6 Ide Bisnis di Industri Kencan yang Menguntungkan

Simak 6 ide bisnis menjanjikan di industri kencan! Dengan strategi tepat, bisnis di industri ini bisa berkembang pesat dan mendatangkan keuntungan besar.

6 Ide Bisnis di Industri Kencan yang Menguntungkan Ilustrasi Kencan | Pngtree

Dunia asmara selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Tidak hanya seputar pengalaman pribadi, melihat kehidupan kencan orang lain pun turut menularkan kebahagiaan tersendiri. Banyak orang merasa terhibur bahkan terinspirasi oleh cerita kencan, karena itu musik dan film romantis menjadi genre yang laris di pasaran.

Tidak melulu dalam dunia hiburan, konteks romansa juga dapat membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan berkembangnya teknologi, bisnis dalam industri kencan pun semakin beragam dan inovatif. Mulai dari aplikasi kencan online, kegiatan speed dating, hingga layanan konsultasi kencan profesional kini mulai menjamur di pasaran.

Online Hingga Offline, Layanan Matchmaking Kini Kian Dicari

Kini kehidupan cinta bisa membawa keuntungan, menawarkan peluang bagi pengusaha untuk menciptakan layanan baru guna membantu orang menemukan asmara dan kebahagiaan. Berikut beberapa ide bisnis di industri kencan yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin memulai usaha sendiri.

1. Bisnis Aplikasi Kencan (Dating Apps) Berbayar

Ilustrasi Dating Apps | Shutterstock
Ilustrasi Dating Apps | Shutterstock

Dalam industri kencan, dating apps berbayar merupakan salah satu peluang bisnis yang sudah menjamur dan banyak diminati pengguna. Sesuai dengan namanya, model bisnis ini mengandalkan fitur berbayar dalam aplikasi untuk menghasilkan pendapatan.

Popularitas aplikasi kencan didorong oleh kebutuhan masyarakat modern akan cara yang efisien dan efektif untuk menemukan pasangan. Seiring dengan meningkatnya popularitas, pendapatan dating apps baik dari iklan atau fitur berbayar pun turut meningkat. 

Pendapatan Dating Apps Mencapai Lebih dari 5 Miliar Dolar Amerika pada tahun 2023. | GoodStats
Pendapatan dating apps mencapai lebih dari US$5 miliar pada tahun 2023 | GoodStats

Grafik di atas menunjukkan pendapatan aplikasi kencan global yang setiap tahunnya selalu meningkat. Pendapatan yang masif dibarengi dengan perubahan pola kencan di era digital membuat jenis bisnis ini tampaknya akan terus bertumbuh dan menarik lebih banyak investasi di masa mendatang.

Dengan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan, membuka bisnis aplikasi kencan berbayar masih menjadi pilihan yang menggiurkan. Namun, dengan banyaknya aplikasi kencan di pasaran saat ini, penting bagi pelaku usaha untuk menghadirkan fitur-fitur yang lebih inovatif dan kreatif.

2. Penyelenggara Kencan Buta Online (Virtual Blind Date)

Ilustrasi Virtual Blind Date | Shutterstock
Ilustrasi Virtual Blind Date | Shutterstock

Ide bisnis di industri kencan berikutnya adalah penyelenggara kencan buta secara daring. Bisnis sejenis ini diperkirakan pertama kali hadir saat pandemi. Pada awal kemunculannya, bisnis ini merupakan ide danus atau dana usaha bagi beberapa universitas di Indonesia untuk mencomblangkan sesama teman antar kampus. Konsep ini kemudian berkembang meluas hingga ke masyarakat umum.

Menggunakan konsep kencan buta, bisnis ini menawarkan cara unik untuk membantu orang menemukan pasangan tanpa tekanan dari ekspektasi visual yang biasanya mendominasi aplikasi kencan tradisional.

3. Penyelenggara Acara Kencan Cepat dan Kencan Buta (Offline)

Ilustrasi Speed Date Event | Shutterstock
Ilustrasi Speed Date Event | Shutterstock

Event organizer merupakan bisnis yang sudah umum, namun jadi semakin unik jika difokuskan dalam industri kencan. Acara blind date hingga speed date yang dilakukan secara langsung mulai banyak bermunculan setelah masa pandemi usai. Event sejenis ini sudah ada di Jakarta, Yogyakarta, Palembang, Lampung, dan banyak kota lainnya.

Tidak hanya kencan belaka, beberapa acara juga yang menawarkan layanan tambahan berupa matchmaking oleh konsultan kencan guna mencocokkan pasangan berdasarkan preferensi dan kompatibilitas yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Biro Jodoh Profesional (Professional Marriage Arranger)

Ilustrasi Professional Marriage Arranger | Shutterstock
Ilustrasi Professional Marriage Arranger | Shutterstock

Jenis bisnis satu ini mungkin terdengar asing di Indonesia. Meski telah umum di negara-negara maju, bisnis perjodohan masih jarang ditemukan di tanah air sehingga berpotensi menjadi lahan bisnis baru. Jasa biro jodoh membantu individu menemukan pasangan hidup yang cocok melalui berbagai metode khusus seperti konsultasi pribadi hingga analisis kecocokan.

Bisnis ini membutuhkan skill dan pemahaman mendalam tentang klien serta jaringan luas untuk mencocokkan individu yang mungkin tidak akan bertemu secara alami.

5. Jasa Pacar Bayaran

Ilustrasi Pacar Bayaran | VistaCreate
Ilustrasi Pacar Bayaran | VistaCreate

Berbeda dengan jenis bisnis sebelumnya yang menjodohkan klien, ide bisnis kelima ini bergerak di layanan penyedia agen. Pengguna membayar tarif tertentu untuk jasa dan waktu yang diberikan oleh penyedia jasa. Jasa yang ditawarkan beragam, dari mulai sleep call untuk mengatasi kesepian hingga menemani kondangan guna mengatasi persoalan sosial.

Sayangnya, bisnis ini masih sulit diterima masyarakat luas karena dipandang negatif atau tabu. Dengan demikian, penting untuk mempertimbangkan stigma ini dengan menyediakan layanan yang profesional dan etis.

6. Dating Show Content Creator

Ilustrasi Dating Show Content | IMDb dan YouTube
Ilustrasi Dating Show Content | IMDb dan YouTube

Selain bisnis dalam bidang jasa dan layanan, bisnis kreatif di industri kencan juga memiliki potensi yang tak kalah besar. Menjadi kreator konten kencan merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Saat ini, acara-acara reality dating di Korea Selatan sedang naik daun. Memanfaatkan hype tersebut, membuat konten dengan tema serupa dapat membawa keuntungan. Namun, perlu dicatat bahwa konten yang dibuat harus mengandung unsur keunikan sendiri, sehingga bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dari acara-acara yang sudah ada.

Itulah enam ide bisnis di industri kencan yang menguntungkan. Setiap ide menawarkan potensi keuntungannya masing-masing terhadap kebutuhan konsumen yang beragam. Dengan inovasi yang tepat dan strategi pemasaran yang efektif, bisnis di industri ini memiliki potensi meraup laba yang besar.

Baca Juga: Pengguna Aplikasi Kencan Online Harus Hati-Hati dengan Profil Palsu

Penulis: Afra Hanifah Prasastisiwi
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia “Bersinar” di Laju Pertumbuhan Startup: Peringkat Satu Se-Asia Tenggara

Jumlah startups di Indonesia terbanyak nomor satu di ASEAN, apa poin penting yang perlu disorot dalam kontestasi ini? Temukan jawabannya pada artikel ini!

Mengapa Orang Indonesia Memilih Transportasi Online?

Melansir survei GoodStats 2023, alasan utama orang Indonesia memilih transportasi online dibandingkan transportasi lain ada pada faktor kemudahan untuk memesan

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook