10 Penyaji Makanan Sehat Pilihan Masyarakat Indonesia 2022

Tren mengonsumsi makanan sehat seperti plant based kian digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama sejak beberapa tahun ke belakang akibat pandemi.

10 Penyaji Makanan Sehat Pilihan Masyarakat Indonesia 2022 Ilustrasi makanan sehat | nadianb/Shutterstock

Semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia, banyak masyarakat yang fokus untuk menerapkan pola makan sehat demi menjaga imunitas tubuh menghadapi ancaman virus Covid-19. Tren diet untuk menjaga kekebalan tubuh pun diprediksi masih menjadi fokus pada tahun 2022 ini.

Bahkan, variasi makanan sehat akan semakin banyak muncul pada tahun ini. "Sebenarnya dengan berjalannya waktu, banyak yang mulai menerapkan diet yang dianggap lebih sehat dari kebiasaan makan sebelumnya, yaitu diet plant based, baik bahan makanan yang menjadi dasar makanan yang dikonsumsi, juga bahan olahannya dan sudah mulai banyak yang menerapkan," tutur Fitri Hudayani, ahli gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengutip dari Tempo.co.

Survei Populix melaporkan sejumlah restoran atau layanan penyaji makanan sehat yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Mana sajakah yang masuk dalam daftar?

10 penyaji makanan sehat pilihan masyarakat Indonesia tahun 2022 | GoodStats

1. SaladStop!

SaladStop!, World Trade Center 3 (Salad Stop Healthy) Jakarta - Trip Kuliner
SaladStop! | tripkuliner.com

SaladStop! menempati peringkat pertama dengan raihan sebesar 19 persen responden. SaladStop! sendiri merupakan brand waralaba penyaji makanan sehat pertama sekaligus terbesar di Asia.

SaladStop! membuka gerai pertamanya di Indonesia dan gerai ke-16 secara global di Mal Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta Selatan pada tahun 2020. SaladStop! sendiri pertama kali berdiri di Singapura pada tahun 2009 dengan menyajikan berbagai menu salad sayur.

2. Yellow Fit Kitchen

menu | www.yellowfitkitchen.com
Yellow Fit Kitchen | yellowfitkitchen.com

Posisi ke-2 diraih oleh Yellow Fit Kitchen yang dipilih oleh total 15 persen responden. Yellow Fit Kitchen merupakan layanan catering untuk makanan sehat dan diet yang telah berdiri sejak Oktober 2017.

Yellow Fit Kitchen sendiri menawarkan berbagai program diet seperti program menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan gula darah, dan sebagainya.

Memiliki total 16 gerai hingga saat ini yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Yellow Fit Kitchen memberikan garansi pengembalian dana apabila berat badan tidak turun serta makanan dirasa tidak enak.

3. Health’s Kitchen

HEALTH'S Kitchen Karir & Profil 2022 | Glints
Health's Kitchen | glints.com

Sementara itu, posisi ke-3 diduduki oleh Health’s Kitchen dengan total 13 persen responden. Health’s Kitchen menyediakan makanan sehat yang seimbang terbuat dari bahan yang sehat serta dimasak dengan cara yang sehat pula.

Beberapa menu yang disajikan di Health’s Kitchen antara lain seperti sup sayur, sandwich, salad, oatmeals, dan sebagainya.

4. Re.juve

Cold-Pressed Juice Re.juve dengan Ukuran yang Lebih Besar
Re.juve | rejuve.co.id

Di sisi lain, Re.juve berada di posisi ke-4 dengan raihan yang sama dengan Health’s Kitchen yakni sebesar 13 persen.

Re.juve hadir sejak Mei 2014, menyajikan produk jus buah dan sayur yang diproses secara murni dan alami dengan teknologi coldpressed dan high pressure processing (HPP) di pusat produksi yang sudah bersertifikasi Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP).

Re.juve merupakan merek coldpressed juice pertama di Indonesia yang sekaligus mempelopori prinsip clean label. Prinsip clean label mewajibkan suatu produk untuk terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa bahan artifisial, minim proses, serta proses pengolahannya disampaikan secara transparan atau dapat diakses dengan mudah oleh konsumen.

5. The Good Habit

Makan Sehat Nggak Perlu Repot Karena Ada GrabFood | Grab ID
The Good Habit | grab.com

Beralih ke posisi ke-5, The Good Habit jadi pilihan bagi 10 persen responden. The Good Habit merupakan salah satu tenant Grab Kitchen yang menawarkan berbagai jenis pilihan makanan rendah kalori berimbang. Beberapa menu makanan sehat di The Good Habit antara lain seperti healthy mixed bowls, healthy salads, chicken, dan vegetarian.

6. Boost Juice

Boost Juice Bars, Citos - GoFood
Boost Juice | gofood.co.id

Posisi ke-6 diraih oleh Boost Juice dengan raihan sebesar 8 persen responden. Boost Juice merupakan brand waralaba asal Australia yang menyajikan berbagai menu jus serta smoothies. Boost Juice sendiri didirikan tahun 2000 di Adelaide, Australia dan telah berekspansi ke berbagai negara salah satunya Indonesia.

7. Burgreens

Burgreens
Burgreens | burgreens.com

Berikutnya, Burgreens menyusul di posisi ke-7 dengan persentase yang sama yakni sebesar 8 persen responden. Burgreens merupakan penyaji makanan sehat plant based yang berfokus menyajikan menu masakan khas Asia dan Barat.

Didirikan sejak tahun 2013, Burgreens memiliki sejumlah menu seperti burger, rendang, bibimbap, dan sebagainya yang semuanya merupakan plant based. Burgreens juga menawarkan sejumlah program diet seperti just clean eating, weight loss, healing meal plan, dan sebagainya.

8. Mini Calore

Mini Calore, Kalibata, Jakarta Selatan - Traveloka Eats
Mini Calore | traveloka.com

Mini Calore mengamankan posisi ke-8 dengan raihan sebesar 8 persen. Mini Calore menawarkan berbagai menu makanan sehat dengan rasa yang nikmat seperti nasi padang, ayam bakar, dan sebagainya. Kini Mini Calore memiliki 15 gerai yang tersebar di Jakarta dan Tangerang.

9. Summer Minibar

Summer Minibar - Pluit - Food Delivery Menu | GrabFood ID
Summer Minibar | food.grab.com

Adapun Summer Minibar berada di posisi ke-9 dengan raihan sebesar 7 persen. Summer Minibar didirikan oleh Richard Theodere bersama 2 temannya, Renaldo Akhira dan Muh Faraz Nazari pada September 2019.

Summer Minibar menawarkan minuman smoothies sehat dan juga burger shirataki rendah kalori. Saat ini, ada lebih dari 90 gerai Summer Minibar yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

10. Kenyang Senang

Kenyang Senang
Kenyang Senang | sejasa.com

Terakhir dalam daftar ini, Kenyang Senang memperoleh raihan sebesar 7 persen yang menempatkannya di posisi ke-10 penyaji makanan sehat pilihan masyarakat Indonesia pada tahun 2022.

Kenyang Senang merupakan catering yang menyajikan makanan sehat khas Indonesia. Makanan sehat yang dipersiapkan oleh Kenyang Senang menerapkan prinsip paleo diet, dimasak pada hari yang sama, tidak mengandung gula dan pemanis buatan, MSG, pengawet, susu dan turunannya, biji-bijian dan serealia, kacang-kacangan, serta gluten.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Perkara Nikah Beda Agama di Jaksel, Bagaimana Statistik Pernikahan di Jakarta?
Artikel Selanjutnya Mengulik Perilaku Diet Masyarakat Indonesia 2022
Konten Terkait