10 Aplikasi Layanan Kesehatan Mental Paling Sering Digunakan Masyarakat Indonesia 2022

Kehadiran telemedicine memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan di mana saja dan kapan pun. Hal ini lantas jadi revolusi bagi dunia kesehatan.

10 Aplikasi Layanan Kesehatan Mental Paling Sering Digunakan Masyarakat Indonesia 2022 Ilustrasi menggunakan layanan telemedicine | Chaay_Tee/Shutterstock

Dewasa ini, perkembangan teknologi telah merambah hingga sektor kesehatan. Salah satunya ialah dengan kehadiran layanan telemedicine. Telemedicine didefinisikan sebagai layanan kesehatan berbasis teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi jarak jauh dengan tenaga medis atau profesional di bidang kesehatan tanpa bertatap muka.

Kehadiran layanan telemedicine memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan tanpa harus mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Telemedicine lantas menjadi revolusi bagi dunia kesehatan.

Hasil survei yang dirilis oleh Populix pada 10 Oktober 2022 bertajuk “Indonesia’s Mental Health State & Access to Medical Assistance” mengungkapkan bahwa sebesar 54 persen responden mengakses layanan kesehatan mental dari aplikasi telemedicine.

Di antaranya, terdapat beberapa aplikasi atau platform yang sering digunakan oleh para responden untuk mengakses layanan kesehatan mental. Berdasarkan hasil survei Populix, berikut merupakan daftar aplikasi layanan kesehatan mental paling sering digunakan masyarakat Indonesia pada tahun 2022.

10 aplikasi layanan kesehatan mental paling sering digunakan masyarakat Indonesia tahun 2022 | GoodStats

1. Halodoc

Informasi lengkap dan buat janji di Halodoc Self Isolation. Biaya, tindakan  medis, daftar dokter, selengkapnya.
Logo Halodoc | halodoc.com

Peringkat pertama aplikasi layanan kesehatan paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia diraih oleh Halodoc. Adapun raihannya mencapai 79 persen responden pada tahun 2022.

Berdiri sejak tahun 2016, Halodoc merupakan perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang telekonsultasi kesehatan. Lewat Halodoc, pengguna dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis, membeli obat, hingga melakukan pemeriksaan laboratorium lewat smartphone selama 24 jam.

Simplifying healthcare menjadi tujuan dari Halodoc yakni untuk memudahkan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Terdapat 2 jenis konsultasi yang dilakukan oleh pasien lewat aplikasi Halodoc.

Pertama ialah konsultasi bersifat emergensi yang 68 persen dapat diselesaikan dengan Tindakan medis digital. Kemudian yang kedua, pasien sudah pernah bertemu dengan dokter dan cukup melakukan follow up dari perawatan yang dijalani.

2. Alodokter

Alodokter - Info Kesehatan, Booking dan Chat Dokter
Logo Alodokter | alodokter.com

Sementara itu, Alodokter menempati posisi ke-2 aplikasi layanan kesehatan paling sering digunakan dengan raihan sebesar 55 persen responden.

Alodokter didirikan pada tahun 2014 sebagai perusahaan layanan konsultasi kesehatan secara online yang dapat diakses via website maupun aplikasi.

Kini Alodokter menyediakan 5 fitur utama di antaranya chat bersama dokter, membuat janji konsultasi dengan dokter atau mencari rumah sakit pilihan, artikel kesehatan berbahasa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Proteksi Alodokter, serta berbelanja kebutuhan kesehatan.

3. KlikDokter

Live Chat - Selamat Datang di Live Chat
Logo KlikDokter | livechat.klikdokter.com

Adapun posisi ke-3 diraih oleh KlikDokter dengan perolehan sebesar 28 persen responden pernah menggunakan layanan kesehatan mental yang disediakan oleh KlikDokter.

Awalnya KlikDokter merupakan website yang menyajikan artikel serta video kesehatan dari para dokter. KlikDokter sudah berdiri sejak tahun 2008 silam yang mana kemudian pada tahun 2016, KlikDokter dimiliki serta dioperasikan oleh PT Medika Komunika Teknologi.

KlikDokter lantas mengembangkan fitur-fiturnya yang kini dapat melayani konsultasi kesehatan jarak jauh lewat aplikasi.

4. Riliv

Riliv Story - Sehat Mental Dimulai Dari Sini
Logo Riliv | riliv.co

Posisi ke-4 diraih oleh platform Riliv dengan total 19 persen responden pernah mengakses layanan kesehatan di Riliv.

Jika sebelumnya platform telemedicine di atas melayani konsultasi kesehatan secara medis dengan para dokter, berikutnya Riliv merupakan platform khusus pelopor sehat mental di Indonesia.

Riliv sendiri merupakan one-stop aplikasi kesehatan mental pertama di Indonesia dengan berbagai layanan seperti meditasi, cerita tidur, serta konseling online.

Didirikan sejak tahun 2015, Riliv menciptakan teman curhat profesional yang siap mendengarkan cerita tanpa menghakimi dan membantu klien menyelesaikan permasalahannya secara jarak jauh lewat smartphone.

5. Bicarakan.id

Konseling Online dengan Psikolog Profesional - Bicarakan.id
Logo Bicarakan.id | bicakaran.id

Bicarakan.id berada di posisi ke-5 layanan kesehatan mental paling sering diakses oleh masyarakat Indonesia. Sebesar 14 persen responden mengungkapkan bahwa mereka pernah mengakses layanan kesehatan mental di Bicarakan.id

Bicarakan.id merupakan sebuah platform yang menyediakan layanan konseling online yang didirikan pada Maret 2020 lalu. Bicarakan.id menyediakan layanan konseling online untuk individu maupun pasangan.

6. Good Doctor

Healthtech Leader Good Doctor Technology Strengthens its Regional HQ in  Singapore to Drive More Innovation and Growth for Telehealth Across  Southeast Asia | Techsauce
Logo Good Doctor | techsauce.co

Adapun Good Doctor berhasil meraih posisi ke-6 dengan raihan persentase yang sama sebesar 14 persen pada tahun 2022.

Good Doctor pertama kali hadir pada akhir tahun 2019 sebagai bagian dari Grab. Kemudian pada Maret 2020, Good Doctor resmi meluncurkan aplikasi layanan telemedicine di Google Play dan App Store. Adapun Good Doctor tidak hanya beroperasi di Indonesia melainkan juga di Thailand.

7. Psikologimu

Psikologimu Dokter - Google Play پر موجود ایپس
Logo Psikologimu | play.google.com

Dengan raihan sebesar 14 persen responden, platform layanan kesehatan mental Psikologimu menempati posisi ke-7.

Psikologimu merupakan salah satu platform yang berfokus memberikan layanan kesehatan mental jarak jauh. Adapun platform Psikologimu telah berdiri sejak tahun 2013 dan kini menerima layanan konsultasi kejiwaan melalui chat, email voice call, dan lain sebagainya.

8. SehatQ

Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) - Klinik SehatQ | Promo Layanan  Kesehatan
Logo SehatQ | toko.sehatq.com

Adapun posisi ke-8 diamankan oleh aplikasi SehatQ dengan total sebesar 12 persen responden pernah menggunakan layanan kesehatan mental melalui platform ini. Adapun platform telemedicine SehatQ berdiri sejak November 2018.

9. Kalm

KALM - Yuk, Cerita Masalahmu Dengan Konselor Profesional
Logo Kalm | get-kalm.com

Platform kesehatan mental lainnya yakni Kalm menduduki posisi ke-9 dengan raihan 10 persen responden. Satu lagi platform layanan konseling online yang telah beroperasi sejak Oktober 2018.

10. Ibunda

SAHABAT JIWA
Logo Ibunda | sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id

Terakhir, posisi ke-10 diraih oleh aplikasi layanan konseling online Ibunda. Adapun sebesar 10 persen responden mengungkapkan pernah mengakses layanan kesehatan di platform Ibunda. Adapun platform Ibunda.id berjalan sejak tahun 2015.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ketupat vs Opor Ayam, Apa Hidangan Favorit Orang Indonesia saat Idul Fitri 2024?

Dari opor ayam hingga sate, berikut makanan favorit masyarakat Indonesia untuk hidangan Idul Fitri!

Provinsi Tujuan Mudik Lebaran Terbanyak Tahun 2024

Pada Lebaran 2024, diprediksi sebanyak 193,6 juta orang akan melakukan mudik. Jawa Tengah menjadi Provinsi tujuan mudik terbanyak yaitu sebanyak 61,6 juta jiwa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X