Tokopedia, Platform E-commerce yang Paling Dipercaya UMKM Indonesia

Menurut hasil riset tSurvey.id, Tokopedia menjadi platform e-commerce yang paling dipercayai pelaku UMKM Indonesia dengan persentase 76%.

Tokopedia, Platform E-commerce yang Paling Dipercaya UMKM Indonesia Ilustrasi toko online pada website e-commerce | Andrey_Popov/Shutterstock

Aktivitas berbelanja online semakin marak dari tahun ke tahun. Industri e-commerce dengan cepat berkembang pesat, ditandai dengan banyaknya kemunculan e-commerce baru. Tiap e-commerce bersaing satu sama lain untuk menawarkan layanan dan promo guna menarik banyak konsumen.

Hasil riset digital Telkomsel, tSurvey.id, menunjukkan bahwa Tokopedia merupakan platform pasar dagang online yang paling dipercaya oleh para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) lokal di Indonesia.

daftar e-commerce yang paling dipercaya pelaku UMKM Indonesia | Goodstats

Tercatat, sebanyak 76% responden mengaku puas selama menggunakan Tokopedia sebagai sarana penjualan online mereka. Disusul oleh Shopee dengan 75% responden yang berjualan di e-commerce tersbut. Lalu, ada juga platform e-commerce yang mendapatkan proporsi lebih sedikit, yakni Lazada dengan 19%, Bukalapak dengan 18%, dan Blibli 14% responden.

Selain itu, Tokopedia juga menjadi platform e-commerce yang dianggap memberikan pengalaman dan pelayanan paling memuaskan bagi para pebisnis UMKM dengan persentase masing-masing 69% dan 68% responden,

Tokopedia mendapatkan persepsi paling positif dari para responden yang terdiri dari para pengusaha UMKM di Indonesia. Adapun, tSurvey.id menunjukkan, terdapat beberapa aspek yang dipersepsikan sebagai keunggulan e-commerce ini dibandingkan para kompetitornya.

Aspek-aspek tersebut diantaranya, yaitu kemudahan penggunaan layanan e-commerce (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

Sementara itu, Telkomsel melalui survei digital tersebut berupaya untuk mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler yang membuka lebih banyak peluang bagi para pelaku industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data.

“Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform,” tutur Rangga Gandina selaku General Manager Data Solution Sales and Partnership Telkomsel.

Adapun, riset tersebut berlangsung pada tanggal 10-24 Juni 2022 dengan melibatkan sebanyak seribu responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia. Berdasarkan lokasi geografis, mayoritas responden berasal dari Jabotabek dengan proporsi 60%.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Deretan Perusahaan E-Commerce Terbesar di Dunia, Pernah Belanja di Sini?

Bisnis e-commerce semakin berkembang pesat di seluruh dunia. Lantas, perusahaan e-commerce mana yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar?

Tren Social Commerce Makin Populer, Masyarakat Kini Hobi Belanja di Media Sosial

Pendapatan dari social commerce akan mencapai 22% dari seluruh transaksi e-commerce pada tahun 2028. Bagaimana tren berbelanja di media sosial bisa populer?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X