Ada Lebih dari 10 Ribu Puskesmas di Indonesia, Terbanyak di Jawa Barat

Jawa Barat mempunyai puskesmas terbanyak di Indonesia, totalnya melebihi 1.000 unit. Meski begitu, distribusi puskesmas di Indonesia masih belum merata.

Ada Lebih dari 10 Ribu Puskesmas di Indonesia, Terbanyak di Jawa Barat Ilustrasi Dokter Puskesmas | senivpetro/Freepik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan bahwa terdapat 10.416 unit pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Indonesia pada tahun 2023. Jumlah tersebut naik 0,4% dibandingkan tahun 2022 yang sebanyak 10.374 unit. Adapun sekitar 41% atau 4,238 unit puskesmas nasional turut menyediakan fasilitas rawat inap, sedangkan 59% sisanya atau sekitar 6,178 unit tidak menyediakan fasilitas rawat inap.

Menurut Permenkes No. 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Puskesmas sendiri memiliki tanggung jawab untuk mendukung terwujudnya kecamatan sehat.

Secara nasional, jumlah puskesmas di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sejak tahun 2016, jumlah puskesmas di Indonesia telah bertambah sebanyak 649 unit.

Jumlah puskesmas di Indonesia terus bertambah dari tahun 2016
Jumlah puskesmas di Indonesia terus bertambah dari tahun 2016

Laporan Kemenkes mengungkapkan bahwa jumlah puskesmas di Indonesia pada tahun 2016 adalah sebanyak 9.767 unit. Angka tersebut terus bertambah hingga saat ini. Adapun bertambahnya jumlah puskesmas ini menggambarkan upaya pemerintah untuk menjamin akses terhadap layanan kesehatan masyarakatnya.

"Peningkatan jumlah puskesmas tersebut menggambarkan upaya pemerintah dalam pemenuhan akses terhadap pelayanan kesehatan primer," ungkap laporan Profil Kesehatan 2021 yang dikeluarkan oleh Kemenkes.

Meski jumlahnya sudah dinilai baik, menurut kemenkes, distribusi puskesmas di seluruh kecamatan masih harus diperhatikan. Persebaran puskesmas nyatanya masih belum merata di Indonesia.

Jawa Barat punya puskesmas terbanyak di Indonesia
Jawa Barat punya puskesmas terbanyak di Indonesia

Pada tahun 2023, terdapat 1.100 unit puskesmas di Jawa Barat, menjadikannya provinsi dengan jumlah puskesmas terbanyak di Indonesia. Jawa Timur dan Jawa Tengah berada di urutan kedua dengan 972 unit dan 880 unit puskesmas. Mayoritas puskesmas nyatanya berada di Pulau Jawa.

Sementara itu, provinsi dengan jumlah puskesmas paling sedikit ada di Kalimantan Utara yang hanya memiliki 58 unit puskesmas, disusul Kepulauan Bangka Belitung dengan 64 unit, dan Papua Barat dengan 76 unit puskesmas.

Mirisnya, Papua Barat memiliki rasio puskesmas per kecamatan sebesar 0,29, terendah secara nasional. Besaran rasio di bawah nilai 1 menunjukkan bahwa belum semua kecamatan di provinsi tersebut memiliki puskesmas. Hal ini berbanding terbalik dengan DKI Jakarta, yang mana rasio puskesmas per kecamatannya mencapai 7,16 di tahun 2021, salah satu yang tertinggi secara nasional.

Masih ada 171 kecamatan di 7 provinsi yang tidak memiliki puskesmas
Masih ada 171 kecamatan di 7 provinsi yang tidak memiliki puskesmas

Di Indonesia sendiri, per tahun 2021, terdapat total 171 kecamatan di 7 provinsi yang masih belum memiliki puskesmasnya sendiri. Infrastruktur kesehatan yang masih belum merata ini harus segera dibenahi oleh pemerintah, karena di mana pun, seluruh rakyat Indonesia berhak memperoleh akses layanan kesehatan yang memadai.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ini Dia Tujuan Utama Mudik 2024, Kebanyakan ke Pulau Jawa

Jawa Tengah menjadi tujuan utama pemudik nasional di tahun 2024, dengan total pemudik diperkirakan mencapai 61,6 juta, setara dengan 31,6% pemudik nasional.

Usia Menikah Indonesia Rata-Rata 22 Tahun, Dimulainya Hubungan Seksual 15-19 Tahun

Tren usia menikah terjadi pada usia 22 tahun tetapi faktanya usia awal mengalami hubungan seksual terjadi pada usia 15-19 tahun, bagaimana faktanya?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X