5 Bencana Alam Terbesar di Dunia

Dalam sejarah, pernah tercatat bencana-bencana alam terbesar di dunia. Berikut 5 bencana alam terbesar yang pernah terjadi di dunia

5 Bencana Alam Terbesar di Dunia Ilustrasi Bencana Alam. Sumber: Freepik

Dalam sejarah, pernah terjadi beberapa bencana alam besar yang menelan banyak korban jiwa. Bencana alam besar yang terjadi juga menimbulkan dampak berupa kerusakan di beberapa wilayah. Seperti yang kita ketahui, bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau pun serangkaian peristiwa yang dissebabkan oleh alam. Contoh yang dapat kita temui adalah terjadinya gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Dikutip dari Live Science dan Britannica, berikut adalah daftar lima bencana alam besar yang pernah terjadi di dunia.

Jumlah Korban Jiwa 5 Bencana Terbesar di Dunia
  1. Banjir Bandang Sungai Yangtze (1931)

Banjir besar yang terjadi di sepanjang Sungai Yangtze ini terjadi pada tahun 1931. Banjir tersebut terjadi idkarenakan daerah aliran sungai ini sedang mengalami curah hujan di atas rata-rata. Sungai pun meluap dan membanjiri area seluas 1.294 km2. Saat air Sungai Yangtze meluap, dampak yang ditimbulkan sangat besar. Ladang padi di area tersebut terendam air dan hasil panennya rusak. Banyak masyarakat meninggal dunia karena kelaparan. Selain itu, dampak lainnya adalah banjir ini membawa banyak penyakit seperti tifus dan disentri. Korban jiwa yang tewas diperkirakan sebanyak 3,7 juta orang.

  1. Gempa Bumi Haiti (2010)

Gempa bumi berskala 7 magnitudo dan diikuti oleh dua gempa susulan yang tak kalah besar yaitu 5,9 dan 5,5 magnitudo di Haiti ini terjadi pada 12 Januari 2010. Dampak dari gempa bumi ini sangat besar dan banyak terjadi kerusakan, termasuk Istana Presiden Haiti, Gedung Parelemen Haiti, hingga rumah sakit. Gempa bumi ini menelan sekitar 300.000 korban jiwa dan berselang beberapa minggu setelah gempa terjadi wabah Kolera, sehingga jumlah korban tewas meningkat.

  1. Topan Nina Henan (1975)

Pada tahun 1975, Topan Nina melanda wilayah Provinsi Henan, Cina. Akibat adanya bencana ini, bendungan di provinsi tersebut runtuh dan menyebabkan banjir. Banjir tersebut menelan hingga 150.000 korban jiwa. Hal ini berbuntut pada pencemaran air dan kelaparan yang membuat korban niwa semakin meningkat, yaitu sekitar 145.000 jiwa.

  1. Gempa Bumi Tokyo-Yokohama (1923)

Gempa bumi yang terjadi di Tokyo dan Yokohama ini bermagnitudo 7,9. Gempa ini terjadi pada 1 September 1923. Gempa ini menimbulkan tsunami yang besar dengan mencapai ketinggian sebesar 12 meter di Atami. Korban tewas yang diakibatkan oleh gempa bumi ini berkisar lebih dari 140.000 jiwa.

  1. Gempa Bumi Kashmir (2005)

Gempa bumi yang melanda wilayah Asia Selatan ini bermagnitudo 7,6. Gempa yang terjadi pada tahun 2005 ini menghancurkan hampir 90% bangunan yang ada di Balakot, Kashmir. Akibat dari gempa ini adalah kematian sebanyak 75.000 jiwa dan 2,5 juta penduduk kehilangan tempat tinggalnya.

 

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Negara dengan Bencana Alam Terbanyak 2023, Ada Indonesia

Indonesia duduk di urutan kelima negara dengan bencana alam terbanyak di dunia versi CRED.

Makin Panas, Bagaimana Hubungan Iran-Israel Sebelum Konflik Pecah?

Iran-Israel kerap digambarkan sebagai musuh bebuyutan, padahal hubungan keduanya sempat harmonis sebelum Revolusi Iran.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X