GoodStats
Pencarian
Masuk

5 Sinetron dengan Rating Tertinggi di Indonesia Semester I 2022

Sinetron menjadi salah satu tayangan yang banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia. Sinetron mana sajakah yang miliki rating tertinggi pada semester I 2022?.

5 Sinetron dengan Rating Tertinggi di Indonesia Semester I 2022 Ilustrasi menonton televisi | Tomas Urbelionis/Shutterstock

Sinetron menjadi salah satus jenis tayangan yang banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tidak sedikit stasiun televisi di Indonesia berlomba-lomba untuk menayangkan berbagai sinetron guna meningkatkan rating televisi.

Berbagai alasan mendorong sinetron menjadi salah satu jenis tayangan yang begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Beberapa di antaranya ialah waktu penayangan sinetron yang umumnya ditayangkan saat sore hingga malam hari bertepatan dengan waktu istirahat setelah beraktivitas seharian sehingga masyarakat mencari hiburan dengan menonton sinetron.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya yang mendorong popularitas sinetron di antaranya cerita yang diangkat sinetron dekat dengan realita, masyarakat Indonesia menyukai cerita drama, penayangan cerita bersambung yang menggugah rasa penasaran, serta merupakan salah satu sarana hiburan.

Melansir laporan dari Media Nusantara Citra (MNC), sebanyak 4 sinetron yang tayang di saluran televisi RCTI memiliki rating tertinggi di Indonesia berdasarkan data dari Nielsen. MNC masih memimpin pangsa pemirsa di Indonesia dengan raihan 44,3 pada slot prime-time serta 40,8 persen pada slot all-time per Juni 2022.

Berikut merupakan daftar 5 sinetron dengan rating tertinggi di Indonesia pada semester I tahun 2022.

5 sinetron Indonesia dengan rating tertinggi pada semester I tahun 2022 | GoodStats

1. Ikatan Cinta

Ikatan Cinta (TV Series 2020– ) - IMDb
Poster Ikatan Cinta | imdb.com

Ikatan Cinta berhasil menempati peringkat pertama sinetron dengan rating tertinggi di televisi Indonesia pada periode semester I tahun 2022. Per Juni 2022, tercatat sinetron Ikatan Cinta meraih rating sebesar 7,5 poin.

Ikatan Cinta merupakan sinetron produksi MNC Pictures yang tayang perdana pada 19 Oktober 2020 lalu pukul 19.30 WIB di saluran televisi RCTI. Disutradarai oleh Doddy Djanas, adapun pemeran sinetron Ikatan Cinta antara lain ialah Amanda Manopo, Arya Saloka, Evan Sanders, Glenca Chysara, serta masih banyak lagi.

2. Aku Bukan Wanita Pilihan

Aku Bukan Wanita Pilihan (TV Series 2022– ) - IMDb
Poster Aku Bukan Wanita PIlihan | imdb.com

Sementara itu posisi ke-2 diraih oleh sinetron berjudul Aku Bukan Wanita Pilihan dengan raihan rating sebesar 4,1 poin per Juni 2022.

Sinetron Aku Bukan Wanita Pilihan berada satu naungan di bawah produksi MNC Pictures. Penayangan perdana sinetron Aku Bukan Wanita Pilihan ialah pada 17 Februari 2022 pukul 19.30 WIB di RCTI.

Sinetron ini juga disutradarai oleh Doddy Djanas yang merupakan sutradara sinetron Ikatan Cinta. Aku Bukan Wanita Pilihan dibintangi oleh Naysilla Mirdad, Samuel Zylgwyn, hingga Donny Michael. Sayangnya, sinetron ini ditamatkan pada 24 September 2022 di episode ke-186.

3. Layangan Putus

Layangan Putus (TV Series 2021– ) - IMDb
Poster Layangan Putus | imdb.com

Masih dari daftar sinetron tayang di RCTI, Layangan Putus menduduki posisi ke-3 dengan total rating yang sama dengan sinetron Aku Bukan Wanita Pilihan yakni sebesar 4,1 poin pada semester I tahun 2022.

Layangan Putus awalnya merupakan serial web besutan MD Entertainment yang disutradarai oleh Benni Setiawan. Serial Layangan Putus berasal dari kisah viral curhatan di media sosial yang kemudian di angkat ke dalam novel.

Adapun pemeran serial Layangan Putus di antaranya Reza Rahadian, Putri Marino, Anya Geraldine, Frederika Alexis Cull, serta Graciella Abigail. Semula Layangan Putus tayang di platform WeTV dan iFlix yang tayang perdana pada 26 November 2021. Serial ini kemudian turut ditayangkan di RCTI pada 9 Februari 2022 lalu dengan total 10 episode.

4. Amanah Wali 5

Amanah Wali 5 - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Poster Amanah Wali 5 | id.wikipedia.org

Adapun sinetron Amanah Wali 5 mengamankan posisi ke-4 dengan raihan rating sebesar 3,8 poin. Amanah Wali 5 menjadi sinetron ke-4 dari RCTI yang berhasil masuk ke dalam daftar rating tertinggi per semester I tahun 2022.

Amanah Wali 5 tayang perdana di RCTI pada 13 April 2021 pukul 02.30 WIB. Adapun sinetron Amanah Wali 5 merupakan sekuel dari Amanah Wali 4 yang disutradarai oleh Kiky Zkr, Bobby Herlambang, Indrawan, dan Yogi Yose.

Beberapa pemeran dalam sinetron Amanah Wali 5 di antaranya ialah Apoy, Faank, Tomy, Ovie, Zaky Zimah, Rano Karno, dan masih banyak lagi.

5. Cinta Setelah Cinta

Cinta Setelah Cinta
Poster Cinta Setelah Cinta | sctv.co.id

Terakhir, posisi ke-5 diraih oleh sinetron yang tayang di saluran televisi SCTV yakni Cinta Setelah Cinta. Sinetron Cinta Setelah Cinta berhasil memperoleh skor rating sebesar 3,8 poin pada semester I tahun 2022 berdasarkan data dari Nielsen.

Sinetron Cinta Setelah Cinta diproduksi oleh SinemArt yang tayang perdana pada 16 Mei 2022 pukul 19.00 WIB di SCTV. Di bawah naungan sutradara Umam A.P., sinetron Cinta Setelah Cinta dibintangi oleh Ririn Dwi Ariyanti, Eza Gionino, Indah Indriana, dan masih banyak lagi.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Merek Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia Tahun 2022
Artikel Selanjutnya Persentase Laki-Laki yang Disunat di Asia Tenggara, Indonesia Tertinggi
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook