Daftar 5 Operator Seluler Favorit Masyarakat 2022, Siapa Juaranya?

Menurut survei APJII, Telkomsel menempati peringkat pertama sebagai oprator favorit masyarakat pada 2022.

Daftar 5 Operator Seluler Favorit Masyarakat 2022, Siapa Juaranya? Ilustrasi sekelompok orang yang sedang menggunakan ponsel | Farknot Architect/Shutterstock

Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi, ponsel menjadi benda yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Tentunya, kehadiran operator seluler sebagai penyedia layanan seluler sangat penting untuk digunakan berkomunikasi dan mengakses internet.

Angka pengguna internet di Indonesia kini setara dengan 78,19% dari jumlah populasi nasional yang sebanyak 275,77 juta jiwa. Bahkan, angkanya dilaporkan lebih tinggi sebesar 1,17% poin dibandingkan periode 2021-2022 yang mencapai 77,02%.

Tingginya angka pengguna internet di Indonesia sejalan dengan besarnya permintaan konsumen terhadap produk pulsa dan voucher internet. Mengutip laporan teranyar yang dirilis oleh Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC), produk yang paling banyak dibeli secara online oleh masyarakat adalah pulsa dan voucher dengan proporsi transaksi mencapai 24,9% pada 2022.

Berdasarkan laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Telkomsel menjadi operator seluler favorit masyarakat dengan persentase sebesar 41,94% responden. Disusul oleh XL Axiata dengan persesntase sebesar 20.44%.

Daftar 5 layanan operator seluler favorit masyarakat 2022 versi APJII | Goodstats

Selanjutnya, Indosat Ooredoo menempati peringkat ketiga dengan persentase sebanyak 17,78% responden. Diikuti oleh layanan operator seluler lainnya, yakni Tri (3) dan Smartfren dengan persentase masing-masing sebesar 14,08% dan 5,76% responden.

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan pada periode 11 Januari-24 Februari 2022 dengan melibatkan responden sebanyak 7.568 orang. Survei ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) 1,13% dan tingkat kepercayaan 95%.

Lebih lanjut, berikut rincian daftar operator seluler favorit masyarakat Indonesia 2022 versi APJII.

1. Telkomel

Ilustrasi logo Telkomsel | Telkomsel

Telkomel memuncaki daftar operator seluler yang paling banyak disukai masyarakat pada 2022 dengan perolehan 41,94%. Selain menjadi operator seluler terfavorit, Telkomsel juga berhasil memuncaki daftar jaringan seluler yang memiliki internet tercepat di Indonesia.

Merujuk laporan Speedtest pada tahun 2022, rata-rata kecepatan unduhan Telkomsel mencapai 20,85 Mbps. Selain memiliki jaringan internet tercepat, Telkomsel juga memiliki jangkauan sinyal terluas dengan sisi jeda pengiriman data mencapai 47 milidetik.

Adapun, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) didirikan sebagai anak perusahaan dari PT Telkom di tahun 1995. Pada 26 Mei 1995, perusahaan meluncurkan kartu Halo sebagai layanan pasca bayar. Saat ini, Telkomsel menjadi salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dan telah melayani lebih dari 170 juta pelanggan.

2. XL Axiata

Ilustrasi logo XL Axiata | XL Axiata

PT XL Axiata Tbk yang sebelumnya bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk ini mulai beroperasi secara komersil di Indonesia pada 8 Oktober 1996. Produk yang ditawarkan oleh XL Axiata, diantaranya adalah XL Prabayar, XL Prioritas, XL Home, XL Business Solutions, AXIS, serta Live On.

XL menempati peringkat kedua setelah Telkomsel dalam daftar operator dengan internet terkencang pada tahun 2022. Rata-rata kecepatan unduhan XL tercatat mencapai 19,18 Mbps. Namun, dari kategori jeda pengiriman data, XL menduduki posisi terakhir dengan latency 60 milidetik.

3. Indosat Oorredoo

Ilustrasi logo Indosat Ooredoo | Hendrick Wu/Shutterstock

PT Indosat Tbk atau yang sekarang dikenal sebagai Indosat Ooredoo Hutchison adalah penyedia telekomunikasi di Indonesia yang dimiliki oleh Ooredoo Hutchison Asia sejak 2022 lalu. Perusahaan ini menawarkan layanan nirkabel untuk ponsel dan jaringan internet broadband untuk konsumsi rumah tangga. Indosat mengoperasikan layanan nirkabel mereka dengan dua merek: IM3 dan Tri (3).

Di posisi ketiga dalam daftar ditempati oleh IM3 Ooredoo atau Indosat dengan persentase sebanyak 17,78% responden menurut APJII. Selain itu, Indosat Ooredoo juga menjadi operator seluler dengan kecepatan internet tercepat ketiga setelah Telkomsel dan XL Axiata. Speedtest melaporkan, rata-rata kecepatan unduhan operator seluler ini mencapai 12,77 Mbps pada 2022.

4. 3 (Tri)

Ilustrasi logo Tri (3) | Tri.co.id

Tri menjadi layanan operator seluler yang paling banyak disukai keempat dalam survei APJII dengan persentase mencapai 14,08% pada 2022. Namun begitu, operator seluler ini ternyata menempati posisi terakhir dalam daftar 5 operator internet terkencang di Indonesia.

Menurut laporan Speedtest, rata-rata kecepatan unduhan Tri pada 2022 mencapai 10,9 Mbps. Selain itu, Tri juga tercatat menempati posisi ketiga dalam daftar jeda pengiriman data dengan latency 57 milidetik.

Jaringan Tri di Indonesia kini dipegang oleh PT Indosat Tbk, sebelumnya PT Hutchison 3 Indonesia. Tri tumbuh menjadi mobile lifestyle provider seiring dengan kemunculannya di Indonesia sejak 2007. Mayoritas pengguna operator seluler ini adalah kalangan anak muda dengan gaya hidup digital yang tinggi.

5. Smartfren

Ilustrasi logo Smartfren | Farzand01/Shutterstock

Sementara itu, Smartfren menempati posisi terakhir dalam daftar 5 operator seluler favorit masyarakat versi APJII. Namun, Smartfren berhasil menyalip Tri (3) dalam daftar operator internet terkencang pada 2022 dengan rata-rata kecepatan unduhan mencapai 11,79 Mbps pada 2022.

Bahkan, Smartfren juga menjadi operator seluler yang menempati posisi kedua setelah Telkomsel dalam kategori jeda pengiriman data dengan latency 56 milidetik.

PT Smartfren Telecom Tbk yang sebelumnya Bernama PT Mobile-8 Telecom Tbk didirikan pertama kali pada Desember 2002 dan mulai beroperasi setahun setelahnya. Smartfren berinovasi dengan meluncurkan layanan 4G LTE Advanced, yang merupakan pengembangan lanjutan dari 4G secara komersial pertama di Indonesia pada tahun 2015 lalu.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

Hanya Dua dari Tiga Penduduk Dunia Terkoneksi Internet

Terdapat 5,35 miliar pengguna internet di seluruh dunia, yang berarti masih ada 34% penduduk dunia yang belum terkoneksi internet.

Mencicil Pemerataan Internet untuk Indonesia Maju 2045

Pemerataan internet masih jadi persoalan, Indonesia terus ciptakan upaya untuk capai Indonesia Maju 2045.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook