Bukan Jakarta, Harga Konstruksi Tertinggi Ternyata Ada di Daerah Ini

Pulau Papua memiliki indeks kemahalan konstruksi (IKK) paling tinggi. Harga konstruksi bisa mencapai 3 kali lipat dari indeks harga nasional.

Bukan Jakarta, Harga Konstruksi Tertinggi Ternyata Ada di Daerah Ini Ilustrasi pembangunan gedung │ Frimufilms/Freepik.

Inflasi terjadi di Indonesia tiap tahunnya menyebabkan harga barang dan jasa kian mahal. Mahalnya harga barang tidak hanya terjadi pada kebutuhan pokok makanan, melainkan juga pada bangunan atau konstruksi. Bahkan, harga bangunan saat ini tercatat telah melambung sangat tinggi.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Bank Indonesia bahwa kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi, kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya.

IHK merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat inflasi. Berdasarkan Classification of Individual Consumption by Purpose (COICOP) 2018, IHK menguraikan ke dalam 11 (sebelas) kelompok pengeluaran, yaitu

  1. Kelompok makanan, minuman, dan tembakau;
  2. Kelompok pakaian dan alas kaki;
  3. Kelompok perumahan, udara, listrik, dan bahan bakar rumah tangga;
  4. Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga;
  5. kelompok kesehatan;
  6. kelompok transportasi;
  7. Kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan;
  8. Kelompok rekreasi, olahraga dan budaya;
  9. kelompok pendidikan;
  10. Kelompok menyediakan makanan dan minuman/restoran; dan
  11. Kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya.​

Untuk mengetahui bagaimana harga konstruksi di Indonesia saat ini, BPS menerbitkan Indeks Kemahalan Konstruksi Provinsi dan Kabupaten/Kota 2023. Dalam publikasi tersebut, diketahui pulau Papua memiliki indeks kemahalan konstruksi (IKK) paling tinggi.

Perlu diketahui, konstruksi yang dimaksud dalam publikasi tersebut ialah gedung/bangunan; jalan, irigasi dan jaringan; bangunan lainnya. Oleh karena itu, indeks kemahalan konstruksi berarti bertujuan untuk mengukur tingkat kemahalan bangunan konstruksi suatu daerah.

Semakin tinggi angka IKK di suatu daerah, maka semakin tinggi pula biaya yang diperlukan untuk mendirikan sebuah bangunan di daerah tersebut.

Ada dua metode penghitungan yang digunakan ntuk membandingkan harga konstruksi antarwilayah atau daerah, yakni pendekatan harga input dan pendekatan harga output.

Pendekatan harga input berarti membandingkan harga antarwilayah dengan mencatat semua material penting yang digunakan serta upah pekerja dan sewa peralatan sesuai dengan bobotnya masing-masing. Sedangkan, pendekatan harga output dilakukan dengan cara menanyakan harga konstruksi yang sudah jadi.

Kota acuan pada penghitungan IKK 2023 adalah Kota Makassar. Sebelumnya, Kota Semarang pernah menjadi kota acuan pada tahun 2018-2020.

Kota acuan ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan, misalnya fungsi kota sebagai pusat distribusi barang, harga cenderung stabil, variasi harga cenderung berada di sekitar harga rata-rata nasional, dan sebagainya. Pemilihan kota acuan juga didasarkan pada wilayah yang memiliki indeks mendekati indeks rata-rata nasional dengan mempertimbangkan kelengkapan sumber data.

Harga Konstruksi di Papua Mencapai Tiga Kali Lipat dari Indeks Nasional

Berdasarkan pada data BPS, tercatat, IKK di Pulau Papua melambung cukup tinggi hingga mencapai di angka 300. Padahal, IKK Makassar sebagai kota acuan hanya sekitar 100,00. Ini artinya, harga konstruksi di pulau Papua lebih mahal tiga kali lipat dibandingkan dengan Kota Makassar.

Dalam Indeks tersebut, Kabupaten Puncak yang berada di kawasan Pegunungan Tengah Provinsi Papua Tengah memiliki Indeks Kemahalan Konstruksi tertinggi dengan angka 383,61. Kabupaten kedua dengan IKK tertinggi masih di Papua Tengah, yakni Kabupaten Intan Jaya dengan skor 376,04.

Masih di wilayah Provinsi Papua Tengah, Kabupaten Intan Jaya yang berada di kawasan Pegunungan Tengah menjadi daerah dengan IKK termahal ketiga dengan angka 351,45.

Sementara itu, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Mamberamo Tengah menjadi dua daerah di Provinsi Pegunungan dengan IKK tertinggi berikutnya. Indeks Kemahalan Konstruksi di dua wilayah tersebut masing-masing mencapai 316,57 dan 301,29.

Mahalnya berbagai barang di Bumi Cenderawasih memang menjadi permasalahan sejak dahulu. Mantan Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, mengungkapkan, ongkos konstruksi di wilayahnya bisa mencapai Rp19 juta per meter persegi pada 2015. Alasan terbesar mahalnya harga barang dan material bangunan di sana dipicu akibat minimnya akses dan jalur distribusi.

"Harga semen sekitar Rp 2,5 juta per zak, harga paku, dan kayu tiga kali lipat dibanding harga di daerah lain.Tingginya harga material ini disebabkan biaya angkut yang mahal, karena harga bahan bakar minyak premium (BBM) Rp 60.000 per liter, dan solar Rp 50.000 per liter," papar Natalis kepada Kompas.com, Minggu (15/2/2015).

Menurut Albert Tasidjawa selaku Direktur Utama salah satu perusahaan kontraktor, PT Rajawali Papua Mandiri, wilayah di Jayapura, Wamena, Timika, Merauke, dan terutama di Pegunungan Tengah, tingginya ongkos konstruksi sangat memberatkan kontraktor.

"Itu belum bicara social cost yang justru lebih mahal ketimbang ongkos konstruksinya sendiri. Misalnya saya mau bangun jembatan dan normalisasi sungai di Timika. Nilai proyek hanya Rp5 miliar sampai Rp10 miliar, tapi karena ada kendala non-teknis, biaya membengkak tiga kali lipat," jelas Albert, dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Penulis: Aslamatur Rizqiyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Sedikit Melambat di 2023

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2023 kumulatif mengalami kenaikan sebesar 5,05%, lebih rendah dibandingkan tahun 2022 sebesar 5,31% (ctc).

Maluku Utara dan Sulawesi Tengah Catat Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di 2023, Imbas Hilirisasi?

PDRB ADHK Maluku Utara dan Sulawesi Tengah masing-masing tumbuh 20,49% dan 11,91% di 2023. Hilirisasi nikel dinilai sebagai salah satu faktor pendorongnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X