Daftar 5 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Selain Indonesia, ternyata negara-negara ini memiliki jumlah umat muslim terbanyak di dunia.

Daftar 5 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa? Potret umat Muslim ketika salat Tarawih | Wahdah Islamiyah

Manusia merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang memiliki keyakinan dan ditugaskan untuk beribadah kepada Tuhan-nya menurut kepercayaan agamanya masing-masing. Jika membicarakan agama, Islam merupakan agama dengan jumlah pengikut terbesar di dunia setelah agama Kristen.

Dalam agama Islam sendiri ada satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim setahun sekali, yaitu puasa di bulan Ramadan. Puasa tahun ini jatuh pada 11 Maret untuk Muhammadiyah dan 12 Maret untuk Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia. Meskipun berbeda sehari tetapi pengerjaan dalam berpuasa tersebut sama yaitu selama satu bulan.

Menurut data World Population Review, Indonesia merupakan negara dengan umat muslim terbanyak kedua di dunia setelah Pakistan. Total pengikut umat muslim di Indonesia sekitar 236 juta jiwa. Sementara, Pakistan sebagai pemeluk agama Islam terbanyak yaitu sekitar 240,8 juta jiwa.

Jika membicarakan negara-negara dengan jumlah pemeluk agama Islam, ternyata ada lima negara yang memiliki pengikut agama Islam terbanyak di dunia.

Daftar negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia | Goodstats

1. Pakistan

Pakistan merupakan negara yang terletak di Asia Selatan, berbatasan dengan India sebelah timur. Negara Pakistan didirikan pada tahun 1947 setelah pemisahan dari India dan ibu kota dari negara ini yaitu Islamabad, sementara kota terbesarnya adalah Karachi.

Negara Pakistan menempati posisi pertama dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia yang mencapai 240,8 juta jiwa atau hampir seluruh penduduk Pakistan memeluk agama Islam.

2. Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Dengan jumlah 17.000 pulau, membuat negara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, dan etnis. Negara Indonesia memiliki sejarah yang panjang mulai dari kerajaan-kerajaan hingga penjajahan kolonial.

Indonesia didirikan pada tahun 1945 dengan ibu kotanya adalah Jakarta. Saat ini indonesia memiliki jumlah umat muslim terbanyak kedua setelah Pakistan dengan jumlah mencapai 236 juta jiwa.

3. India

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan. Dengan jumlah penduduk mencapai 1,3 miliar, membuat negara ini menjadi negara dengan jumlah populasi terbesar kedua di dunia.

India memiliki sejarah yang kaya mulai dari peradaban kuno seperti lembah sungai Indus hingga keberagaman budaya dan agama. Jika membicarakan agama Islam, ternyata India memiliki jumlah pengikut muslim ketiga terbanyak di dunia yaitu mencapai 200 juta jiwa.

4. Bangladesh

Bangladesh merupakan negara yang terletak di Asia Selatan, berbatasan dengan India dan Myanmar. Pada tahun 1971 Bangladesh memutuskan untuk pisah dari Pakistan dan melahirkan kemerdekaan untuk negara Bangladesh.

Memiliki sekitar 160 juta penduduk, membuat Bangladesh menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk paling padat di dunia.

Dibalik padatnya penduduk negara ini, ternyata Bangladesh memiliki penduduk yang memeluk agama Islam mencapai 150,8 juta jiwa dan menjadikan negara ini menduduki posisi keempat sebagai negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia.

5. Nigeria

Nigeria merupakan negara yang terletak di Afrika Barat, berbatasan dengan Benin, Chad, dan Kamerun. Ibu kota negara ini yaitu Abuja, sementara Lagos merupakan kota terbesar dan pusat ekonomi.

Negara ini memiliki beragama etnis, suku dan agama. Dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 200 juta jiwa membuat Nigeria menjadi negara paling padat penduduk di Afrika.

Nigeria sendiri merupakan negara dengan jumlah pengikut umat muslim kelima terbanyak di dunia yaitu mencapai 97 juta jiwa.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Editor

Konten Terkait

Denmark, Negara dengan Indeks Kinerja Perubahan Iklim Tertinggi di Dunia

Denmark dinobatkan menjadi negara dengan indeks kinerja perubahan iklim tertinggi dengan skor 75,59 pada tahun 2023.

5 Kereta Tercepat di Asia Tenggara, Whoosh Peringkat Pertama?

Whoosh kereta cepat milik Indonesia menempati posisi pertama sebagai kereta tercepat di Asia Tenggara dengan jarak tempuh mencapai 350km/jam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X