GoodStats
Pencarian
Masuk

10 Pemain Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa Versi Majalah FourFourTwo

Majalah FourFourTwo baru saja merilis 100 daftar pemain sepakbola terbaik sepanjang masa. Berikut adalah 10 teratas dari daftar tersebut.

10 Pemain Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa Versi Majalah FourFourTwo Ilustrasi│Peter Glaser/Unsplash

Pada awal bulan Oktober tahun 2022 kemarin, majalah FourFourTwo merilis daftar 100 pemain sepakbola terbaik sepanjang masa. Majalah asal Inggris ini merangkum 100 pemain sepakbola terbaik dari berbagai generasi.

Kriteria penilaian FourFourTwo pada daftar ini berdasarkan seberapa berpengaruh si pemain, seberapa memorable si pemain, serta melihat talenta dan pencapaian dari si pemain. Semua pemain yang ada pada daftar ini adalah pemain sepakbola profesional yang berasal dari berbagai negara dan generasi.

Dari 100 daftar pemain tersebut, berikut adalah daftar 10 teratas pemain sepakbola terbaik sepanjang masa versi FourFourTwo.

10 Pemain Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa│GoodStats

 

10. Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario│Transfermarkt

 

Ronaldo Nazario, atau dikenal juga sebagai Ronaldo Brazil adalah salah satu striker terbaik yang ada di masanya. Sebagai seorang striker, Ronaldo telah membukukan total 420 gol sepanjang karir profesionalnya.

Ronaldo tidak hanya dikenal sebagai striker yang piawai mencetak gol, dia juga dikenal memiliki skill tingkat tinggi di dalam lapangan, dan banyak mencetak gol-gol ikonik yang spektakuler. Tak jarang gol-gol Ronaldo tercipta setelah ia mampu melewati beberapa lawannya dengan skill individu yang dimilikinya.

Selama karir profesionalnya, Ronaldo telah bermain untuk Timnas Brazil, Barcelona, Real Madrid, dan AC Milan. Selama bermain sebagai pemain sepakbola profesional, Ronaldo telah 2 kali menjuarai Piala Dunia, 2 kali Ballon D’or, dan beberapa piala liga domestik.

9. Ferenc Puskás

Ferenc Puskás│Transfermarkt

 

 

Ferenc Puskás adalah pemain asal Hungaria yang bermain di era 1950-an. Puskás adalah salah satu striker legendaris Real Madrid. Puskás mulai bermain untuk Real Madrid pada tahun 1960-an di usia yang sudah menginjak 31 tahun. 

Meski usianya sudah tidak muda lagi pada saat bergabung dengan Real Madrid, Puskás mampu membuktikan bahwa dirinya masih mampu bersaing dan bahkan menguasai kompetisi bersama Real Madrid. 

Selama bermain untuk Real Madrid, Puskás mampu mencetak 242 gol dalam 262 penampilan. Duetnya bersama Alfredo di Stefano pada waktu itu mampu mengantarkan Real Madrid mendominasi Liga Spanyol dan Liga Champion Eropa.

Puskás adalah striker dengan gaya bermain yang unik. Saat ini bahkan namanya diabadikan menjadi salah satu penghargaan tertinggi di dunia oleh FIFA, yaitu Puskás Awards yang merupakan penghargaan untuk gol-gol terbaik di setiap tahun.

8. Franz Beckenbauer

Franz Beckenbauer│Wedstrijd

 

Franz Beckenbauer, adalah pemain legendaris asal Jerman yang bermain di era 1970-an. Beckenbauer mendapatkan julukan Der Kaiser (sang kaisar) oleh publik pecinta sepakbola Jerman. Julukan itu ia peroleh atas kemampuannya mengolah bola, serta banyaknya prestasi yang ia capai di level klub dan tim nasional.

Beckenbauer bermain di posisi bertahan, dan selama bermain di berbagai klub yang dibela ia selalu membawa timnya menjadi juara. Selama bermain ia juga selalu dipercaya menjadi kapten yang memimpin rekan-rekannya di lapangan.

Selama bermain di level profesional, Beckenbauer telah 2 kali memenangi penghargaan Ballon D’or, 1 kali Piala Dunia, 1 kali piala Euro, 3 kali juara Liga Champion Eropa, dan masih banyak gelar domestik lainnya. Tidak bisa dipungkiri, Beckenbauer adalah salah satu pemain sepakbola tersukses sepanjang masa.

7. George Best

George Best│Sky Sports

 

George Best adalah pemain legendaris, sekaligus pemain sepakbola terbaik sepanjang masa dari tanah Inggris. Pada puncak karirnya, Best dikenal memiliki kemampuan olah bola tingkat tinggi, salah satu yang terbaik di era 1960-an.

George Best menyita perhatian publik dengan kemampuannya pada saat mengantarkan Manchester United menjuarai Liga Champions Eropa pertamanya di musim 1967/1968. Bersama Manchester United, Best juga menjuarai beberapa kompetisi domestik, salah satunya adalah 2 kali juara Liga Inggris di tahun 1960-an.

George Best mungkin tidak memiliki torehan gol sebanyak Ronaldo ataupun Puskás. Namun, kemampuan olah bola Best adalah salah satu yang terbaik yang pernah ada di dunia sepakbola.

6. Johan Cruyff

Johan Cruyff│Transfermarkt

 

Johan Cruyff adalah nama yang cukup melegenda di dunia sepakbola modern. Tidak hanya memiliki kemampuan tinggi secara individu, Cruyff juga dikenal andal dalam mengendalikan permainan di lapangan.

Cruyff adalah legenda Timnas Belanda, klub Ajax Amsterdam, dan Barcelona. Johan Cruyff juga merupakan sosok pencipta filosofi Total Footbal, sebuah filosofi sepakbola modern yang saat ini mengilhami gaya bermain Tiki-taka yang diterapkan oleh pelatih kelas dunia Pep Guardiola.

Selama menjadi pemain, Cruyff telah menjuarai banyak kompetisi dan penghargaan individu. Namun, yang lebih penting dari itu, Cruyff adalah salah satu sosok penting yang memberikan perubahan besar dalam gaya bermain sepakbola modern.

5. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane│Real Madrid

 

Zinedine Zidane, nama yang sudah sangat terkenal di dunia, bahkan bagi orang yang bukan pecinta bola sekalipun. Zidane memang dikenal sebagai salah satu legenda besar di dunia sepakbola. Pemain yang pernah bermain untuk Real Madrid, Juventus, dan Timnas Prancis ini adalah salah satu pemain dengan teknik terbaik di sepanjang sejarah.

Dengan teknik tingkat tingginya, pemain yang bermain di posisi gelandang ini menjadi salah satu pemain terbaik di generasinya. Pemain yang berada pada puncak karirnya di tahun 2000-an ini menyuguhkan permainan spektakuler di setiap pertandingan yang ia jalani.

Selama berkarir sebagai pemain sepakbola profesional, Zidane telah menjuarai penghargaan Ballon D’or 1 kali, Piala Dunia dan Piala Euro 1 kali bersama Timnas Prancis, serta 1 kali Liga Champions Eropa bersama Real Madrid. 

4. Pelé

Pelé │Bola.com

 

Pelé menyita perhatian dunia kala pertama kali bermain di Piala Dunia bersama Timnas Brazil di usia yang masih 17 tahun. Di usia yang masih begitu muda, Pelé mampu menjadi salah satu pemain kunci Timnas Brazil dalam menjuarai Piala Dunia edisi tahun 1958. Pada gelaran Piala Dunia tersebut, Pelé mampu mencetak hat-trick di laga semifinal, dan juga mencetak dua gol di partai final.

Pelé bermain di posisi penyerang, dan selama bermain di posisi ini selalu menyuguhkan permainan indah ala Brazil, dan mencetak banyak sekali gol. Di kompetisi resmi, Pelé telah mencetak 757 gol sepanjang karirnya. Namun, Pelé sendiri mengklaim bahwa dirinya telah mencetak lebih dari 1000 gol, jumlah ini termasuk dengan pertandingan tidak resmi yang ia mainkan.

Sejauh ini, Pelé adalah pemain terbaik di Tanah Samba. Selama bermain untuk Timnas Brazil, Pelé telah menyumbangkan 3 Piala Dunia untuk negara Amerika Latin tersebut.

3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo│Goal.com

 

Dengan kecepatannya, insting finishing yang mematikan, hingga kekuatan tendangan yang sangat keras, Cristiano Ronaldo menjadi pemain sepakbola yang sempurna di posisi penyerang.

Di masa mudanya, Cristiano Ronaldo selalu menjadi ancaman nyata bagi para bek dan kiper lawan. Kemampuannya dalam mencetak gol sangat mematikan, nyaris semua bola yang mengarah ke Ronaldo bisa dikonversi menjadi sebuah gol olehnya.

Tidak hanya itu, Cristiano Ronaldo juga sangat mematikan kala ia berada di puncak karirnya, dimana dia memiliki kecepatan serta kekuatan fisik di atas rata-rata. Selama karir profesionalnya, Cristiano selalu menjadi pemain yang dominan di generasinya.

Cristiano telah menyumbang banyak sekali trofi untuk tim yang ia bela, yaitu Real Madrid, Manchester United, dan Juventus. Tak hanya itu, ia juga banyak mengoleksi penghargaan individu dan memecahkan banyak rekor hingga saat ini. Saat ini, Cristiano Ronaldo adalah pemain dengan torehan gol terbanyak sepanjang sejarah sepakbola.

Cristiano Ronaldo juga memiliki gaya hidup yang sangat terjaga. Di usia yang hampir mencapai 40 tahun, ia masih mampu bersaing di level tertinggi sepakbola, dimana banyak pemain yang sudah performanya sudah mulai menurun ketika memasuki usia 30 tahun.

2. Diego Maradona

Diego Maradona│Bola.com

 

Dari segi prestasi, mungkin Maradona tidak memiliki trofi dan gol sebanyak Cristiano Ronaldo. Namun, dari segi teknik, legenda Argentina ini adalah salah satu pemain sepakbola paling bertalenta sepanjang sejarah.

Maradona adalah pemain yang nyaris sempurna, kemampuannya dalam mengolah bola adalah salah satu yang terbaik sepanjang sejarah. Saat bermain di lapangan, bola seolah menempel di kakinya, begitu sulit direbut.

Dia bahkan bisa mencetak gol dengan usahanya sendiri. Kemampuan dribbling-nya sangat baik, ia bisa membawa bola dari tengah lapangan menuju ke gawang lawan dan mencetak gol sendirian.

Di level timnas, Maradona adalah sosok kunci di balik kejayaan Argentina dalam menjuarai Piala Dunia tahun 1986. Tidak hanya itu, ia juga menyumbang banyak trofi di level klub selama bermain di Barcelona, Napoli, dan Boca Juniors.

1. Lionel Messi

Lionel Messi│Goal.com

 

Lionel Messi adalah pemain sepakbola terbaik sepanjang masa versi majalah FourFourTwo. Legenda Barcelona ini bisa dibilang adalah pemain paling bertalenta sepanjang sejarah. Sama seperti Maradona, Messi juga memiliki kemampuan dribbling yang sangat baik, tercatat beberapa gol yang dia ciptakan juga berasal dari kemampuan individu Messi dalam melakukan dribbling.

Kemampuan dribbling Messi sangat indah dan menarik untuk disaksikan. Tak hanya itu, kemampuan finishing, mengontrol permainan, dan tendangan bebas Messi juga sangat baik. Tercatat, Messi pernah mencatatkan 91 gol pada tahun 2012, jumlah yang sangat fantastis.

Selama 1 dekade lebih, Messi mendominasi dunia sepakbola bersama dengan Cristiano Ronaldo. Pada era tersebut, persaingan antara Messi dan Ronaldo selalu menjadi aksi yang paling dinantikan di dunia sepakbola, terlebih lagi saat mereka bermain sebagai rival di Barcelona dan Real Madrid.

Hingga kini, Lionel Messi menjadi salah satu pemain dengan gelar terbanyak di dunia, baik itu gelar untuk klub maupun gelar individu. Lionel Messi juga menjadi pemain dengan koleksi Ballon D’or terbanyak dengan 7 koleksinya.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 5 Asuransi Jiwa Pilihan Masyarakat Indonesia 2022
Artikel Selanjutnya Menilik Produksi Emisi Karbon Akibat Energi
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook