Daftar 5 E-commerce Terbesar di Dunia 2023, China Mendominasi Pasar

Berdasarkan data Companies Market Cap, Amazon menempati peringkat pertama dalam daftar perusahaan e-commerce dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar 2023.

Daftar 5 E-commerce Terbesar di Dunia 2023, China Mendominasi Pasar Ilustrasi berbelanja online | grapestock/Shutterstock

Industri e-commerce berkembang dengan pesat di seluruh dunia. Setiap hari, pasar e-commerce baru bermunculan, dan pasar yang sudah mapan mencapai tonggak kejayaan baru. Ini berkaitan dengan melonjaknya angka konsumen dalam berbelanja online tiap tahunnya.

Seperti yang dinyatakan oleh laporan dari eMarketer berjudul Global E-Commerce Forecase 2022, pengeluaran e-commerce ritel dan ritel di seluruh dunia diperkirakan akan stabil pada tahun 2022 setelah dua tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Laporan eMarketer memperkirakan penjualan e-commerce di seluruh dunia akan melebihi US$5 triliun untuk pertama kalinya pada 2022. Pertumbuhan ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti meningkatnya kebutuhan berbelanja, popularitas media sosial, dan pasar layanan berlangganan yang berkembang.

Menurut analisis eMarketer, China akan tetap menjadi pasar e-commerce yang paling banyak ditembus di dunia pada tahun 2022, dengan 46,3 persen dari penjualan ritel negara itu terjadi secara online. Sementara, pasar e-commerce Amerika Serikat (AS) diproyeksikan mencapai lebih dari US$905 miliar pada tahun 2022, sekitar sepertiga dari China.

5 perusahaan e-commerce terbesar di dunia 2023 | Goodstats

Ini terlihat dari statistik perusahaan e-commerce berdasarkan kapitalisasi pasar terbesar menurut laporan dari Companies Market Cap. China terlihat mendominasi dengan 4 perusahaan e-commerce yang menempati daftar lima teratas.

Lalu, perusahaan e-commerce mana saja yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar di dunia? Berikut daftarnya.

1. Amazon

Ilustrasi logo Amazon | Sergei Elagin/Shutterstock

Melansir laman Companies Market Cap, Amazon menduduki peringkat satu dalam daftar berdasarkan kapitalisasi perusahaan e-commerce dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Amazon tercatat memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai US$ 971,91 miliar atau setara dengan Rp14.905 triliun per 13 Januari 2023.

Adapun, perusahaan teknologi multinasional yang berbasis di AS tersebut pertama kali ditemukan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994. Amazon kini merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari lime besar perusahaan teknologi di AS, bersama dengan Alphabet (Google), Apple, Meta (Facebook), dan Microsoft.

2. Alibaba

Ilustrasi orang yang sedang membuka aplikasi Alibaba melalui ponsel | Jirapong Manustrong/Shutterstock

Alibaba menempati posisi kedua dalam daftar perusahaan e-commerce dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Companies Market Cap mencatat, Alibaba memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai US$ 299,56 miliar atau Rp4.596 triliun (kurs Rp15,336/dolar AS).

Alibaba Group Holding Limited atau yang juga dikenal sebagai Alibaba adalah perusahaan teknologi multinasional China yang berspesialisasi dalam e-commerce, ritel, Internet, dan teknologi. Sejak didirikan pada 28 Juni 1999 di Hangzhou, Zhejiang, perusahaan ini telah menyediakan layanan penjualan  konsumen-ke-konsumen (C2C/consumer-to-consumer), bisnis-ke-konsumen (B2C/ business-to-consumer), dan bisnis-ke-bisnis (B2B/business-to-business) melalui portal web, serta layanan pembayaran elektronik, mesin pencari belanja, dan layanan komputasi awan.

3. Meituan

Ilustrasi logo perusahaan Meituan | testing/Shutterstock

Menurut data Companies Market Cap, Meituan memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai US$ 137,13 miliar per 13 Januari 2023. Ini menjadikan perusahaan yang berbasis di China tersebut menduduki peringkat ketiga dalam daftar.

Meituan atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Meituan-Dianping pertama kali didirikan di Beijing pada tahun 2010 oleh Wang Xing. Perusahaan ini merupakan platform belanja untuk produk konsumen dan layanan ritel, termasuk hiburan, makan, ekspedisi, perjalanan, dan layanan lainnya.

4. Pinduoduo

Ilustrasi logo Pinduoduo | rafapress/Shutterstock

Pinduoduo berhasil menempati posisi keempat dalam daftar menurut laporan dari Companies Market Cap. Adapun, Pinduoduo tercatat memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 118,16 miliar atau setara dengan Rp1.812 triliun (kurs: Rp15.336/dolar AS).

Adapun, perusahaan yang berbasis di Shanghai, China ini pertama kali ditemukan pada tahun 2015 lalu. Perusahaan ini berfokus pada sektor internet dan agrikultur, yang dapat menghubungkan petani dengan konsumen secara langsung. Pada tahun 2021, tercatat sekitar 16 juta petani telah memasok buah dan sayuran mereka ke pengguna Pinduoduo.

5. Jingdong Mall

Ilustrasi laman web Jingdong Mall | Gil C/Shutterstock

Menurut laporan dari Companies Market Cap, Jingdong Mall menempati peringkat kelima dalam daftar perusahaan e-commerce dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Per 13 Januari 2023, Jingdong Mall tercatat memiliki nilai kapitalisasi mencapai US$ 107,98 miliar atau senilai Rp1.655 triliun.

Jingdong atau JD.com, Inc., secara internasional lebih dikenal sebagai joybuy merupakan perusahaan e-commerce yang berkantor pusat di Beijing, China. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada Juni 1998 oleh Liu Qiangdong. Perusahaan ini adalah salah satu dari dua pengecer online B2C besar di China berdasarkan volume transaksi dan pendapatan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Ini Sederet Alasan Anak Muda Ketika Ingin Resign
Artikel Selanjutnya Piala AFF 2022 dalam Angka: Thailand Raih Gelar Ketujuh, Top Skor Diisi Dua Pemain
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook