Bersanding dengan Jajaran Laki-Laki, Ini Daftar Perempuan Terkaya di Indonesia

Kembali rilis daftar nama orang terkaya, ini empat perempuan terkaya di Indonesia versi Forbes.

Bersanding dengan Jajaran Laki-Laki, Ini Daftar Perempuan Terkaya di Indonesia Dokumentasi Arini Subianto | Semarak.co

Jelang akhir tahun 2023 lalu, Forbes, ​​sebuah majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat, kembali merilis daftar nama-nama orang terkaya di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia dengan tajuk “50 Orang Terkaya di Indonesia”.

Di dalam daftar jajaran konglomerat yang didominasi oleh laki-laki tersebut, terdapat sejumlah nama-nama perempuan terkaya di Indonesia. Bahkan tercatat kekayaannya mencapai miliaran dolar AS.

Mulai dari Presiden Komisaris PT DCI Indonesia Tbk hingga Direktur Urusan Korporasi dan Sekretaris Perusahaan PT Bayan Resources Tbk, berikut daftar nama perempuan terkaya di Indonesia versi Forbes :

1. Dewi Kam

Dokumentasi Dewi Kam | Realita.co

Dewi Kam menempati posisi pertama sebagai wanita terkaya di Indonesia menurut Forbes. Total kekayaannya mencapai US$4,45 miliar atau setara dengan Rp68,5 triliun (kurs Rp15.400).

Dewi Kam merupakan pemilik saham di Bayan Resources, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara yang dimiliki oleh orang terkaya Indonesia, Low Tuck Kwong.

Tak hanya itu, Dewi juga tercatat terafiliasi dengan dua perusahaan luar sebagai pemegang saham pemegang saham di Birken Universal Corporation dan Direktur Savill Universal Ltd yang berlokasi di British Virgin Island, serta pemegang saham Overseas Finance Ltd di Samoa.

Bahkan, berdasarkan laporan dari Indonesia Corruption Watch, perempuan berusia 73 tahun ini juga merupakan pemilik PT Sumber Gas Sakti Prima, dengan kepemilikan saham sebesar 91% bersama dengan Richard Jasin.

2. Jenny Quantero

Dokumentasi Jenny Quantero | Bisnis.com

Jenny Quantero saat ini menjabat sebagai Direktur Urusan Korporasi dan Sekretaris Perusahaan emiten tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk. (BYAN). Forbes mencatat Jenny memiliki kekayaan sebesar US$1,5 miliar atau setara dengan Rp23,1 triliun.

Jenny Quantero dan suaminya, Engki Wibowo, memperoleh kekayaan mereka dari perusahaan tambang batu bara Bayan Resources yang juga turut membantu Low Tuck Kwong mendirikan Bayan Resources pada 2004, hingga akhirnya melantai di Bursa Efek Indonesia pada 2008.

3. Arini Subianto

Dokumentasi Arini Subianto | Semarak.co

Arini Subianto merupakan Presiden Direktur perusahaan Persada Capital Investama. Ia merupakan anak tertua Benny Subianto, sehingga kerajaan bisnis ayahnya yang bernilai jutaan dolar tersebut diambil alih olehnya setelah Benny wafat pada 2017 lalu.

Diketahui Arini dan keluarga memiliki harta kekayaan sebesar US$1,34 miliar atau setara dengan Rp20,80 triliun.

Sebagai presiden direktur, Arini mengawasi investasi Persada di berbagai bidang diantaranya, yaitu produk pengolahan kayu dan minyak kelapa sawit hingga pengolahan karet dan batu bara.

4. Marina Budiman

Dokumentasi Marina Budiman | CNBC Indonesia

Selanjutnya, di urutan keempat adalah Marina Budiman dengan total kekayaan senilai US$1,01 miliar atau setara dengan Rp15,55 triliun.

Marina merupakan salah satu pendiri dan Presiden Komisaris PT DCI Indonesia Tbk. (DCII), emiten penyedia data centre yang ia dirikan bersama Otto Toto Sugiri pada tahun 2011.

Tak hanya itu, Marina juga sempat mendirikan Indonet, penyedia layanan internet pertama di Indonesia, pada 1994.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Nastar hingga Kastengel, Inilah Kue Kering Favorit untuk Idul Fitri 2024!

Apa saja kue kering yang menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk Idul Fitri 2024?

Indonesia Penyumbang Sampah Sisa Makanan Terbesar di ASEAN

Indonesia menyumbang sampah sisa makanan sebanyak 20,93 juta kg setiap tahunnya, setara dengan kerugian sekitar Rp231-551 triliun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X