8 Pemimpin Dunia dengan Pengikut Instagram Terbanyak, Jokowi ke-2

Instagram menjadi media sosial yang populer, termasuk bagi pemimpin negara. Berikut adalah 8 pemimpin negara dengan pengikut terbanyak di instagram.

8 Pemimpin Dunia dengan Pengikut Instagram Terbanyak, Jokowi ke-2 Joko Widodo, salah satu pemimpin negara dengan pengikut instagram terbanyak | onyengradar/Shutterstock

Instagram sudah menjadi salah satu platform media sosial yang familiar kepada masyarakat di masa kini. Aplikasi media sosial ini memungkinkan pengguna untuk membagikan foto dan video dengan pengikutnya. Pengguna dapat mengunggah konten ke profil pribadinya, menambahkan caption, tag, dan hashtag untuk membuat konten mereka lebih mudah ditemukan oleh orang lain. Aplikasi ini tersedia di ponsel Android dan iOS, serta di web.

Banyak pemimpin negara di seluruh dunia menggunakan Instagram sebagai platform untuk menyebarkan pesan dan mempromosikan visi dan misi mereka. Mereka dapat mengunggah foto dan video tentang kegiatan mereka, memberikan pidato, atau berinteraksi dengan pengikut mereka melalui berbagai fitur di aplikasi ini.

Menggunakan Instagram dapat membantu pemimpin negara menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun hubungan dengan pengikut mereka. Namun, mereka juga harus memperhatikan batasan dari undang-undang dan etika politik, serta memastikan bahwa informasi yang mereka bagikan di Instagram akurat. Berikut ini adalah delapan pemimpin negara dunia dengan jumlah pengikut Instagram terbanyak pada 30 Desember 2022.

8 pemimpin negara dengan pengikut instagram terbanyak | GoodStats

1. Narendra Damodardas Modi, Perdana Menteri India - 71,7 juta pengikut

Narendra Modi adalah Perdana Menteri India yang telah menjabat dari tahun 2014. Modi terkenal dengan platform politiknya yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi India, mengurangi kemiskinan, dan memperkuat posisi India di dunia internasional.

Modi aktif di media sosial, seperti di Instagram, dengan lebih dari 70 juta pengikut yang mengikuti akunnya. Ia sering mengunggah foto dan video menyampaikan pesan-pesan politik melalui akun instagramnya, narendramodi.

2. Joko Widodo, Presiden Indonesia - 49,7 juta pengikut

Joko Widodo, atau lebih dikenal dengan nama panggilannya Jokowi, menjabat sebagai Presiden Indonesia sejak tahun 2014. Sebelumnya, Jokowi menjabat sebagai Walikota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta. Baru-baru ini kabinet Presiden Jokowi berhasil menjalankan presidensi dan menyelenggarakan perhelatan besar Internasional, G20.

Jokowi juga aktif di ranah media sosial, terutama di Instagram, di mana ia memiliki sebanyak lebih dari 49 juta pengikut. Ia sering mengunggah foto dan video tentang kegiatan pemerintahannya dan menyampaikan pesan kepada pengikutnya melalui akun intagramnya dengan username jokowi.

3. Jair Messias Bolsonaro, Presiden Brasil - 25,6 juta pengikut

Jair Bolsonaro adalah Presiden Brasil yang telah menjabat sejak tahun 2019. Ia merupakan anggota Partai Socialismo Cristão (PSC) dan merupakan anggota parlemen dari Rio de Janeiro. Sebelum menjadi Presiden, Bolsonaro menjabat sebagai anggota parlemen Brasil selama lebih dari dua dekade.

Bolsonaro dikenal dengan pendapat konservatifnya tentang masalah-masalah seperti hak-hak LGBT, kebijakan luar negeri, dan lingkungan. Akun instagramnya, jairmessiasbolsonaro, memiliki lebih dari 25 juta pengikut.

4. Joseph Robinette Biden Jr., Presiden Amerika Serikat - 17,6 juta pengikut

Joe Biden adalah Presiden Amerika Serikat yang telah menjabat sejak tahun 2021. Ia adalah anggota Partai Demokrat dan merupakan anggota parlemen AS selama lebih dari empat dekade. Sebelum menjadi Presiden, Biden sempat menjabat sebagai Wakil Presiden AS di bawah Presiden Barack Obama.

Biden terkenal dengan platform politik yang menekankan pada pemulihan ekonomi, pengurangan ketimpangan sosial, dan perbaikan sistem kesehatan. Presiden Biden memiliki 17 juta lebih pengikut di akun Instagrammnya, joebiden.

5. Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy, Presiden Ukrainia - 16,8 juta pengikut

Volodymyr Zelenskyy menjabat sebagai Presiden Ukraina dari tahun 2019. Ia adalah seorang komika dan aktor yang sebelumnya tidak terlibat dalam politik, tetapi memenangkan pemilihan presiden dengan mendapatkan lebih dari 73% suara. 

Zelenskyy sangat aktif di media sosial, terutama di akun Instagramnya zelenskiy_official, di mana ia memiliki lebih dari 16 juta pengikut. Ia sering mengunggah foto dan video tentang kegiatan pemerintahannya dan keadaan negaranya yang telah dilanda perang sejak awal tahun ini kepada pengikutnya melalui akun tersebut.

6. Charles Philip Arthur George, Raja Inggris dan Persemakmuran - 13,1 juta pengikut

Raja Charles adalah raja Inggris Raya yang naik takhta di tahun ini setelah meninggalnya Ratu Elizabeth, ibu dari Charles. Raja Charles tidak memiliki akun media sosial pribadi, tetapi Keluarga Kerajaan Inggris memiliki akun resmi di media sosial seperti Instagram dan Twitter. Akun instagramnya, theroyalfamily memiliki 13 juta lebih pengikut..

7. Recep Tayyip Erdoğan, Presiden Turkiye - 10,2 juta pengikut

Recep Tayyip Erdoğan adalah Presiden Turkiye yang telah menjabat sejak tahun 2014. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Walikota Istanbul dan Perdana Menteri Turkiye. Platform media sosial Erdoğan yang paling banyak diikuti adalah Twitter, namun akun Instagramnya, rterdogan, juga memiliki pengikut sebanyak 10 juta lebih.

8. Jorge Mario Bergoglio, Paus Fransiskus I - 8,9 juta pengikut

Jorge Mario Bergoglio adalah Paus Francis I, Paus ke-266 Gereja Katolik Roma. Ia lahir di Buenos Aires, Argentina, dan menjabat sebagai Paus sejak tahun 2013. Sebelum menjadi Paus, Bergoglio menjabat sebagai Uskup Buenos Aires dan Kardinal Argentina. 

Paus Francis I aktif di media sosial, mengajak orang-orang dari semua latar belakang untuk bekerja sama dalam membangun dunia yang lebih adil dan damai. Akun Intagramnya, franciscus telah memperoleh 8 juta lebih pengikut

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Survei Capres-Cawapres RI Indikator Politik Desember 2022, Ganjar dan RK Masih di Puncak
Artikel Selanjutnya BPS: Persentase Pemuda yang Tak Ingin Cepat Menikah Naik Tiap Tahunnya
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook