5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia

Ibadah puasa wajib di lakukan oleh semua umat muslim di seluruh dunia, tetapi setiap negara memiliki durasi yang berbeda-beda dalam berpuasa.

5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia Ilsutrasi berbuka Puasa | Dokument By Shutterstock

Bulan Ramadan merupakan bulan istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Datangnya bulan Ramadan maka umat Islam di wajibkan menunaikan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh.

Dalam pelaksanaan berpuasa, tidak semua negara memiliki waktu yang sama dalam berpuasa disebabkan perbedaan rotasi matahari ketika terbit dan terbenamnya.

Perbedaan waktu tersebut berpengaruh terhadap durasi yang di jalankan umat muslim ketika berpuasa. Jika membicarakan durasi waktu dalam berpuasa, ini dia 5 negara yang memiliki durasi tersingkat dalam berpuasa.

1. Selandia Baru

Selandia Baru merupakan negara yang terletak di samudra Pasifik. Negara ini memiliki beberapa pulau yang terdiri dari pulau utama yaitu Pulau Utara dan Pulau Selatan, serta beberapa pulau kecil.

Negara ini juga memiliki pemandangan alam yang indah mulai dari gunung, hutan, dan pantai. 

Meskipun memiliki populasi yang relatif kecil dibandingkan dengan luas wilayahnya, negara ini termasuk kedalam negara maju dengan sektor pertanian, pariwisata, teknologi, dan perdagangan internasional yang mendukung.

Selandia Baru termasuk kedalam negara dengan durasi puasa tersingkat bahkan menempati posisi pertama sebagai negara dengan durasi berpuasa tercepat yaitu 12 jam 42 menit.

2. Chili

Chile merupakan sebuah negara di Amerika Selatan yang terletak di sepanjang pesisir barat daya benua tersebut. Chile memeiliki beragam lanskap muali dari gurun di utara, pegunungan Andes, pulau-pulau dan hutan hujan.

Keberagaman budaya, sejarah, dan geografisnya membuat negara ini selalu menjadi salah satu negara yang menarik para wisatawan dunia.

Chile merupakan negara dengan produsen utama tembaga dunia dan memiliki ekonomi yang cukup maju di Amerika Latin. 

Chile menempati posisi kedua sebagai negara dengan durasi waktu puasa tercepat yaitu 12 jam 43 menit.

3. Australia

Austalia merupakan negara yang terletak di belahan selatan bumi. Negara ini terdiri dari daratan utama Australia, Pulau Tasmania, dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Austalia termasuk kedalam negara maju dengan perekonomian yang di dukung oleh sektor pertambangan, pertanian, pariwisata, dan memiliki kemajuan dalam bidang teknologi, riset, dan pendidikan.

Australia menempati posisi ketiga sebagai negara dengan durasi waktu puasa tercepat setelah Selandia Baru dan Chile yang mencatat hingga 12 jam 46 menit.

4. Uruguay

Uruguay merupakan negara yang terletak di Amerika Selatan, berbatasan dengan Brasil dan Argentina. Negara ini memiliki populasi relatif kecil dibandingakn dengan luas wilayahnya.

Uruguay juga terkenal dengan keindahan pantainya dan Sungai Uruguay yang membagi negara Uruguay dengan Argentina.

Uruguay juga memiliki ekonomi yang stabil dengan sektor pertanian khususnya peternakan dan industri ekspor daging sapi, serta industri manufaktur.

Uruguay menempati posisi keempat sebagai negara dengan durasi puasa tercepat yaitu 12 jam 47 menit. 

5. Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan negara yang terletak di ujung selatan benua Afrika. Negara ini memiliki beragam lanskap mulai dari dataran tinggi, gurun, pantai dan pegunungan.

Negara ini memiliki ekonomi terbesar di Afrika, dengan sektor pertambangan, manufaktur, dan pariwisata.

Afrika menempati posisi kelima sebagai negara yang memiliki durasi waktu tercepat dalam berpuasa yaitu 12 jam 48 menit.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Negara dengan Penjualan Tiket Bioskop Termahal

5 Negara ini memiliki penjualan tiket bioskop termahal di dunia, bahkan ada yang mencapai Rp275.053 per tiketnya.

Palestina Bentuk Pemerintahan Baru, Mohammad Mustafa Maju Jadi Pemimpin

Pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Mohammad Mustafa menjadikannya pemerintahan ke-19 dalam sejarah Palestina.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X