Aplikasi Pesan Instan dengan Pengguna Terbanyak di Dunia 2022

Berdasarkan data dari Statista, aplikasi-aplikasi pesan instan terpopuler di dunia sanggup meraup jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 500 juta per bulan.

Aplikasi Pesan Instan dengan Pengguna Terbanyak di Dunia 2022 Tampilan aplikasi pesan instan di smartphone | Christian Wiediger/Unsplash

Layanan berbagi pesan instan kini sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Hadirnya layanan berbagi pesan instan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pesatnya perkembangan teknologi memberikan ragam kemudahan untuk berkomunikasi dan saling terhubung satu sama lain.

Sebagaimana halnya alasan utama masyarakat khususnya di Indonesia menggunakan media sosial ialah untuk membantu berinteraksi dengan keluarga, saudara, maupun kerabat dengan memanfaatkan layanan pesan instan.

Aplikasi pesan instan memungkinkan penggunanya untuk menggunakan berbagai fitur seperti group chat, mengirim pesan gambar, video, bahkan stiker. Kaya akan fitur serta dapat diakses secara gratis maupun berbayar dengan biaya rendah, aplikasi pesan instan dengan cepat meraup popularitas di kalangan masyarakat dunia.

Mengutip dari Statista, 6 aplikasi pesan instan terpopuler di dunia memiliki lebih dari 500 juta pengguna per bulan. Adapun berikut daftar aplikasi pesan instan terpopuler dengan jumlah pengguna aktif per bulan terbanyak di dunia per Januari 2022.

Aplikasi pesan instan terpopuler di dunia berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak per Januari 2022 | GoodStats

1. WhatsApp

WhatsApp berhasil menduduki peringkat pertama aplikasi berbagi pesan instan terpopuler di dunia pada tahun 2022 dengan total pengguna aktif per bulan sebanyak 2 miliar. Penetrasi penggunaan aplikasi WhatsApp tidak hanya kuat di Amerika Serikat namun juga mencakup banyak negara di dunia termasuk Indonesia.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan Katadata Insight Center (KIC) yang dirilis pada tahun 2022, WhatsApp menjadi media sosial paling populer di Indonesia. Adapun sebesar 95,9 responden memiliki aplikasi Whatsapp.

Selain itu, Aplikasi pesan instan di bawah naungan Meta ini juga menjadi media sosial paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan media sosial lainnya. Persentasenya mencapai 48,8 persen pada tahun 2021.

Dirilis pada Januari tahun 2009, WhatsApp secara konsisten mengalami pertumbuhan pengguna yang signifikan hingga berhasil menyentuh rekor 1 juta pengguna pada Februari 2016 dan melipatgandakan jumlahnya sejak Maret 2020 lalu.

2. Weixin / WeChat

Weixin atau yang dikenal juga dengan WeChat meraih posisi ke-2 dengan 1.263 juta pengguna aktif bulanan per Januari 2022. Aplikasi pesan instan asal China ini memperoleh popularitas serta menguasai pangsa pasar di negara asalnya.

Sebagaimana diketahui, China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia mencapai lebih dari 1,4 miliar jiwa. Di Indonesia sendiri, aplikasi pesan instan ini tidak setenar platform lainnya.

WeChat dirilis sejak 21 Januari 2011 di bawah naungan Tencent Holdings Limited, salah satu perusahaan teknologi besar asal China. Saat ini, WeChat tersedia dalam 17 bahasa dan dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Android, iOS, macOS, dan Microsoft Windows.

3. Facebook Messenger

Posisi ke-3 diraih oleh aplikasi pesan instan besutan Meta yakni Facebook Messenger. Aplikasi pesan instan ini tercatat memiliki 988 juta pengguna aktif per bulan.

Induknya, Facebook meraih posisi ke-2 aplikasi media sosial paling banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia dengan persentase sebesar 80,4 persen. Namun tampaknya jumlah pengguna aplikasi pesan instan Facebook Messenger di Indonesia tidak sekuat Facebook.

Dikembangkan mulai tahun 2008, Facebook Messenger akhirnya dirilis secara mandiri pada Agustus 2011 di platform Android dan iOS. Kemudian pada April 2020, Facebook resmi merilis Messenger untuk perangkat berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan macOS.

4. QQ

Aplikasi pesan instan QQ meraih posisi ke-4 dengan total pengguna aktif per bulan sebanyak 574 juta orang. QQ dikembangkan oleh raksasa teknologi asal China yakni Tencent pada tahun 1999.

Lagi-lagi aplikasi ini populer di negara asalnya. Namun, nampaknya di Indonesia penggunaan aplikasi QQ sendiri tidak sepopuler aplikasi pesan instan maupun media sosial lainnya. Saat ini aplikasi pesan instan QQ tersedia dalam Bahasa Mandarin.

5. Snapchat

Di sisi lain, Snapchat berada di posisi ke-5 dengan total 557 juta pengguna aktif per bulan. Snapchat merupakan aplikasi pesan instan multimedia yang dikembangkan di Amerika Serikat. Didirikan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown, Snapchat resmi dirilis pada 8 Juli 2011.

6. Telegram

Terakhir, Telegram menduduki posisi ke-6 aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Adapun total pengguna aplikasi pesan instan satu ini mencapai 550 juta orang per Januari 2022.

Telegram merupakan aplikasi berbagi pesan instan berbasis cloud yang dirilis pada 14 Agustus 2013. Telegram tersedia di berbagai platform seperti Android, iOS, Microsoft Windows, macOS, dan sebagainya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Inilah Negara Paling Diminati Pelajar Indonesia
Artikel Selanjutnya Kekerasan Terhadap Jurnalis yang Mengancam Kebebasan Pers
Konten Terkait