GoodStats
Pencarian
Masuk

7 Negara dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia

Negara dengan populasi paling sedikit di dunia hanya memiliki tidak lebih dari 700 jiwa penduduk.

7 Negara dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia Ilustrasi│Joseph Chan/Unsplash

Sebagian besar dari kita pasti sudah hafal negara-negara mana saja yang memiliki jumlah penduduk paling banyak di dunia. Ada China, India, dan bahkan Indonesia di daftar negara dengan penduduk paling banyak.

Namun, jika ada negara dengan penduduk paling banyak, maka juga ada negara dengan penduduk paling sedikit. Mana saja negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia?

7 Negara dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia│GoodStats

 

7. Monako

Negara Monako│Victor He/Unsplash

 

Dimulai dari urutan ketujuh yang diisi oleh Negara Monako. Monako adalah sebuah negara kecil yang berada di bagian selatan Negara Perancis. Menurut data dari Monaco Statistic, negara yang hanya seluas 202 hektare ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 39.150 orang pada tahun 2021.

Meski dari angka tersebut terlihat kecil, tapi Monako adalah negara paling padat kedua di dunia setelah negara Macau. Di Indonesia, Negara Monako cukup banyak dikenal karena warna benderanya yang mirip dengan bendera Indonesia.

6. Lichtenstein

Kastil di Liechtenstein│Luca Florio/Unsplash

 

Liechtenstein adalah negara Eropa yang berbatasan dengan Swiss dan Austria. Negara seluas 160 kilometer persegi (km2) memiliki 39.055 penduduk pada tahun 2020, 95 jiwa lebih banyak dibandingkan dengan Monako.

Negara ini menggunakan Bahasa Jerman sebagai bahasa sehari-hari. Lichtenstein juga merupakan salah satu dari sekian negara di dunia yang tidak memiliki militer.

5. San Marino

Pemandangan Negara San Marino│Thomas Haas/Unsplash

 

Di urutan kelima masih diisi oleh negara Eropa, San Marino. San Marino adalah sebuah negara kecil yang berada di dalam Negara Italia. Jumlah penduduk San Marino pada tahun 2022 adalah sebesar 33.700 jiwa. 

San Marino adalah negara terkecil kelima di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Luas wilayah San Marino adalah 61,2 kilometer persegi, wilayah ini hampir dua kali lebih kecil dari Kota Malang di Jawa Timur.

4. Palau

Negara Palau│Rene Paulesich/Unsplash

 

Palau adalah sebuah negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik. Pada tahun 2022, negara ini memiliki jumlah populasi sebanyak 17.976 jiwa. Jumlah ini lebih sedikit daripada jumlah mahasiswa baru Universitas Brawijaya pada tahun 2022 yang jumlahnya lebih dari 18.000 mahasiswa baru.

Letak Negara Palau cukup dekat dengan Negara Indonesia. Palau terletak 200 kilometer di sebelah utara Papua Barat. Negara ini merupakan salah satu negara termuda di dunia, Palau baru merdeka pada tahun 1994, dan umurnya tidak lebih dari 18 tahun.

3. Nauru

Salah satu pantai di Nauru│Winston Chen/Unsplash

 

Sama seperti Palau, Nauru juga merupakan sebuah negara yang berada di Samudera Pasifik, lebih tepatnya berada di sebelah timur Pulau Papua. Nauru hanya memiliki 11.928 penduduk pada tahun 2022. Jumlah ini masih kalah banyak dari jumlah PNS yang ada di Kota Surabaya pada tahun 2018 yang berjumlah 12.253 orang.

Dulunya, Nauru adalah salah satu negara paling makmur yang ada di dunia. Pada tahun 1980-an, Nauru adalah salah satu negara dengan pendapatan per kapita terbesar di dunia. Namun, saat ini nasib Nauru berbalik 180 derajat. Nauru saat ini telah bangkrut dan menjadi salah satu negara yang tergolong miskin. 

2. Tuvalu

Salah satu pantai di Tuvalu│Romaine W /Shutterstock

 

Masih dari kawasan Samudra Pasifik, ada Negara Tuvalu yang berada di urutan kedua negara dengan populasi paling sedikit di dunia. Jumlah penduduk Tuvalu hanya sebesar 10.778 pada tahun 2022. 

Secara geografis, permukaan tanah Negara Tuvalu cukup rendah. Saat ini, sejumlah wilayah permukaan Tuvalu sudah berada di bawah permukaan air laut ketika air laut sedang pasang.

1. Vatikan

Vatikan│Caleb Miller/Unsplash

 

Pada posisi pertama ada Negara Vatikan. Vatikan yang merupakan pusat Agama Katolik di seluruh dunia menyandang status sebagai negara paling kecil dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk.

Menurut situs resmi resmi Negara Vatikan, saat ini populasi dari Negara Vatikan adalah sebanyak 618 penduduk. Dari jumlah itu, hanya 246 penduduk yang hidup di dalam tembok Vatikan. Yang berarti, lebih dari setengah populasi Vatikan tinggal di luar Negara Vatikan.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Melihat Mobil-mobil Polisi yang Tidak Biasa dari Berbagai Negara
Artikel Selanjutnya Tingkat Popularitas dan Kesukaan Anak Muda terhadap Tokoh Politik Indonesia
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook