GoodStats
Pencarian
Masuk

10 Presiden Terkaya di Dunia 2022

Melansir dari berbagai sumber, GoodStats telah merangkum 10 presiden terkaya di dunia pada tahun 2022. Siapa saja mereka?.

10 Presiden Terkaya di Dunia 2022 Ilustrasi presiden di podium I ROMSVETNIK/Shutterstoock

Beberapa pemimpin dunia memang memiliki harta kekayaan yang fantastis. Bukan hanya dikuasai oleh para sultan maupun raja di kawasan Timur Tengah, sebagian dari mereka juga berasal dari negara yang umurnya tidak kurang dari 50 tahun.

Kekayaan yang mereka miliki bahkan digadang-dagang mampu membuat negaranya makmur. Tidak hanya berasal dari gaji kenegaraan saja, melainkan beberapa dari mereka juga mendapatkan sumber pemasukan dari berbagai bisnis.

Melansir dari berbagai sumber, GoodStats telah merangkum 10 presiden terkaya di dunia pada tahun 2022. Siapa saja mereka?

10 Presiden terkaya di dunia 2022 I GoodStats

1. Vladimir Putin

Vladimir Putin I Luca Perra/Shutterstock

Pemimpin negara Rusia, Vladimir Putin menjadi politisi paling kaya di dunia pertama dengan jumlah kekayaan bersih mencapai 70 miliar atau sekitar Rp1,025 triliun. Tidak ada yang tahu persis berapa jumlah nominal kekayaan Putin saat ini, karena kekayaan yang ia miliki sangat sulit dilacak.

Konon, kekayaan Putin bisa mengalahkan orang terkaya di dunia sang pendiri perusahaan Tesla, Elon Musk. Jika dilihat dari besaran gaji tahunan menjadi politisi, Putin menerima gaji sebesar 187.000 dolar AS (5,8 juta rubel) sebagai presiden.

2. Raja Maha Vajiralongkorn

Maha Vajiralongkorn I SPhotograph/Shutterstock

Putra tunggal kerajaan mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit ini dikenal mengisi posisi kedua presiden terkaya di dunia. Raja Maha Vajiralongkorn merupakan pemimpin di Thailand saat ini. Dia dikenal dengan reputasinya yang baik dan kerap memicu kontroversi terkait kehidupan pribadinya.

Jumlah kekayaan bersih yang ia miliki ditaksir senilai 30 miliar US dolar atau sekitar Rp493,3 triliun.

3. Salman bin AbdulAziz al-Saud

Salman bin AbdulAziz al-Saud I Prachaya Roekdeethaweesab/Shutterstock

Posisi 3 dengan predikat presiden terkaya di dunia diberikan kepada Salman bin AbdulAziz al-Saud. Raja Arab Saudi ini memimpin pada usianya 80 tahun setelah saudara tirinya wafat.

Diketahui, dia memiliki beberapa bisnis properti apartemen hingga istana di sejumlah negara, seperti di Paris, Spanyol, Tangier, dan Maroko. Total kekayaan yang dia miliki mencapai 20 miliar atau sekitar Rp292,84 triliun.

4. Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Hassanal Bolkiah I imagemaker/Shutterstock

Pemimpin dari Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah menjadi presiden nomor 4 paling kaya di dunia. Beberapa aset mewah fenomenal yang ia miliki saat ini adalah rumah pribadi dengan lahan terbesar di dunia dan diketahui mampu menerbangkan Boeing 747-400 miliknya sendiri.

Tidak hanya itu, Sultan Hassanal Bolkiah juga gemar mengoleksi 7.000 mobil mewah untuk penggunaan pribadinya. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp292,84 triliun.

5. Khalifa bin Zayed al-Nahyan

Khalifa bin Zayed al-Nahyan I Ali A Suliman/Shutterstock

Di peringkat lima besar presiden terkaya di dunia, berasal dari Uni Emirat Arab (UEA) bernama Khalifa bin Zayed al-Nahyan yang telah wafat di usia 74 tahun pada 13 Mei 2022 lalu.Diperkirakan jumlah kekayaan bersih miliknya mencapai 18 miliar dolar AS atau setara dengan Rp263,5 triliun.

Meski terkenal kaya raya, ia dikenal memiliki pribadi dengan gaya hidup sederhana. Mengutip Wikileaks, presiden Khalifa ini memiliki sumbangan sebesar 460 juta dolar AS. Semasa hidup, dia mengendalikan 97,8 miliar barrel cadangan minyak di UEA. Selain itu, dia juga mengelola harta keluarga yang ditaksir mencapai 627 dolar AS.

6. Mohammed bin Rashid al-Maktoum

Mohammed bin Rashid al-Maktoum I Drop of Light/Shutterstock

Pemimpin Dubai satu ini dikenal sangat berperan dalam perubahan total tata wilayah di Dubai. Di bawah kepemimpinannya, Dubai dapat bertransformasi menjadi kota kelas dunia. Mohammed bin Rashid al-Maktoum memiliki kekayaan bersih mencapai 14 miliar dolar AS atau sekitar Rp205 triliun.

7. Hans-Adams II

Hans-Adams II/liechtensteinusa.org

Hans-Adams II menjadi presiden terkaya nomor 7 di dunia dengan jumlah kekayaan bersih mencapai 3,5 dolar AS atau setara dengan Rp51,25 triliun. Hans-Adams merupakan pemimpin di kawasan kecil Eropa, Liechtenstein. Sumber kekayaan yang ia miliki tidak hanya berasal dari tugas politiknya saja, melainkan juga datang dari kepemilikan sejumlah lahan, investasi ekstensif, bank swasta, hingga sejumlah barang seni bernilai tinggi.

Berdasarkan silsilah keluarga, Hans-Adams II merupakan keturunan dari Franz Joseph II (Ayah) merupakan Pangeran Liechtenstein sejak 1938 hingga masa kematiannya pada 1989 dan Countess Georgina Von Wilczek (Ibu) seorang putri Liechtenstein dari tahun 1943 hingga 1989.

8. Sebastian Pinera

Sebastian Pinera I photocosmos1/Shutterstock

Presiden dari negara Chili, Sebastian Pinera resmi menjadi pemimpin negara sejak 2014. Disinyalir kekayaan Presiden Sebastian memiliki total kekayaan mencapai 2,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp42,5 triliun.

Selain menjadi politikus, dia adalah seorang pengusaha,manajer keuangan, dan seorang analis pasar.

9. Tamim bin Hamad al-Thani

Tamim bin Hamad al-Thani I Drop of Light/Shutterstock

Di peringkat 9 terdapat pemimpin dari Qatar, Tamim bin Hamad al-Thani dengan total kekayaan bersih mencapai 2,6 miliar dolar AS atau setara dengan Rp38 triliun. Dia telah menjadi pemimpin Qatar sejak 2013 menggantikan posisi ayahnya.

Qatar sempat mengalami guncangan pada tahun pertama Tamim memimpin. Hal ini karena Qatar mengalami konflik dengan negara-negara teluk lainnya. Namun, akhirnya dia telah berhasil memperbaiki hubungan tersebut dan mengembalikan kondisi perekonomian seperti semula.

10. Mohammed VI

Mohammed VI I Frederic Legrand - COMEO/Shutterstock

Presiden terkaya di dunia nomor 10 adalah Mohammed VI yang merupakan raja Maroko sejak 23 Juni 1999 lalu, menggantikan sang ayah Raja Hassan yang meninggal dunia. Mohammed VI merupakan anak kedua dari istri kedua Raja Hassan. Dia diangkat menjadi putra mahkota sekaligus pewaris takhta Maroko tepat pada hari kelahirannya.

Dia dikenal sebagai salah satu pengusaha terkemuka di Maroko dan tidak pernah memiliki tuduhan korupsi di masa kepemimpinannya. Ditaksir jumlah kekayaan bersih yang ia miliki mencapai 2,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp30,75 triliun.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 5 Gereja dengan Kapasitas Jemaat Terbanyak di Indonesia
Artikel Selanjutnya Menakar Peluang Terpilihnya Calon Presiden RI 2024, Siapa Paling Unggul?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook