Daftar 5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

5 kota ini memiliki biaya hidup termurah di Indonesia, bahkan ada yang mencapai Rp5,37 juta per bulannya.

Daftar 5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia Salah satu pemandangan kota Cilacap | Dokument by Pemkab Cilacap

Biaya hidup merupakan biaya kebutuhan setiap orang untuk menjalankan kehidupan setiap harinya mulai dari makan, transportasi, temapt tinggal dan lainnya.

Tentunya biaya hidup di setiap kota berbeda-beda ada yang murah ada juga yang mahal tergantung pendapatan dan populasi di kota tersebut.

Membicarakan biaya hidup, menurut hasil survei  BPS di tahun 2022, DKI Jakarta menempati posisi pertama sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia yakni mencapai Rp14,88 juta per bulan.

DKI Jakarta merupakan kota tersibuk di Indonesia. Kota tersebut merupakan pusat bisnis, ekonomi, pekerjaan, dengan populasi padat sehingga jika semakin padat penduduk sedangkan wilayah, barang, jasa, tempat tinggal terbatas maka harga akan naik karen banyaknya permintaan.

Melihat Jakarta dengan biaya hidup termahal ternyata 5 kota ini memiliki kebalikannya karena memiliki biaya hidup termurah di Indonesia.

1. Cilacap, Jawa Tengah

Cilacap merupakan kota yang terletak di selatan Jawa Tengah. Kota ini memiliki industri pertanian dan perikanan sebagai sumber ekonomi.

Cilacap merupakan kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia dengan biaya per bulan mencapai Rp5,37 juta per bulan.

Cilacap memiliki kota yang kecil sehingga biaya hidup tidak terlalu tinggi terkait dengan urbanisasi dan padatnya populasi.

Meskipun memiliki biaya hidup yang murah, Cilacap dapat menjadi pilihan untuk tempat tinggal karena memiliki biaya pengeluaran yang terjangkau sehingga biaya hidup tidak terlalu berat di banding dengan kota-kota besar di Indonesia.

2. Maumere, NTT

Maumere merupakan kota kecil yang terletak di timur Pulau Flores bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Maumere memiliki pemandangan alam yang indah dengan pantai-pantai pasir putih, perairan jernih dan keindahan alam bawah laut.

Maumere merupakan kota di Indonesia dengan biaya hidup tergolong murah yaitu mencapai Rp5,52 juta per bulannya.

3. Sibolga, Sumatera Utara

Sibolga merupakan kota pelabuhan yang terletak di pesisir barat Sumatra Utara. Kota ini memiliki keindahan alam yang mempesona dengan pantai-pantai dan hamparan lautan yang luas.

Sibolga memiliki ukuran kota kecil, pertanian lokal, perikanan lokal, dan memiliki ketersediaan sumber daya alam, sehingga membuat biaya di kota ini tergolong murah.

Biaya hidup di kota Sibolga mencapai Rp5,68 juta per bulannya. Angka tersbut terbilang murah untuk biaya hidup dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

4. Kudus, Jawa Tengah

Kota Kudus merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki sejarah dan kekayaan budaya, terutama sebagai pusat industri rokok tradisional di Indonesia.

Kudus memiliki industri rokok sehingga industri ini memberikan kontribusi busar terhadap perekonomian di kota ini.

Kudus memiliki biaya hidup termurah di yaitu mencapai Rp5,71 juta per bulannya.

5. Tegal, Jawa Tengah

Tegal merupakan kota yang terletak di utara Jawa Tengah. Kota ini memiliki industri perkapalan dan perdagangan. Tegal juga terkenal dengan keberagaman budaya dan kuliner khas.

Tegal merupakan kota pelabuhan dengan industri perkapalan dan perdagangan yang kaya. Meskipun industri ini tidak sebesar dulu, namun industri ini masih memeberikan kontribusi besar terhadap kota ini.

Tegal merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah yaitu mencapai Rp5,86 juta per bulannya. Angka ini sangat terjangkau untuk menjalankan hidup mulai dari makan, transportasi dan lainnya.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Negara Tercuan di Kripto Tahun 2023, Indonesia Masuk?

Indonesia masuk ke dalam 5 negara tercuan dalam kripto di dunia mengalahkan negara-negara eropa lainnya.

6 Restoran Cepat Saji Favorit Saat Berbuka Puasa 2024, Tahun Ini Banyak Perubahan

Hokben nomor satu tahun ini. Jawara sebelumnya yaitu McDonald's terjun ke nomor empat, turun 17,19% dibanding 2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X