10 K-Drama Favorit Masyarakat Indonesia 2022

Sejak masuk ke Indonesia pada awal tahun 2000-an, demam K-Drama pun kian eksis di tanah air. K-Drama manakah yang jadi favorit masyarakat saat ini?.

10 K-Drama Favorit Masyarakat Indonesia 2022 Ilustrasi K-Drama | WorldStock/Shutterstock

Masuknya budaya Korea ke Indonesia telah dimulai sejak awal tahun 2000-an di mana kala itu sejumlah Korean Drama atau K-Drama tayang di televisi Indonesia. Penyebaran budaya populer Korea Selatan ini kemudian sering disebut sebagai Hallyu.

Sejumlah seri K-Drama yang tayang pada masa-masa awal Hallyu di Indonesia berhasil meraup popularitas di berbagai kalangan masyarakat. Full House, Autumn in My Heart, Winter Sonata, Dae Jang Geum, Boys Over Flower, dan masih banyak lagi K-Drama yang mendapatkan atensi tinggi dari publik.

K-Drama pun terus berkembang dan memiliki semakin banyak penggemar di tanah air. Semakin banyak tayangan K-Drama yang hadir dan kini dapat dinikmati masyarakat secara mudah lewat berbagai platform streaming seperti VIU, Netflix, dan sebagainya.

Munculnya ragam variasi K-Drama saat ini pun memperketat persaingan industri hiburan. Beberapa di antaranya berhasil mencuri perhatian dan menjangkau pasar yang lebih luas di Indonesia.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Jakpat membeberkan daftar K-Drama favorit masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Survei ini dilakukan pada 24 Juni hingga 4 Juli 2022 dengan melibatkan 2.474 responden yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

10 K-Drama favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 | GoodStats

1. Vincenzo

Vincenzo (Korean Drama) - AsianWiki
Vincenzo | asianwiki.com

Vincenzo berhasil menempati peringkat pertama K-Drama favorit masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Di antara banyaknya K-Drama yang beredar di Indonesia, sebesar 8 persen dari total responden menempatkan Vincenzo di pemucuk klasemen.

Tayang perdana pada 20 Februari 2021 lalu di kanal lokal Korea Selatan tvN dan sejumlah platform streaming internasional seperti Netflix, K-Drama ini mengisahkan tentang seorang pengacara Korea-Italia bernama Vincenzo Cassano, diperankan oleh Song Joong-Ki yang sebenarnya merupakan anggota mafia dengan jabatan consigliere.

Oleh karena konflik antar grup mafia di Italia, Vincenzo berupaya menyelamatkan grupnya dengan terbang ke Korea Selatan untuk mengambil harta karun emas yang terpendam di Geumga Plaza.

Saat di Korea Selatan, ia tidak sengaja terlibat dengan pengacara Hong Cha-Young (diperankan oleh Jeon Yeo-Bin). Mereka akhirnya bekerja sama untuk menuntaskan konflik dengan grup Babel dan meraih keadilan dengan cara tersendiri.

2. Start-Up

Start-Up (Korean Drama) - AsianWiki
Start-Up | asianwiki.com

Posisi ke-2 diraih oleh K-Drama dengan judul Start-Up dengan raihan sebesar 6 persen responden. Start-Up dibintangi oleh sejumlah aktris dan aktor ternama seperti Bae Suzy, Nam Joo-Hyuk, Kim Seon-Ho, dan Kang Han-Na.

Menceritakan tentang perjalanan seorang perempuan bernama Seo Dal-Mi yang bercita-cita untuk menjadi pengusaha sukses, ditambah kisah cinta segitiga dengan Nam Do-San dan Han Ji-Pyeong. Start-Up resmi tayang pada 17 Oktober hingga 6 Desember 2020 di kanal tvN dan sejumlah platform streaming internasional lainnya seperti Netflix.

3. Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha - AsianWiki
Hometown Cha-Cha-Cha | asianwiki.com

Sementara itu, Hometown Cha-Cha-Cha menempati posisi ke-3 dengan raihan sebesar 5 persen responden. Hometown Cha-Cha-Cha kembali dibintangi oleh Kim Seon-Ho sebagai pemeran utama bernama Hong Du-Sik bersama Shin Min-A yang berperan sebagai dokter gigi Yoon Hye-Jin.

K-Drama ini mengisahkan tentang kehidupan di desa tepi laut Gongjin saat Yoon Hye-Jin pindah dari perkotaan dan bertemu dengan Hong Du-Sik.

Hometown Cha-Cha-Cha tayang pada 28 Agustus hingga 17 Oktober 2021 melalui berbagai platform seperti kanal televisi Korea Selatan tvN maupun platform streaming video internasional salah satunya Netflix.

4. True Beauty

True Beauty - AsianWiki
True Beauty | asianwiki.com

Adapun K-Drama True Beauty meraih posisi ke-4 dengan total persentase yakni sebesar 5 persen. K-Drama ini merupakan hasil adaptasi webtoon hits dengan judul yang sama, bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Im Ju-Kyung (diperankan oleh Mun Ka-Young) yang dulunya sering dirundung akibat wajah aslinya dinilai buruk rupa.

Untuk menyembunyikan wajahnya, ia selalu menggunakan makeup. Im Ju-Kyung sangat terampil dalam berdandan, riasannya mampu menjadikan tampilan wajahnya berbeda 180 derajat hingga dinilai sangat cantik oleh orang-orang di sekitarnya.

Selain mengisahkan perjalanan Im Ju-Kyung menghadapi insecurity terhadap wajahnya, K-Drama ini juga melibatkan kisah cinta segitiga antara Im Ju-Kyung dengan Lee Soo-Ho (diperankan oleh Cha Eun-Woo) dan Han Seo-Joon (diperankan oleh Hwang In-Yeop).

Adapun K-Drama ini tayang mulai 9 Desember 2020 hingga 4 Februari 2021 di kanal lokal tvN serta berbagai platform lainnya.

5. Business Proposal

Business Proposal - AsianWiki
Business Proposal | asianwiki.com

Business Proposal menduduki posisi ke-5 dalam daftar K-Drama favorit masyarakat Indonesia tahun 2022. Adapun sebesar 4 persen responden menaruh Business Proposal sebagai pilihan K-Drama favorit mereka.

K-Drama satu ini menceritakan tentang kisah cinta yang diawali dari kencan buta antara karyawan bernama Shin Ha-Ri (Kim Se-Jeong) dengan CEO Kang Tae-Moo (Ahn Hyo-Seop). Drama romantis satu ini tayang pada 28 Februari hingga 5 April 2022 di kanal tv Korea Selatan SBS dan juga platform internasional.

6. Twenty-Five Twenty-One

Twenty Five Twenty One - AsianWiki
Twenty-Five Twenty-One | asianwiki.com

Beralih ke posisi ke-6 diisi oleh K-Drama berjudul Twenty-Five Twenty-One. K-Drama ini meraih suara sebesar 4 persen dari total responden.

Menceritakan tentang kisah cinta antara 2 sejoli Na Hee-Do (Kim Tae-Ri) dan Back Yi-Jin (Nam Joo-Hyuk) dengan latar di tengah krisis finansial yang melanda Korea Selatan. Adapun K-Drama satu ini disiarkan lewat kanal TV tvN di Korea Selatan sejak 12 Februari hingga 3 April 2022.

7. Eve

Posisi ke-7 diraih oleh K-Drama Eve dengan raihan sebesar 3 persen. Eve mengisahkan tentang upaya balas dendam Lee La-El (diperankan oleh Seo Yea-Ji) terhadap kematian orang tuanya. K-Drama ini ditayangkan di kanal tv lokal tvN dan platform lainnya pada 1 Juni hingga 21 Juli 2022.

8. Crash Landing on You

Crash Landing on You - AsianWiki
Crash Landing on You | asianwiki.com

Crash Landing on You menempati posisi ke-8 dengan raihan sebesar 3 persen. Kisah drama ini menceritakan tentang seorang ahli waris perempuan dari keluarga konglomerat bernama Yoon Se-Ri (diperankan oleh Son Ye-Jin) yang mengalami kecelakaan saat melakukan paragliding akibat angin kencang.

Hal tersebut menyebabkan Yoon Se-Ri mendarat darurat di Korea Utara, di mana pada saat itu ia bertemu dengan Ri Jeong-Hyeok (diperankan oleh Hyun-Bin) yang merupakan tentara Korea Utara. Dalam perjuangan mengembalikan Yoon Se-Ri ke Korea Selatan, kisah cinta antara keduanya mulai terjalin.

Drama ini ditayangkan oleh tvN pada 14 Desember 2019 hingga 16 Februari 2020 lalu. Menariknya, kisah cinta antara Yoon Se-Ri dengan Ri Jeong-Hyeok dalam drama pun berlanjut ke dunia nyata di mana akhirnya Son Ye-Jin resmi menikah dengan Hyun-Bin pada 31 Maret 2022.

9. Yumi’s Cells

Yumi's Cells - AsianWiki
Yumi's Cells | asianwiki.com

Yumi’s Cells berada di posisi ke-9 dengan raihan sebesar 3 persen. K-Drama satu ini juga merupakan hasil adaptasi webtoon dengan judul yang sama. Yumi’s Cells tayang di kanal tv tvN sejak 17 September hingga 30 Oktober 2021.

Yumi’s Cells menceritakan seorang pekerja perempuan biasa bernama Yu-Mi (diperankan oleh Kim Go-Eun) yang tidak pandai mengungkapkan perasaannya. Drama ini memotret kisah Yu-Mi dari sudut pandang banyak sel otak di kepalanya yang mengendalikan pikiran, perasaan, serta Tindakan Yu-Mi.

Melalui hubungan romantis dan pekerjaannya, Yu-Mi bertumbuh menjadi seseorang dan menemukan kebahagiaan dalam hidupnya.

10. Descendants of the Sun

Descendants of the Sun - AsianWiki
Descendants of the Sun | asianwiki.com

Terakhir dalam daftar ini, Descendants of the Sun berhasil menempati posisi ke-10 dengan raihan sebesar 2 persen responden. K-Drama ini begitu populer pada masanya dan masih diingat oleh banyak masyarakat hingga saat ini.

Descendants of the Sun atau kerap disingkat Dots telah tayang sejak tahun 2016 lalu, tepatnya pada 24 Februari hingga 14 April di kanal tv lokal KBS2. Drama ini mengisahkan tentang Yoo Shi-Jin (diperankan oleh Song Joong-Ki), seorang kapten pasukan khusus Korea Selatan yang jatuh cinta dengan dr. Kang Mo-Yeon (diperankan oleh Song Hye-Kyo) saat bertemu di rumah sakit setelah menangkap seorang pencuri.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Jurang Ekstrim Kesenjangan UMK di Tanah Jawa
Artikel Selanjutnya Apa Produk Kecantikan Paling Laris di Indonesia?
Konten Terkait