Best Seller Handphone Sepanjang Masa, Nokia Jadul Kalahkan Iphone?

Handphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apa saja model handphone yang capai penjualan tertinggi sepanjang masa?

Best Seller Handphone Sepanjang Masa, Nokia Jadul Kalahkan Iphone? Ilustrasi Ponsel | Freepik

Penggunaan telefon genggam atau handphone tidak bisa terlepas dari peradaban manusia. Pasalnya, telefon genggam kini dilengkapi banyak fitur dan aplikasi canggih yang dapat membantu kegiatan sehari-hari.

Kini hanya dengan telefon genggam, semua kegiatan seperti proses pembayaran hingga hiburan dapat dilakukan secara cepat dan mudah. Misalnya, kita tidak perlu mengantri lagi untuk membayar tagihan listrik dan air, ataupun tidak perlu lagi pergi jauh untuk menikmati hiburan lewat video. Semuanya dapat dilakukan hanya dengan telefon genggam.

Namun sebelum menjadi ‘serba bisa’, telefon genggam melalui banyak perubahan baik dari segi bentuk dan fiturnya. Dahulu, telefon genggam identik dengan kesannya yang besar, tebal dan tidak ringkas dibawa kemana-mana. Sejalan dengan perubahan zaman, bentuk telefon genggam terus berubah menjadi lebih kecil, tipis dan ringkas.

Umumnya, telefon genggam berbentuk tipis dan ringkas lebih banyak diminati dan dibeli konsumen. Namun dalam kasus telefon genggam, nampaknya hal itu tidak sepenuhnya benar karena ada juga model telefon genggam yang lebih tebal namun tetap mencapai penjualan yang tinggi.

Untuk membuktikannya, Yahoo Finance dan perusahaan analis teknologi Omdia mencatat angka penjualan telefon dari tahun ke tahun. Berikut lima telefon genggam dengan angka penjualan terbaik sepanjang masa:

1. Nokia 1100

Nokia 1100 | Pricebook.co.id
Nokia 1100 | Pricebook.co.id

Meski bentuknya tebal dan tidak menggunakan layar sentuh (touch screen), nyatanya Nokia 1100 berhasil mencetak rekor dengan angka penjualan tertinggi sepanjang masa sekaligus perangkat elektronik terlaris di dunia.

Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2003, Nokia 1100 berhasil menyentuh angka 250 juta penjualan. Model ini menjadi populer karena mempunyai lebih banyak fitur dibandingkan ponsel lainnya, seperti layar berwarna dan adanya kamera internal. Fitur tersebut ditargetkan untuk konsumen di negara berkembang dan pengguna yang hanya ingin membuat panggilan dan SMS pesan teks, memasang alarm dan pengingat (reminder), dan lainnya.

Model Nokia 1100 dirancang di California oleh Miki Mehandjiysky, desainer asal Bulgaria-Amerika

2. Nokia 1110

Nokia 1110 | MobGsm
Nokia 1110 | MobGsm

Nokia 1110 mengikuti kesuksesan model pendahulunya, Nokia 1100. Tidak tanggung-tanggung, Nokia 1110 berhasil menyentuh angka 248 juta penjualan yang mana menjadikannya peringkat kedua penjualan ponsel terbaik sepanjang masa.

Nokia 1110 dirilis pada tahun 2005, dua tahun setelah perilisan Nokia 1100. Sementara itu, ponsel yang masih berkaitan, Nokia 1110i dirilis pada tahun 2006.

Nokia 1110 memiliki layar inverted black and white dengan lampu kuning. Ponsel ini dilengkapi dengan 5 jam daya baterai, memiliki fasilitas blokir panggilan, alarm dan jam, jam analog serta tiga permainan di dalamnya. Nokia 1110 juga mendukung fitur pengiriman pesan gambar.

3. iPhone 6 dan 6 Plus

iPhone 6 | Apple.inc
iPhone 6 | Apple.inc

Perusahaan raksasa Apple meluncurkan iPhone 6 dan 6 plus pada tahun 2014.

Semenjak tanggal rilis, kedua model tersebut berhasil mencetak rekor sebagai model iPhone dengan penjualan terlaris sekaligus menduduki peringkat ketiga sebagai ponsel dengan penjualan tertinggi sepanjang masa.

Pasalnya, iPhone 6 dan 6 plus telah terjual sebanyak 222 juta penjualan. Saking populernya, kedua model ini masih diminati saat kembali di rilis pada tahun 2017 dengan harga menengah.

Salah satu alasan terkuat kesuksesan iPhone 6 dan 6 plus adalah menjadi pencetus sebagai ponsel pintar dengan layar besar, yaitu berukuran layar 4,7 dan 5,5 inci.

4. Nokia Seri 105

Nokia Seri 105 | HMD
Nokia Seri 105 | HMD

Nokia seri 105 merupakan salah satu seri dengan penjualan tertinggi, baik itu jika dibandingkan dengan model Nokia lain maupun dari seluruh penjualan ponsel di dunia. Tercatat, Nokia seri 105 berhasil menyentuh angka penjualan sebesar 200 juta, membuatnya ada di peringkat keempat sebagai ponsel dengan penjualan terbaik sepanjang masa.

Seri 105 tidak hanya memiliki satu model melainkan lebih dari lima model. Model pertamanya dirilis pada tahun 2013 dengan target pasar pengguna di negara berkembang. Satu dekade setelahnya, seri 105 bahkan masih diproduksi, yaitu pada tahun 2023 dengan produksi oleh HMD Global.

Meskipun awalnya mengalami kesuksesan, produk-produk Nokia tidak bisa bersaing dengan perusahaan lainnya seperti Apple, Google, Samsung dan lainnya. Hal ini membuat perusahaan Nokia ‘jatuh’ dan kehilangan pamornya.

5. iPhone 6S dan 6S Plus

iPhone 6S | Apple.inc
iPhone 6S | Apple.inc

iPhone model 6S dan 6S Plus turut menjadi salah satu best seller dalam sejarah perusahaan Apple maupun dengan seluruh model di seluruh dunia. Pasalnya, kedua model yang dirilis pada tahun 2015 ini menduduki peringkat kelima sebagai ponsel dengan penjualan tertinggi sepanjang masa, yaitu di angka 174 juta penjualan.

Banyak fitur yang membuat iPhone model 6S dan 6S Plus diminati pengguna. Di antaranya memiliki 12-megapixel rear camera yang dapat merekam hingga resolusi 4K dengan 30fps.

Meski alami kesuksesan, iPhone 6S dan 6S Plus berhenti diproduksi setelah Apple mengumumkan hadirnya iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR pada September tahun 2018.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daya Saing Digital Indonesia 2023 Naik Peringkat, Kalahkan India

Laporan IMD WDCR menunjukkan, daya saing digital Indonesia terus mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. Pada 2023, Indonesia menempati posisi ke-45 di dunia.

2023 Menjadi Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah di Dunia

Suhu permukaan bumi global Juli 2023 capai 16,95 °C, mengalami kenaikan sebesar 1,5 °C dibandingkan rata-rata bulan Juli pada periode 1850-1900

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X