 2016 silam dan telah lama menjadi film adaptasi video gim terlaris sejauh ini. Menurut Statista, Warcraft meraup untung sebesar US$439 juta per Mei 2023.

Disusul oleh Pokemon: Detective Pikachu dan Rampage dengan selisih tipis masing-masing mendapatkan keuntungan senilai US$429 juta dan US$428 juta. Kemudian, ada pula Sonic the Hedgehog di peringkat kelima dengan pendapatan mencapai US$405 juta.

Sementara itu, dilaporkan bahwa pendapatan dari pasar gim PC global mencapai hampir US$37 miliar pada tahun 2020. Sedangkan, pasar gim seluler menghasilkan pendapatan lebih dari US$77 miliar di tahun yang sama.

Beberapa pemain utama dalam industri video game, yakni Tencent, Sony dan Apple menghasilkan miliaran dolar tiap tahunnya. Adapun, Sony PlayStation 4 menjadi konsol terlaris pada tahun 2020 dengan penjualan mencapai lebih dari 112 juta unit.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hanya Dua dari Tiga Penduduk Dunia Terkoneksi Internet

Terdapat 5,35 miliar pengguna internet di seluruh dunia, yang berarti masih ada 34% penduduk dunia yang belum terkoneksi internet.

Mencicil Pemerataan Internet untuk Indonesia Maju 2045

Pemerataan internet masih jadi persoalan, Indonesia terus ciptakan upaya untuk capai Indonesia Maju 2045.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook