Daerah Mana Saja yang Jadi Tujuan Utama Mudik Lebaran?

Pemerintah resmi umumkan cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 29 April dan 4-6 Mei 2022. Lalu daerah mana saja yang akan menjadi tujuan para pemudik?.

Daerah Mana Saja yang Jadi Tujuan Utama Mudik Lebaran? Ilustrasi situasi mudik Lebaran | Dhodi Syailendra/ Shutterstock

Pemerintah resmi umumkan cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 29 April dan 4-6 Mei 2022. Sementara itu, pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional Lebaran. Keputusan ini resmi diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, dalam tayangan rilis Sekretariat Presiden.

"Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2002 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri, yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022," ujar Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi melanjutkan, cuti bersama dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan orangtua, keluarga, dan kerabat dikampung halaman.

Kegiatan mudik yang identik dirayakan saat Lebaran selalu menjadi momen istimewa di setiap tahunnya. Banyak masyarakat berbondong-bondong melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tidak mengherankan berbagai rute jalan akan mendadak padat oleh para pemudik.

Survei Jakpat menunjukkan 41 persen atau mayoritas masyarakat Indonesia akan berencana untuk mudik pada Lebaran 2022. Hal ini dinilai karena melandainya kasus Covid-19 dan dilonggarkannya mobilitas masyarakat.

Sementara itu, hasil survei juga menunjukkan Jawa Barat dan Banten menjadi tujuan utama mudik pada tahun ini. Tercatat akan ada 25 persen responden yang akan bepergian ke dua provinsi tersebut.

Daftar daerah tujuan utama Lebaran 2022 | GoodStats

Jawa Tengah berada di peringkat 2 dengan jumlah 24 persen responden yang menjadikannya sebagai tujuan mudik. Disusul dengan Jawa Timur sebesar 19 persen.

Pemudik yang akan pergi ke Sumatra dan DKI Jakarta masing-masing sebesar 13 persen dan 10 persen. Kemudian, ada 4 persen pemudik berencana pergi mudik ke Kalimantan dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara itu, di peringkat dua terbawah terdapat Provinsi Sulawesi dan Bali dengan persentase masing-masing senilai 3 persen dan 1 persen.

Dalam survei tersebut juga dijelaskan 54 persen pemudik akan berencana pergi menggunakan mobil pribadi. Sebanyak 20 persen pemudik memilih menggunakan bis. Pemudik yang berencana menggunakan kereta ada sebanyak 12 persen, pesawat sebesar 7 persen, dan 6 persen responden memilih menggunakan motor. Sedangkan hanya ada 1 persen responden yang akan memakai kapal laut.

Selain mudik, ada 38 persen responden memilih untuk mengunjungi keluarga di dalam kota ketika cuti Lebaran 2022. Lalu ada 23 persen responden belum menentukan rencananya. Sementara itu, 13 persen responden memilih untuk tetap ingin berasa di rumah.

Survei Jakpat ini dilakukan terhadap 1.095 responden pada 23-24 Februari 2022. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini berada di bawah 3 persen.

Survei di atas menunjukkan masih banyak masyarakat yang berniat mudik Lebaran walaupun masih ditengah kondisi pandemi Covid-19. Untuk mencegah pertambahan kasus penyebaran virus, Presiden juga meminta masyarakat untuk segera melengkapi vaksin Covid-19 dengan booster.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia, Berminat?
Artikel Selanjutnya ADB Proyeksikan Ekonomi Indonesia Tumbuh Hingga 5% di Tahun 2022
Konten Terkait