Top 7 Negara Terkuat di Dunia 2022, Siapa Juaranya?

US News mencatat sejumlah negara terkuat di dunia berdasarkan segi militer, ekonomi, dan politik. Siapa saja mereka?

Top 7 Negara Terkuat di Dunia 2022, Siapa Juaranya? Ilustrasi bendera sejumlah negara di dunia | Alba_alioth/Shutterstock

Tahun 2022 telah resmi ditutup. Gejolak perang dan geopolitik yang turut mewarnai tahun itu telah banyak berdampak pada sejumlah negara di dunia. Berkenaan dengan ini, US News & World Report meluncurkan laporan teranyar mengenai daftar negara paling kuat di dunia.

Adapun, peringkat tersebut dievaluasi berdasarkan beberapa faktor, yakni pengaruh yang dimiliki tiap negara, serta kekuatan politik, ekonomi dan militer mereka. Ini dipilih dari 85 negara berdasarkan survei dari sekitar 17 ribu orang.

“Negara-negara terkuat di dunia adalah negara-negara yang secara konsisten mendominasi berita utama, menyibukkan para pembuat kebijakan, dan membentuk pola ekonomi global. Kebijakan luar negeri dan anggaran militer mereka juga dipantau secara konsisten,” jelas US News dalam laporannya.

Deretan negara terkuat di dunia pada 2022 menurut US News | Goodstats

Selengkapnya, berikut 7 negara yang didaulat menjadi negara terkuat di dunia tahun 2022 versi US News & World Report.

  1. Amerika Serikat (AS)

Ilustrasi patung liberty sebagai ikon negara Amerika Serikat | Chaay_Tee/Shutterstock

Amerika Serikat berhasil menduduki peringkat pertama berdasarkan kekuatan. AS bahkan mendapatkan skor sempurna, yakni 100. US News menyebut, kekuatan ekonomi dan militer AS menjadi yang paling dominan di dunia.

Laporan itu juga mencatat kerugian ekonomi serta kerusuhan yang terjadi di negara itu, termasuk aksi protes kesetaraan rasial setelah pembunuhan George Floyd pada Mei 2020 lalu. Tuntutan publik untuk mengatasi ketidaksetaraan rasial di AS diungkapkan dalam lembaga-lembaga seperti sistem peradilan pidana dan perawatan kesehatan, mendorong gerakan serupa di negara-negara di seluruh dunia.

Ini juga yang menandakan bahwa AS sering mengambil peran utama dalam organisasi internasional, dan merupakan kekuatan pendiri di belakang lembaga-lembaga seperti Bank Dunia, Nato, serta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

  1. China

Potret tembok besar China sebagai bangunan terpopuler di China | Aphotostory/Shutterstock

Di posisi kedua ditempati oleh China dengan nilai skor 96,3. Negeri tirai bambu tersebut tercatat sebagai negara salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Total PDB China mencapai US$ 17,7 triliun dengan PDB per kapita senilai US$ 19,3.

US News melaporkan bahwa sebagai negara sosialis pasar tunggal, China beralih dari sistem ekonomi terpusat menjadi ekonomi berbasis pasar. Perekonomian China disebut menjadi yang terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

  1. Rusia

Ilustrasi Katedral Santo Basil di Rusia | Baturina Yuliya/Shutterstock

Rusia mendapatkan skor 92,7 dan menempatkannya menjadi negara terkuat nomor tiga di dunia pada 2022. US News mencatat bahwa Rusia memiliki luas tanah terluas di dunia dan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terkuat karena sumber daya gas dan minyaknya.

Laporan itu juga mencatat bahwa Rusia merupakan salah satu anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan merupakan bagian dari organisasi internasional utama lainnya, termasuk G20.

Berkat invansinya ke Ukraina, Rusia menerima banyak kecaman dari sejumlah negara. Pemerintah dan organisasi Barat telah mengkritik pemerintah Rusia karena otoriter dan bersalah atas pelanggaran hak asasi manusia.

Aneksasi Krimea oleh Rusia pada tahun 2014 dan peran yang dimainkannya dalam konflik di Ukraina telah meningkatkan ketegangan antara Moskow dan Barat, termasuk sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat. Kecemasan internasional juga berfokus pada keprihatinan atas dugaan campur tangan pemerintah Rusia dalam politik Barat, termasuk pemilihan presiden AS pada tahun 2016.

  1. Jerman

Potret kastil Neuschwanstein yang terkenal di Jerman | Canadastock/Shutterstock

Jerman mendapatkan skor 81,6 pada segi kekuatan, yang menjadikannya sebagai negara terkuat keempat pada 2022. US News mengatakan Jerman adalah negara terpadat di Uni Eropa dan merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Tercatat bahwa perannya dalam organisasi internasional tumbuh dengan baik sejak reunifikasi pada tahun 1990.

Selain itu, Jerman juga menjadi salah satu negara dengan populasi terbesar dan merupakan salah satu importir eksportir paling berpengaruh secara global. Jerman juga merupakan salah satu tujuan migrasi terpopuler di dunia, meski kebijakan pintu terbukanya menjadi titik pertikaian setelah kejahatan yang dilakukan di dalam perbatasan baru-baru ini.

  1. Inggris

Ilustrasi Big Ben di Inggris | Maziarz/Shutterstock

Peringkat kelima ditempati oleh Inggris dengan perolehan skor senilai 79,5. Inggris adalah negara yang sangat maju serta berkontribusi besar dalam memberikan pengaruh ekonomi, politik, ilmiah, dan budaya internasional.

Inggris telah menarik imigran selama berabad-abad. Mulai paruh kedua abad ke-20, asal imigran di Inggris pun mulai beragam, di antaranya banyak yang berasal dari Asia Selatan, Afrika dan Karibia serta dari Eropa Tengah dan Timur.

  1. Korea Selatan

Ilustrasi bendera dan arsitektur tradisional Korea Selatan | T.Dallas/Shutterstock

Korea Selatan menempati posisi keenam dengan skor 64,7. Peringkat tersebut mengalami kenaikan, mengingat di tahun sebelumnya, Korea Selatan menempati posisi nomor delapan berdasarkan segi kekuatan menurut US News.

Negeri ginseng ini memiliki ekonomi berteknologi tinggi dan mengantarkannya menjadi pusat investasi asing. Selain itu, Korea Selatan juga memiliki salah satu tabungan bruto terbesar di dunia dan menjadi penerima pertama dana Komite Bantuan Pembangunan OECD yang kemudian menjadi donatur dana tersebut.

  1. Perancis

Ilustrasi Menara Eiffel di Perancis | Beboy/Shutterstock

Perancis mendapatkan total skor 63,3 dan mengantarkannya menjadi negara terkuat nomor tujuh di dunia pada tahun 2022. Perekonomian Perancis adalah salah satu yang terbesar di dunia dan merupakan campuran antara perusahaan swasta serta keterlibatan pemerintah.

Adapun, pariwisata merupakan sumber utama untuk perekonomian negara ini dan menempatkannya di posisi teratas dalam daftar negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Sementara, sektor ekonomi utama lainnya yakni pertanian, energi, pertahanan, dan lain-lain. Perancis juga menjadi salah satu pengekspor senjata terbesar di dunia.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Jumlah Tunawisma Paling Banyak Tercatat di Negara-negara Ini

Beberapa negara ini mencatat jumlah tunawisma paling tinggi, adakah Indonesia?

Pertama Kali dalam Sejarah, Israel dan Palestina Masuk Daftar Hitam PBB Tahun Ini

Untuk pertama kalinya, Palestina dan Israel masuk ke dalam daftar hitam negara yang melakukan pelanggaran berat terhadap anak-anak dalam konflik bersenjata.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook