YouTube Jadi Platform Hiburan Favorit Masyarakat Indonesia 2022

YouTube menjadi platform hiburan favorit masyarakat Indonesia dengan total lebih dari 2,5 miliar pengguna di seluruh dunia.

YouTube Jadi Platform Hiburan Favorit Masyarakat Indonesia 2022 Ilustrasi YouTube | Chubo-my masterpiece/Shutterstock

Sebagai pionir platform berbagi video secara online, YouTube bertumbuh secara pesat menguasai industri media sosial. Terlebih saat ini video marketing mendominasi industri pemasaran konten, YouTube menjadi platform andalan bagi para pelaku industri maupun content creator untuk mengunggah konten atau iklan secara mandiri.

Di samping itu, YouTube menduduki peringkatan ke-2 search engine terbesar di dunia setelah Google dengan pertumbuhan sebesar 4,9 persen pada tahun 2021 menurut SEMrush Statistics. Terus mengembangkan platform-nya, pada tahun 2021 YouTube telah memiliki sejumlah fitur seperti Shorts, Live Streaming, Chapters, Premieres, dan Community Tab untuk mendorong produksi konten yang dapat menarik lebih banyak pengguna.

Mengutip dari Global Media Insight, jumlah pengguna YouTube berkisar antara 2,56 miliar per Januari 2022. Adapun total pengguna aktif harian YouTube mencapai lebih dari 122 juta pengguna.

YouTube juga berhasil menjadi platform media sosial terpopuler ke-2 setelah Facebook. Sepanjang 2021, total pendapatan iklan global yang dimiliki YouTube diestimasikan mencapai sekitar 28,84 miliar dolar AS.

Raihan ini menunjukkan bahwa YouTube menjadi salah satu platform favorit masyarakat di dunia terutama bagi kelompok usia 15 hingga 35 tahun.

Didominasi negara dari Benua Asia, salah satunya Indonesia

Berdasarkan data dari Global Media Insight, India menduduki peringkat pertama negara pengguna YouTube terbanyak di dunia hingga bulan Januari 2022 dengan total mencapai 467 juta pengguna.

10 negara pengguna YouTube terbanyak di dunia per Januari 2022 | GoodStats

Sementara itu, Amerika Serikat berada di posisi ke-2 dengan total 240 juta pengguna. Indonesia sendiri berada di posisi ke-3 dengan total 127 juta pengguna berkecimpung di platform YouTube.

Brasil menduduki posisi ke-4 dengan total 107 juta pengguna dan Rusia di posisi ke-5 dengan 99 juta pengguna. Adapun saat ini pengguna YouTube terbanyak di dunia didominasi oleh penduduk asal negara-negara benua Asia dan Amerika.

Jika ditotal, persentase populasi internet global yang mengakses YouTube mencapai 95 persen dengan 80 bahasa tersedia di platform YouTube saat ini. Setiap harinya, total sebanyak 5 juta video yang ditonton oleh masyarakat dunia dengan jumlah tayangan mencapai 1 miliar jam.

Setiap menitnya, total durasi video yang diunggah oleh para content creator mencapai 500 jam dan lebih dari 5 miliar kali masyarakat dunia menyebarkan video yang berasal dari platform YouTube.

Adapun rata-rata total waktu yang dihabiskan para pengguna di YouTube ialah selama 14 menit 21 detik dengan pageviews harian per pengunjung ialah sebesar 10,05. Sekitar 70 persen masyarakat dunia menonton YouTube dari perangkat mobile dan aplikasi YouTube diunduh sebanyak 5 miliar kali pada perangkat Android.

Total waktu yang dihabiskan para pengguna dalam mengakses YouTube di perangkat mobile tercatat lebih lama yakni sekitar lebih dari 40 menit. Sementara itu, rekor kunjungan YouTube melalui perangkat mobile mencapai 1 miliar per hari.

Lampaui platform lain, YouTube jadi sumber hiburan utama masyarakat Indonesia

Berdasarkan data dari Similarweb, YouTube menjadi situs hiburan yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Adapun total kunjungan ke situs youtube.com mencapai 856,7 juta kunjungan per Maret 2022.

5 situs hiburan paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia per Maret 2022 | GoodStats

Sebagai platform berbagi video online terpopuler saat ini, YouTube memiliki beragam variasi konten yang dapat ditonton oleh berbagai kalangan usia. Tidak hanya memuat hiburan, YouTube juga menjadi wadah bagi para content creator berbagi informasi edukatif maupun jenis konten variatif lainnya yang menjadikan pangsa pasar YouTube lebih luas dibandingkan situs hiburan lainnya.

Disney Plus Hotstar yang beralamatkan hotstar.com berada di posisi ke-2 situs hiburan yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia. Total kunjungan ke situs ini mencapai 123,9 juta per Maret 2022. Situs ini menyajikan banyak film dengan ragam judul dan genre.

Berikutnya, Grid.id menyusul di posisi ke-3 dengan total kunjungan sebanyak 117,4 juta per Maret 2022. Situs ini memproduksi dan menyajikan beragam berita seputar hiburan dan gaya hidup kepada masyarakat Indonesia.

Sementara itu, posisi ke-4 diraih oleh Komikcast.com dengan 35,1 juta kunjungan dan Vidio.com menempati posisi ke-5 dengan total kunjungan sebanyak 23,4 juta per Maret 2022.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Indonesia Miliki Biodiversitas Terbesar ke-2 di Dunia
Artikel Selanjutnya Tumbuh Pesat, Pemakaian Produk Kecantikan di Indonesia Kian Meningkat
Konten Terkait