Daftar 5 Maskapai Penerbangan Terkaya di Dunia, Siapa Juaranya?

Qatar Airways menjadi maskapai penerbangan terkaya di dunia dengan laba bersih sebesar US$1,5 pada tahun 2022

Daftar 5 Maskapai Penerbangan Terkaya di Dunia, Siapa Juaranya? Ilustrasi kabin pesawat | Juno1412/Pixabay

Pesawat udara merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan dan disukai oleh masyarakat dunia untuk melakukan perjalanan, khususnya ke luar negeri. Meskipun sempat tergerus akibat pandemi Covid-19, namun industri ini perlahan-lahan bangkit seiring penghapusan kebijakan pembatasan mobilitas di sebagian besar negara.

Ketika pandemi Covid-19 melanda, sebagian besar negara di dunua melarang perjalanan dan menerapkan kebijakan lockdown. Bahkan, industri penerbangan diperkirakan telah kehilangan lebih dari US$200 miliar yang mengakibatkan kerugian sehingga sebagian besar maskapai penerbangan terpaksa melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) terhadap ribuan pegawai.

Di tahun 2022, maskapai penerbangan dunia sudah mulai menujukkan pertumbuhan yang positif. Meskipun masih sedikit terhambat oleh invasi Rusia ke Ukraina, namun industri penerbangan berhasil bertahan dan prospeknya dinilai cukup cerah.

Walaupun volume jumlah penumpang masih belum pulih seutuhnya, kenaikan harga tiket rupanya telah membantu menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Ini membuat sejumlah maskapai penerbangan global mencatatkan profit yang tak kalah ciamik dari masa pra-pandemi.

daftar 5 maskapai penerbangan terkaya di dunia | Goodstats

Beberapa maskapai penerbangan terkaya di dunia bahkan berhasil mencatatkan pendapatan fantastis hingga miliaran dolar Amerika Serikat (AS). Selain mencatatkan pendapatan paling besar, beberapa maskapai penerbangan ini juga terkenal dengan pelayanannya yang disebut-sebut sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Inilah daftar lima maskapai penerbangan terkaya di dunia, sebagaimana dirangkum dari Insider Monkey. Berikut selengkapnya.

1. Qatar Airways

Potret pesawat Qatar Airways yang sedang mengudara | Emslichter/Pixabay

Qatar Airways menempati peringkat pertama dalam daftar maskapai penerbangan terkaya menurut Insider Monkey dengan laba bersih sebesar US$1,5 miliar pada tahun 2022. Berkantor pusat di Doha, maskapai ini telah mengoperasikan jaringan penerbangan ke lebih dari 150 tujuan internasional.

Adapun, baru-baru ini Qatar Airways dilaporkan telah memutuskan untuk menghapuskan layanan kursi kelas satu pada penerbangan jarak jauh dan memilih untuk fokus ke kelas bisnis. Diketahui, maskapai penerbangan ini memiliki armada lebih dari 200 pesawat dan telah mempekerjakan lebih dari 43 ribu orang pegawai.

2. Ryanair Holdings plc

Potret pesawat Ryanair | DirkDanielMann/Pixabay

Ryanair merupakan maskapai penerbangan yang berbasis di Irlandia dan terkenal akan tarifnya yang rendah. Didirikan sejak tahun 1984, maskapai penerbangan ini berkantor pusat di Dublin, Irlandia dan memiliki basis operasional utamanya di bandara Dublin dan London Stansted.

Ryanair Holdings merupakan rumah dari Ryanair UK, Buzz, Lauda Europe, dan Malta Air. Maskapai ini merupakan maskapai penerbangan terbesar di Irlandia dan menjadi salah satu maskapai penerbangan terkaya di dunia. Melansir Insider Monkey, Ryanair berhasil mencatatkan laba bersih sebesar US$1,4 miliar.

Maskapai penerbangan ini lebih berfokus pada volume daripada nilai, sehingga meskipun terkadang sering mendapatkan komplain karena layanannya yang buruk, namun maskapai ini selalu memiliki banyak pelanggan karena harganya yang murah.

3. International Airlines Group

Foto pesawat British Airways yang lepas landas | Xenostral/Pixabay

International Airlines Group adalah perusahaan multinasional Inggris-Spanyol yang memiliki dua maskapai Eropa terbesar, yaitu Iberian Airlines dan British Airways. Selain itu, grup ini juga memiliki sejumlah perusahaan penerbangan Eropa lainnya termasuk BMI, Vueling dan Aer Lingus.

Grup ini berhasil mencatatkan laba bersih sebesar US$1,3 miliar pada tahun 2022, yang menempatkannya ke peringkat ketiga dalam daftar maskapai penerbangan terkaya di dunia. Maskapai ini dibentuk pada tahun 2011, setelah adanya perjanjian merger antara British Airways dan Iberia.

4. Delta Air Lines

Potret pesawat Delta Airlines yang ingin lepas landas | Corgaasbeek/Pixabay

Maskapai penerbangan terkaya di dunia selanjutnya ditempati oleh Delta Air Lines dengan laba bersih sebesar US$1,3 miliar menurut Insider Monkey. Melansir Seeking Alpha, harga saham Delta Air Lines kemungkinan akan membaik sesuai proyeksi pertumbuhannya yang kuat di tahun 2023.

Perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1928 ini berkantor pusat di Atlanta, Georgia, AS dan tercatat memiliki aset senilai US$73,083 miliar. Adapun, maskapai penerbangan ini dilaporkan telah mempekerjakan sekitar 83 ribu pegawai dan memiliki armada yang terdiri lebih dari 850 pesawat.

5. Singapore Airlines

Ilustrasi pesawat SIngapore Airlines | Atlasnetwork.com

Singapore Airlines menempati peringkat kelima dalam daftar maskapai penerbangan terkaya di dunia dengan laba bersih senilai US$995 juta menurut Insider Monkey. Baru-baru ini, Singapore Airlines menjunjuk CFO wanita pertamnya.

Selain itu, maskapai penerbangan ini tercatat sering berada di daftar maskapai penerbangan terbaik di dunia. Didirikan pada tahun 1947, hub maskapai penerbangan ini terletak di bandara Changi, Singapura. Sebagian besar saham Singapore Airlines dimiliki oleh pemerintah Singapura dan perusahaan Temasek Holdings, yang memegang 55% saham per 31 Maret 2020.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei GoodStats: Supra Masih Jadi Motor Bebek Terfavorit Orang Indonesia di 2024

Berdasarkan hasil survei GoodStats pada Februari 2024, sebanyak 24% responden menempatkan Honda Supra sebagai motor bebek favoritnya.

18.000 Kasus Kanker Kulit Terjadi di Tanah Air, Berikut Daftar Tabir Surya Paling Favorit Indonesia

Kanker kulit menjadi ancaman masyarakat. Pemakaian tabir surya ampuh menjadi langkah preventif, berikut merek tabir surya penerima Top Brand Award 2023!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook