7 Negara Terbaik di Dunia, Mana Saja Ya?

Kanada dengan meraih skor sempurna, yakni 100. Kemudian, disusul oleh Jepang dan Jerman.

7 Negara Terbaik di Dunia, Mana Saja Ya? Ilustrasi negara | 4045/Shutterstock

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan, setiap negara pastinya memiliki kebijakan serta upaya tersendiri dalam mewujudkan hal tersebut. US News melakukan pemeringkatan negara terbaik berdasarkan 76 kategori yang dikembangkan oleh BAV Group.

Kategori tersebut dibagi menjadi 10 kategori besar, yakni petualangan, kelincahan, pengaruh budaya, kewiraswastaan, warisan, keterbukaan terhadap bisnis, kekuatan, kualitas hidup, hingga tujuan sosial. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 17.000 orang dari 78 negara.

Negara Terbaik di Dunia 2021 | Goodstats

Peringkat pertama diduduki oleh Kanada dengan meraih skor sempurna, yakni 100. Negara yang menempati dua perlima dari benua Amerika Utara ini juga meraih skor sempurna dalam kategori kualitas hidup dan tujuan sosial.

Warga Kanada sangat menghormati budaya mereka dan budaya negara lain, bahkan Kanada mengadopsi kebijakan nasional multikulturalisme. Selain itu, Kanada juga memiliki sistem kesehatan, sistem pendidikan publik, dan pasar kerja yang baik.

Posisi kedua ditempati oleh negara di benua Asia, yakni Jepang dengan skor 99,1. Negeri Matahari Terbit ini unggul dalam kategori kewiraswastaan. Keahlian teknologi, tenaga kerja, inovatif, infrastruktur dan infrastruktur digital diraihnya dengan skor sempurna. Tak heran, jika Jepang menjadi produsen kendaraan bermotor, peralatan elektronik, dan baja terbesar di dunia.

Selanjutnya, urutan ketiga ditempati oleh Jerman dengan skor 98. Jerman unggul dalam kestabilan ekonomi, pengembangan kerangka hukum, praktik bisnis yang transparan, hingga pengembangan infrastruktur.

Swiss menyusul Jerman dengan skor 97,3. Negara yang pernah menduduki peringkat pertama pada tahun 2020, kini turun tiga peringkat. Meskipun demikian, Swis meraih skor sempurna dalam keterbukaan untuk bisnis. Swiss memiliki praktik pemerintahan yang transparan serta memiliki skor sempurna dalam atribut tidak melakukan korupsi.

Tak hanya itu, Swiss juga dikenal sebagai negara dengan tingkat kualitas hidup yang baik. Terlebih dalam atribut keamanan, sistem pendidikan, sistem kesehatan publik, stabil secara ekonomi dan politik

Posisi kelima ditempati oleh Australia. Negara dengan Ibu Kota Canberra ini dinilai memiliki agility atau kelincahan yang bagus. Aspek tersebut meliputi adaptasi, dinamis, modern, progresif, serta responsif.  

Selanjutnya, Amerika Serikat. Negara yang sangat terkenal akan kekuatannya ini naik satu peringkat dibandingkan di tahun 2020. Negara ini memang meraih skor sempurna dalam atribut power dan agility, namun masih dinilai kurang dalam atribut keterbukaan terhadap bisnis.

Urutan ketujuh, Selandia Baru. Negara yang terletak di Oseania naik empat peringkat dibandingkan tahun 2020. Selandia Baru unggul dalam kategori tujuan sosial, seperti peduli terhadap hak asasi manusia, hak asasi hewan, lingkungan, ras, gender, hingga berkomitmen pada tujuan iklim.

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indeks Pembangunan Pariwisata 2024: Indonesia Salip Belgia dan Selandia Baru

Kabar membanggakan datang dari sektor pariwisata nasional. Indonesia catat kenaikan 10 peringkat dalam Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2024.

Bagaimana Skor Layanan Bea Cukai Indonesia Dibandingkan Negara ASEAN Lainnya?

Singapura memiliki skor layanan bea cukai terbaik di antara negara ASEAN lainnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X