7 Kota Terbaik di Indonesia Untuk Bekerja, Adakah Kotamu?

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pertimbangan masyarakat memilih lokasi kerja ideal, seperti besaran gaji dan lapangan kerja yang menjanjikan

7 Kota Terbaik di Indonesia Untuk Bekerja, Adakah Kotamu? Jakarta | Najwan Arfa/Pexels

Bekerja merupakan suatu kewajiban bagi seluruh angkatan kerja. Karena setiap wilayah memiliki fasilitas yang berbeda satu dengan yang lain baik dalam hal fasilitas umum, infrastruktur, maupun suasana sosial dan budaya, hampir seluruh masyarakat berlomba untuk dapat bekerja di kota yang mereka inginkan. Hal ini akan membawa harapan akan jenjang karir yang lebih baik yang akan meningkatkan taraf hidup orang tersebut.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak kota maupun pusat aglomerasi yang dapat dijadikan sebagai target impian ketika bekerja. GoodStats mengeluarkan rilis bertajuk Kota Terbaik Pilihan Masyarakat Indonesia. Rilis ini salah satunya berisikan hasil survei mengenai kota di tanah air yang dianggap baik untuk bekerja.

Batam dan Denpasar Masuk 5 Besar

Dalam hasil survei tersebut, terlihat bahwa posisi teratas ada pada wilayah Jabodetabek dengan persen sebesar 82% responden. Wajar saja karena kawasan jabodetabek merupakan kawasan ibu kota Indonesia sekaligus pusat pertumbuhan termaju di tanah air.

Posisi kedua daftar ini adalah Kota Surabaya. Kota yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur ini dipilih oleh 37% responden. Selanjutnya, terdapat Kota Bandung dengan angka 28%.

Biasanya, posisi lima besar Indonesia diasumsikan merupakan kota-kota dari Pulau Jawa. Namun, menariknya terdapat dua kota di luar Pulau Jawa yang masuk 5 besar daftar ini. Kota Batam masuk sebagai posisi keempat dengan angka 27%, sementara Kota Denpasar masuk posisi kelima dengan presentase 21%

Pada peringkat keenam, terdapat Kota Semarang dengan presentase 10%, dilanjut Kota Balikpapan dengan presentase 8%. Sebanyak 4% responden menyebut kota yang lain sebagai kota yang disukai untuk bekerja.

Prioritas Masyarakat RI: Gaji dan Lapangan Kerja

Mencari pekerjaan yang cocok bukan hanya tentang pekerjaan itu sendiri, tetapi juga tentang lokasinya. Hasil survei terbaru dari Goodstats tadi juga mengidentifikasi beberapa aspek utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih lokasi kerja di Indonesia.

Gaji adalah faktor utama bagi banyak orang. Survey menunjukkan bahwa 75% responden menganggap standar gaji yang tinggi sebagai pertimbangan utama. Sebanyak 74% responden menganggap lapangan kerja luas dan menjanjikan sebagai faktor kunci lainnya.

Selanjutnya, Sebanyak 50% responden mempertimbangkan aspek markas banyak perusahaan. Bagi yang berambisi berwirausaha, lokasi dengan banyak peluang usaha adalah krusial. Sekitar 47% responden memandangnya sebagai faktor kunci dalam memilih lokasi kerja.

Fasilitas umum dan transportasi yang memadai dipilih oleh 39% responden. Meskipun lebih rendah dalam peringkat, 21% responden menganggap banyak pusat perbelanjaan sebagai faktor penting dalam kehidupan sehari-hari.

Pada peringkat terakhir, terdapat alasan-alasan seperti terkesan dengan suasana kota sebesar 17%, dilanjut lingkup pergaulan dan jejaring luas sebesar 15%.

Menjadi penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor di atas sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karir pribadi masing-masing. Dengan pertimbangan yang cermat, masyarakat Indonesia dapat memilih lokasi yang mendukung perkembangan karier mereka.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Orang Paling Tajir di Asia Tenggara, 4 Teratas Orang Indonesia!

Forbes merilis nama-nama terkaya di dunia dan beberapa pebisnis Asia Tenggara ada di sana. Siapa saja?

Daftar 5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

5 kota ini memiliki biaya hidup termurah di Indonesia, bahkan ada yang mencapai Rp5,37 juta per bulannya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X