Apa Saja Topik Paling Banyak Dicari di Google Search Indonesia?

Tercatat lebih dari 70 persen permintaan pencarian online di seluruh dunia ditangani oleh Google. Mesin pencari Google menjadi situs paling sukses di internet.

Apa Saja Topik Paling Banyak Dicari di Google Search Indonesia? Memanfaatkan teknologi mesin pencari Google | PK Studio/Shutterstock

Perkembangan digitalisasi membawa dampak yang bermanfaat bagi kehidupan. Memengaruhi kegiatan banyak sektor menjadi lebih mudah. Penggunaan media kini lebih praktis dengan hadirnya media digital hanya dalam genggaman. Hanya sekali klik saja mampu mendapatkan informasi.

Salah satunya melalui kehadiran Google Search yang memudahkan manusia dalam mendapatkan berbagai informasi. Tercatat lebih dari 70 persen permintaan pencarian online di seluruh dunia ditangani oleh Google. Mesin pencari Google juga menjadi situs paling sukses di internet.

Bahkan, penggunaan Google mencapai 3,2 miliar diseluruh dunia kian meningkat seiring dengan bertambahnya pengguna internet. Bila dilihat pengguna internet diseluruh dunia 4,66 miliar dan pengguna smartphone diseluruh dunia juga meningkat dengan jumlah yang mencapai 5,22 miliar orang terhitung dari tahun 2021.

Sementara, pengguna mesin pencari Google di Indonesia dari data Statcounter sepanjang 2021 bahwa Google menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia dengan persentase sebesar 81,99 persen.

Data topik paling banyak dicari masyarakat Indonesia | GoodStats

Laporan bertajuk Year in Search 2021: Look Back to Move Your Business Forward dari dari data Google Trends (Agustus 2020-2021) mengungkap adanya perilaku konsumen Indonesia dan perubahan sejumlah sektor utama.

Bila dilihat masyarakat Indonesia mengelola pendapatan dengan mencari usaha lain untuk peningkatan ekonomi dengan pencarian topik saham pemula sebesar 128 persen. Adanya kekhawatiran masyarakat terhadap keamanan online meningkatkan hasil pencarian dengan topik kebocoran data sebesar 33 persen dan berita bohong sebesar 52 persen.

Selain itu, laporan dari data Google Trends juga menunjukkan perubahan pada beberapa sektor seperti kecantikan, keuangan, hiburan, kuliner, dan transportasi. Diantaranya dari sektor kecantikan , keinginan tahu masyarakat terkait jenis produk baru seperti ceramides sebesr 133 persen dan bakuchiol sebesar 30 persen. Keingin tahuan untuk produk pria, topik yang paling banyak dicari serum pria sebesar 57 persen dan facial wash men sebesar 62 persen.

Lalu, dalam sektor keuangan pencarian topik belajar investasi sebesar 83 persen. Disusul sektor hiburan dari mabar online sebesar 70 persen dan sektor transportasi untuk topik kendaraan ramah lingkungan sebesar 230 persen dan mobil listrik sebesar 54 persen. Masyarakat Indonesia juga semakin peduli terhadap makanan sehat yang dilihat dari sektor kuliner dengan pencarian topik plant based sebesar 233 persen dan susu rendah lemak sebesar 69 persen.

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Thailand dan Indonesia Dominasi Gelar Juara Umum SEA Games Terbanyak
Artikel Selanjutnya Bagaimana Prevalensi Lupus di Indonesia?
Konten Terkait