5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di indonesia

Indonesia memiliki 98 kota yang tersebar di seluruh wilayah. Setiap kota memiliki biaya hidup yang berbeda tergantung dengan fasilitas, populasi, pekerjaan.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di indonesia DKI Jakarta menjadi kota dengan biaya termahal di Indonesia | Dokument by wikipedia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS) tahun 2023 terdapat 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia.

Tentunya setiap kota di Indonesia memiliki biaya hidup yang berbeda-beda. Hal tersebut di pengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari infrastukur, fasilitas, lokasi geografis, tarif pajak dan masih banyak lagi.

Menurut hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2022, DKI Jakarta menjadi kota dengan biaya hidup tertinggi. SBH 2022 mengukur biaya tersebut berdasarkan nilai konsumsi rata-rata rumah tangga per bulan.

Hasil survei tersebut menghasilkan sejumlah kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal bahkan ada yang mencapai hingga Rp14.884.110 per bulannya. Ini dia 5 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia.

1. DKI Jakarta 

DKI Jakarta merupakan ibu kota Indonesia dan pusat kegiatan politik, ekonomi, budaya, dan sosial negara. Jakarta memiliki populasi yang padat dengan kegiatan bisnis yang terkenal sibuk dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia.

Menjadi pusat perekonomian di Indonesia, membuat Jakarta menempati posisi pertama sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mencapai Rp14.884.110 per bulannya.

2. Kota Bekasi

Kota Bekasi merupakan kota yang terletak di sebelah timur Jakarta. Kota ini memiliki peran penting dalam industri dan perdagangan di wilayah Jabodetabek.

Perkembangan infrastruktur di kota ini sangat pesat dengan adanya skyline baru mulai dari gedung-gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan modern, serta rekreasi dan hiburan.

Kota Bekasi menempati poisis kedua sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mencapai Rp14.335.418 per bulannya.

3. Kota Surabaya

Kota selanjutnya ada dari Jawa Timur yaitu Kota Surabaya yang sering disebut sebagai "Kota Pahlawan". Surabaya sendiri merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan menjadi salah satu pusat ekonomi utama di Pulau Jawa.

Sebagai pusat perdagangan dan industri, Surabaya menawarkan kesempatan dalam bisnis dan investasi karena salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia yaitu Plabuhan Tanjung Perak menjadi pintu gerbang perdagangan internasional.

Kota Surabaya menempati posisi ketiga sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mencapai Rp13.357.752 per bulannya.

4. Kota Depok

Depok memiliki populasi yang besar dan terus berkembang. Kepadatan penduduk yang tinggi dapat meningkatkan permintaan berbagai barang dan jasa. Semakin permintaan banyak tetapi barang dan jasa terbatas maka harga akan mahal.

Hal tersebut merupakan salah satu faktor Kota Depok memiliki biaya hidup cukup mahal.

Kota Depok menempati posisi keempat sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mencapai Rp12.353.767 per bulannya.

5. Kota Makassar

Kota dengan biaya termahal di Indonesia selanjutnya ada dari Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kota Makassar. Makassar merupakan pusat ekonomi dan bisnis yang penting di wilayah Timur Indonesia. 

Kota Makassar juga memiliki populasi yang padat sehingga berdampak pada persaingan untuk tempat  tinggal, fasilitas umum, pekerjaan. Hal tersebut berujung pada banyaknya jumlah permintaan dan terbatasnya jumlah barang atau jasa yang dibutuhkan sehingga harga menjadi mahal.

Kota Makassar menempati posisi kelima sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mencapai Rp11.504.942 per bulannya.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Negara Tercuan di Kripto Tahun 2023, Indonesia Masuk?

Indonesia masuk ke dalam 5 negara tercuan dalam kripto di dunia mengalahkan negara-negara eropa lainnya.

6 Restoran Cepat Saji Favorit Saat Berbuka Puasa 2024, Tahun Ini Banyak Perubahan

Hokben nomor satu tahun ini. Jawara sebelumnya yaitu McDonald's terjun ke nomor empat, turun 17,19% dibanding 2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X