Daftar 5 Perusahaan yang Memiliki Nilai Pasar Terbesar di Dunia, Microsoft Teratas

Microsoft menjadi perusahaan dengan nilai pasar terbesar di dunia awal tahun 2024 dengan capaian US$3,087 triliun.

Daftar 5 Perusahaan yang Memiliki Nilai Pasar Terbesar di Dunia, Microsoft Teratas Potret Perusahaan Microsoft | Martin Bureau/AFP/Getty Images

Perusahaan merupakan tempat untuk menciptakan suatu nilai yang di butuhkan oleh masyarakat. Nilai tersebut dapat berupa barang atau jasa, sehingga nilai tersebut dapat dijual agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang membutuhkan barang atau jasa tersebut.

Di Indonesia, kita dapat melihat banyak perusahaan yang menjual barang mereka dalam beragam bidang. Contohnya, Pertamina yang menjual bahan bakar untuk kebutuhan alat transportasi, lalu ada Telkom yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi.

Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki nilai pasar yang fantastis di Indonesia karena banyak orang yang membutuhkannya. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa semakin banyak orang yang membutuhkan barang atau jasa dari perusahaan tersebut, semakin besar juga nilai pasar perusahaan tersebut.

Membicarakan perusahaan dengan nilai pasar terbesar di Indoensia, ternyata ada 5 perusahaan dengan nilai pasar terbesar di dunia, bahkan ada yang menyentuh angka US$3.087 triliun atau Rp48.540 triliun (kurs: Rp15.709 per US$1). Selengkapnya, ini dia daftar 5 perusahaan dengan nilai pasar terbesar di dunia pada awal tahun 2024.

1. Microsoft

Posisi pertama perusahaan dengan nilai pasar terbesar di dunia ditempati oleh Microsoft dengan nilai pasar mencapai US$3.087 triliun atau setara dengan Rp48.540 triliun. Capaian tersebut membuat perusahaan ini menggeser Apple yang pernah menduduki posisi pertama sebagai perusahaan dengan nilai pasar terbesar di dunia.

Microsoft sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi perangkat lunak, yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975 silam.

Sudah puluhan tahun beroperasi, perusahaan ini dikenal sebagai pemimpin dalam bidang industri perangkat lunak dengan berbagai produk unggulannya, seperti sistem operasi Windows, paket perangkat lunak Office, hingga layanan komputasi awan Azure.

2. Apple

Di posisi kedua ada perusahaan merek handphone terbesar yaitu Apple. Perusahaan Apple pernah menjadi perusahaan dengan nilai pasar terbesar di dunia sebelum disalip oleh Microsoft. Diketahui, Apple memiliki nilai pasar US$2.774 triliun atau setara dengan Rp43.576 triliun.

Apple merupakan perusahaan tekonlogi global yang berpusat di Cupertino, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh Stave Jobs, Stave Wozniak, dan Ronald Wayne pada tahun 1976.

Apple dikenal dengan inovasinya yang maju dalam desain perangkat lunak dan perangkat keras. Produk-produk Apple diklaim memiliki kualitas yang bagus, sehingga produknya banyak diminati oleh masyarakat dunia.

Adapun, produk unggulan Apple meliputi iPhone, iPad, Macbook, dan Apple Watch. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki layanan seperti Apple Music, iCloud, dan App Store.

3. NVIDIA

Di posisi ketiga ada perusahaan NVIDIA dengan nilai pasar mencapai US$2.056 triliun atau setara dengan Rp32.297 triliun. Angka ini membuat perusahaan NVIDIA berhasil menggeser perusahaan-perusahaan besar lainnya seperti Saudi Aramco dan Amazon.

NVIDIA merupakan perusahaan teknologi yang didirikan oleh Jensen Huang, Chris Malachowsky, dan Curtis Prime pada tahun 1993. Perusahaan ini bergerak di bidang pengembangan dan produksi kartu grafis serta prosesor grafis (GPU).

GPU buatan NVIDIA banyak digunakan oleh masyarakat dunia, mulai dari GPU GeForce untuk gaming, GPU Quadro untuk desain dan pemodelan profesional, hingga GPU Tesla untuk keperluan komputasi intensif.

4. Saudi Aramco

Di posisi keempat ada perusahaan dari negara Arab Saudi dengan nilai pasar mencapai US$ 2.036 triliun atau setara dengan Rp31.983 triliun. Perusahaan Saudi Aramco merupakan perusahaan minyak nasional negara tersebut.

Saudi Aramco adalah perusahaan minyak dan gas yang berpusat di Dhahran, Arab Saudi. Didirikan pada tahun 1933, perusahaan ini menjadi produsen minyak terbesar di dunia dan memiliki cadangan minyak yang super besar.

Adapun sebagai perusahaan minyak bumi, perusahaan ini memiliki peran sentral dalam pertumbuhan ekonomi Arab Saudi dan berperan penting dalam pasar energi global.

5. Amazon

Posisi kelima perusahaan dengan nilai terbesar ditempati oleh Amazon dengan nilai pasar mencapai US$1.851 triliun atau setara dengan Rp29.077 triliun.

Amazon merupakan perusahaan e-commerce dan layanan yang berpusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994, Amazon merupakan perusahaan e-commerce terbesar di dunia yang menyedikan berbagai produk dan layanan.

Tak hanya itu, Amazon juga terlibat dalam produksi konten hiburan, logistik, dan pengembangan teknologi seperti perangkat pintar dan kecerdasan buatan.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Negara Termiskin di Asia, Apakah Indonesia Termasuk?

Perbedaan pendapatan nasional bruto per kapita negara-negara di Asia sangat mencolok, menunjukkan betapa bervariasinya tingkat kemakmuran di benua Asia.

Pekerjaan Bagi Kaum Disabilitas Masih Menjadi Tantangan di Dunia

Data OECD menunjukkan kesenjangan antara masyarakat disabilitas dan non-disabilitas dalam hal pekerjaan tetap signifikan. Apa yang bisa dilakukan pemerintah?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook