Barbie Teratas, Ini Dia Deretan Film Box Office Paling Cuan di Tahun 2023!

Berdasarkan laporan dari Box Office Mojo, film Barbie karya Greta Gerwig berhasil menjadi film terlaris pada 2023 dengan meraup keuntungan US$1,4 miliar.

Barbie Teratas, Ini Dia Deretan Film Box Office Paling Cuan di Tahun 2023! Ilustrasi film box office | Freepik

Setelah dihantam kesulitan akibat pandemi Covid-19, industri perfilman global perlahan pulih. Sederet rumah produksi raksasa mulai kembali menggarap dan merilis film-film terbaik mereka. Bahkan sepanjang 2023, berbagai film dari berbagai genre telah menghiasi layar bioskop.

Tahun 2023 pun tercatat menjadi tahun yang cukup baik untuk industri perfilman dunia. Ini terbukti dari laporan Box Office Mojo yang mencatatkan pendapatan box office di pasar Amerika Utara mencapai US$8,7 miliar atau meningkat sebesar 20% dari tahun sebelumnya.

Ada banyak film yang berhasil tayang di tahun 2023, mulai dari yang bergenre drama, superhero, romantis, hingga horor. Bahkan, sejumlah film telah mencatatkan penghasilan fantastis dan berhasil menembus pendapatan US$1 miliar di 2023.

Lantas, film box office mana saja yang mencatatkan pendapatan terbesar di dunia pada 2023? Simak ulasannya berikut ini.

1. Barbie

Film "Barbie" karya Greta Gerwig | IMDb

Setelah sekian lama menjadi salah satu boneka mainan terpopuler, Barbie akhirnya diadaptasi menjadi film live action. Berada di posisi teratas sebagai film box office terlaris pada 2023, Barbie berhasil mencatatkan pendapatan sebesar US$1,4 miliar. Film garapan Greta Grewig ini selain sukses sebagai film paling cuan sedunia pada 2023, ternyata juga menjadi film yang paling banyak dicari di Google berdasarkan laporan Google Year in Search 2023.

Barbie merupakan film bertemakan feminisme yang berkisah mengenai Stereotypical Barbie (Margot Robbie) yang tiba-tiba memikirkan kematian di tengah pesta meriah. Kehidupannya di dunia Barbie Land yang tadinya dirasa sempurna, kemudian berubah ketika ia mengalami krisis jati diri. Untuk mengatasi masalahnya, ia pergi menemui Weird Barbie yang kemudian menyuruhnya untuk mencari jawaban dengan pergi ke dunia nyata.

2. The Super Mario Bros Movie

Film "The Super Mario Bros Movie" | Universal Studio

Film yang diadaptasi dari karakter gim ikonik ini menduduki peringkat kedua dalam daftar film box office terlaris sepanjang 2023. Melansir Box Office Mojo, pendapatannya bahkan mencapai US$1,36 miliar. Dirilis sebelum Barbie, menariknya, The Super Mario Bros Movie tadinya dinobatkan menjadi film 2023 pertama yang berhasil mencatatkan keuntungan hingga US$1 miliar, sebelum tergeser ke posisi dua.

The Super Mario Bros Movie ini mengisahkan tentang kakak beradik yang bekerja sebagai tukang ledeng bernama Mario dan Luigi. Mereka berdua memiliki ambisi sebagai tukang ledeng andal di kota Brooklyn. Suatu hari, kota yang mereka tempati kebanjiran karena ada kendala di aliran pipanya. Melihat situasi ini sebagai peluang, Mario dan Luigi memulai petualangan mereka dan mencoba memperbaiki pipa tersebut. 

3. Oppenheimer

Film "Oppenheimer" karya Christopher Nolan | GQ

Menduduki peringkat ketiga dalam deretan film box office terlaris di 2023, Oppenheimer tercatat berhasil meraup keuntungan mencapai US$952 juta. Film biopik garapan sutradara ternama, Christopher Nolan ini sukses mendulang cuan senilai US$326 juta dari pasar domestik dan US$625,9 juta dari pasar internasional. 

Film yang diangkat dari buku karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin dengan judul “American Prometheus” ini menceritakan mengenai bapak bom atom, J. Robert Oppenheimer. Ia merupakan seorang fisikawan di balik pembuatan senjata nuklir pertama dalam Proyek Manhattan pada era Perang Dunia II. 

4. Guardians of the Galaxy Vol. 3

Film "Guardians of the Galaxy Vol. 3" karya James Gunn | IMDb

Pada 2023 lalu, para penggemar film superhero Marvel kembali dapat menikmati kelanjutan kisah geng penjaga angkasa, Star Lord dan teman-temannya. Jadi salah satu film yang ditunggu-tunggu pada 2023, film yang disutradarai oleh James Gunn ini mendapatkan keuntungan sebesar US$845,5 juta, dengan rincian US$358,9 juta dari pasar domestik dan US$486 juta dari pasar internasional.

Adapun, film penutup saga “Guardians of the Galaxy” ini mengisahkan petualangan para Guardians saat mereka tinggal di Knowhere, di mana sang kapten, Peter Quill masih berduka atas kepergian Gamora. Kemudian, situasi bertambah kacau setelah seseorang berkekuatan super, Adam Warlock diutus untuk menculik Rocket Raccoon. Masa lalu Rocket yang kelam akhirnya terungkap dan kini geng Guardians harus bersatu menyelamatkan nyawa Rocket.

5. Fast X

Film "Fast X" karya Louis Leterrier | IMDb

Film Fast X merupakan film ke-10 dari saga Fast & Furious yang telah berjalan selama lebih dari dua dekade. Film yang masih dibintangi oleh Vin Diesel ini menduduki posisi lima besar dalam daftar film paling cuan sepanjang 2023. Melansir Box Office Mojo, Fast X sukses mendulang pendapatan sebesar US$704,8 juta.

Adapun, film ini masih menceritakan perjalanan Dom dan keluarganya dalam menghadapi konflik yang terjadi. Namun kali ini, mereka menghadapi lawan paling mematikan. Musuhnya kali ini bertekad untuk membalaskan dendamnya selama 12 tahun lamanya kepada Dom dengan menghancurkan keluarga dan segala yang dicintai Dom. 

6. Spider-Man: Across the Spider-Verse

Poster film "Spider-Man: Across the Spider-Verse" | Prime Video

Setelah sukses dengan Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018), Sony Pictures akhirnya kembali menggarap sekuel dari film tersebut yang berjudul Spider-Man: Across the Spider-Verse pada 2023. Berdasarkan laporan Box Office Mojo, film ini berhasil meraup keuntungan sebesar US$690,6 juta dan menduduki posisi keenam dalam daftar film terlaris 2023.

Film ini masih mendapuk Miles Morales, sang Spider-Man yang kini menjalani hidup baru sebagai seorang pahlawan super, setahun setelah ia dan Spider-People dari semesta lain menghentikan rencana jahat Kingpin. Namun, ia tiba-tiba didatangi oleh Gwen Stacy, yang mengajaknya berpetualang dalam misi melintasi semesta.

7. The Little Mermaid

Film "The Little Mermaid" | ABC via Variety.com

The Little Mermaid (2023) merupakan film adaptasi live action oleh Disney dari film animasinya dengan judul serupa yang dirilis pada tahun 1989 lalu. Film yang sempat kontroversial ini berhasil menempati peringkat ketujuh dalam daftar film terlaris di dunia 2023 setelah sukses meraup keuntungan sebesar US$569,6 juta.

Film yang menceritakan kisah petualangan Ariel, seorang putri duyung yang merupakan anak bungsu dari penguasa Kerajaan Atlantika, Raja Triton ini mendapuk Halle Bailey sebagai Ariel dan Jonah Hauer-King sebagai pangeran Eric.  

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X