10 Daerah Destinasi Terbaik untuk Solo Traveler 2022, 1 dari Indonesia

Seiring dengan dibukanya kembali penerbangan internasional, antusias para solo traveler mengeksplorasi berbagai daerah di belahan dunia diprediksi melonjak.

10 Daerah Destinasi Terbaik untuk Solo Traveler 2022, 1 dari Indonesia Ilustrasi solo traveler | noina/Shutterstock

Kembali dibukanya penerbangan domestik dan internasional secara besar-besaran pada tahun 2022 ini menjadi kabar gembira bagi para pelancong atau wisatawan mancanegara. Aktivitas berkelana ke luar negeri diperkirakan akan kembali melonjak seiring dengan mobilitas masyarakat yang berangsur-angsur normal.

Utamanya bagi para digital nomad dan pelancong tunggal atau solo traveler kini dapat mengeksplorasi daerah di berbagai belahan dunia untuk menemukan tempat terbaik dalam menjalankan berbagai aktivitas pribadi maupun pekerjaan.

Forbes merangkum daftar destinasi terbaik untuk para solo traveler pada tahun 2022. Adapun daftar tempat ini dinilai menggunakan 12 metrik yang meliputi jumlah penginapan, tingkat kejahatan lokal, dan rata-rata pengeluaran untuk makanan.

Setiap daerah memperoleh skor dalam rentang 1 hingga 40 poin untuk setiap metrik dengan skor maksimal ialah sebesar 480. Berdasarkan data dari Forbes, berikut merupakan daerah destinasi terbaik untuk solo traveler tahun 2022.

10 daerah destinasi terbaik untukĀ solo travelerĀ tahun 2022 | GoodStats

1. Ho Chi Minh City, Vietnam

Ho Chi Minh City berhasil meraih peringkat pertama destinasi terbaik untuk solo traveler tahun 2022 versi Forbes dengan skor total sebesar 355 dari 480 poin. Ho Chi Minh City direkomendasikan sebagai tempat yang aman untuk solo traveler.

Adapun kawasan paling populer bagi para solo traveler atau backpacker di kota ini ialah Pham Ngu Lao di Distrik 1. Kawasan ini memiliki jumlah penginapan yang melimpah dengan harga makanan yang cenderung murah dan dekat dengan kehidupan di malam hari.

Beberapa hal yang dapat dilakukan saat melancong sendiri ke Ho Chi Minh City di antaranya ialah menyusuri Terowongan Cu Chi yang terletak di Distrik Cu Chi, kemudian mengitari Mekong Delta di siang hari, mengunjungi istana kemerdekaan, dan masih banyak lagi.

2. Marakesh, Maroko

Posisi ke-2 diraih oleh Marakesh yang terletak di Maroko. Adapun skor yang diraih kota ini ialah sebesar 347 poin. Para solo traveler akan ditakjubkan oleh pemandangan kota tua yang terletak di tepi Sahara, dibatasi oleh Pegunungan Atlas yang puncaknya berlapiskan salju.

Beberapa hal yang dapat dieksplorasi di Marakesh di antaranya ialah kawasan Djemaa El Fna, pusat kehidupan di kota ini yang dipenuhi dengan para musisi, pawang ular, serta aneka ragam kuliner dengan citarasa bumbu yang kuat.

3. Istanbul, Turki

Istanbul, sebuah kota di Turki menempati posisi ke-3 dengan skor sebesar 344 dari total 480 poin.

Istanbul merupakan kota terbesar di Turki dengan jumlah populasi mencapai lebih dari 13,9 juta jiwa. Kota ini juga merupakan pusat kegiatan ekonomi, sejarah, dan budaya. Beberapa daerah tempat tinggal yang direkomendasikan di Istanbul antara lain Sultanahmet, Beyoglu, Tunel, dan Galata.

4. Kairo, Mesir

Berikutnya, posisi ke-4 destinasi terbaik bagi para solo traveler pada tahun 2022 diraih oleh Kairo di Mesir. Kota ini memperoleh skor sebesar 339 dari total 480 poin. Ibu kota Mesir ini menjadi kota terbesar di Afrika dengan total populasi sebanyak 9,1 juta jiwa.

Kairo menjadi pusat Zaman Piramida Mesir yang kaya akan keindahan ragam situs Mesir Kuno. Waktu terbaik untuk mengunjungi kota ini ialah berkisar antara bulan September hingga Februari untuk menghindari musim panas yang terik. Beberapa lokasi yang direkomendasikan di Kairo di antaranya ialah Zamalek, Midan Tahrir, dan Dokki.

5. Hong Kong, China SAR

Beralih kembali ke Asia, posisi ke-5 diraih oleh Hong Kong, China Special Administrative Region (SAR) dengan total skor sebesar 316 poin. Hong Kong merupakan salah satu pusat finansial global terkemuka yang dikenal dengan kebebasan ekonomi atau perdagangan, kehidupan berkualitas tinggi, serta tingkat pendidikan yang unggul.

Sehubungan dengan biaya hidup di Hong Kong yang tinggi, beberapa tempat yang umumnya direkomendasikan untuk tinggal bagi para solo traveler atau backpacker ialah di kawasan Kowloon Side antara Mong Kok atau Tsim Sha Tsui.

6. Ubud, Bali

Salah satu daerah administratif di Kabupaten Gianyar yakni Ubud berhasil meraih posisi ke-6 destinasi terbaik untuk solo traveler pada tahun 2022 dengan total skor sebesar 314 poin.

Ubud menawarkan beragam jenis aktivitas yang dapat dilakukan oleh para solo traveler seperti kegiatan outdoor, festival budaya, retret yoga, hingga bekerja di co-working space.

Monkey Forest, Bukit Campuhan, Puri Agung Ubud, atau bahkan sekedar berjalan-jalan mengelilingi kawasan Ubud, para pelancong akan dimanjakan dengan berbagai bangunan khas arsitektur lokal Bali yang indah. Tidak hanya kaya akan situs budaya serta wisata alam, beragam kafe dan tempat hiburan pun tersedia di Ubud.

7. New Delhi, India

New Delhi, ibu kota India meraih posisi ke-7 dengan total skor sama dengan Ubud yakni sebesar 314 poin.

Kota terbesar kedua di India ini memuat 16 juta penduduk di dalamnya. Oktober hingga Maret merupakan rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi New Delhi, dikarenakan cuaca yang tidak sepanas periode waktu lain.

Paharganj merupakan titik sentral bagi para backpacker, sementara itu Karol Bagh merupakan kawasan yang lebih mewah. Di seputaran kawasan ini, para solo traveler dapat menyewa kamar seharga 2 dolar AS per malam. Hotel kelas atas dapat ditemukan di kawasan sekitar Connaught Place.

8. Bangkok, Thailand

Ibu kota Thailand yakni Bangkok menyusul di posisi ke-8 kota terbaik untuk pelancong mandiri dengan total skor sebesar 312 poin.

Kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Thailand ini memuat sekitar 8,5 juta jiwa. Banglamphu menjadi kawasan yang dapat direkomendasikan untuk backpacker dan budget traveler, sedangkan Silom merupakan tempat yang cocok untuk memperoleh pengalaman metropolitan seperti hotel modern, klub malam, dan mal.

9. Phuket, Thailand

Lagi-lagi dari Thailand, Phuket berhasil meraih posisi ke-9 destinasi terbaik bagi solo traveler dengan total skor sebesar 311 poin. Phuket merupakan pulau terbesar di Thailand dengan panjang mencapai 48 kilometer (km) dan memiliki lebar sebesar 21 km. Phuket dikenal akan pantainya serta destinasi untuk berpesta.

Patong dan Karon menjadi kawasan yang direkomendasikan bagi para solo traveler gemar akan pesta. Sementara itu, Surin merupakan kawasan tempat berkumpulnya turis kelas atas dan apabila mencari tempat yang lebih tenang dapat berkunjung ke daerah Kamala, Nai Thon, atau Nai Yong.

10. Cusco, Peru

Terakhir, posisi ke-10 diraih oleh Cusco yang terletak di Peru. Skor yang diraih oleh kota ini ialah sebesar 306 dari total 480 poin.

Adapun hotel-hotel dengan mudah ditemukan di kawasan Plaza de Armas. Sementara itu, penginapan termurah di kawasan ini terletak di San Blas. Bulan Juni hingga pertengahan September menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi kota ini dikarenakan cuaca yang kondusif.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Indonesia Masuk 15 Besar Negara dengan Masakan Terbaik di Dunia
Artikel Selanjutnya Negara Paling Banyak Membuang Makanan, Indonesia Masuk Daftar?
Konten Terkait