Timnas Indonesia Lolos! Susul Irak dan Jepang ke Babak 16 Besar Piala Asia

Untuk pertama kalinya, Indonesia mampu lolos dari fase grup Piala Asia. Di babak 16 besar, Indonesia akan hadapi juara Grup A, Australia, pada Minggu (28/1).

Timnas Indonesia Lolos! Susul Irak dan Jepang ke Babak 16 Besar Piala Asia Pemain Timnas Indonesia di laga vs Jepang, Rabu (24/1) | GettyImages/NurPhoto

Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat 3 terbaik. Kepastian didapat usai laga penentu terakhir di Grup F yang mempertemukan Kirgizstan vs Oman, Kamis (25/1) berakhir imbang dengan skor 1-1.

Kekalahan 3-1 atas Jepang sebelumnya, Rabu (24/1) membuat nasib Indonesia untuk bisa melaju ke babak gugur bergantung pada hasil dari laga lainnya di Grup E dan Grup F.

Di laga penentu Grup E yang dimainkan lebih awal, Kamis (25/1), Bahrain berhasil menang atas Yordania dengan skor 0-1. Kedua tim lolos ke babak berikutnya, Bahrain lolos sebagai juara grup, sementara Yordania lolos via peringkat 3 terbaik.

Atas hasil tersebut, maka nasib Indonesia ditentukan dari laga terakhir antara Kirgizstan vs Oman. Laga itu sendiri berlangsung ketat karena kedua tim sama-sama masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar.

Skenarionya, jika Kirgizstan menang dengan selisih lebih dari 2 gol atas Oman, Kirgizstan berhak lolos ke babak selanjutnya. Sementara Oman bisa lolos jika menang dengan skor berapa pun atas Kirgizstan.

Dengan hasil imbang yang diraih kedua tim, slot terakhir di babak 16 besar dipastikan menjadi milik Indonesia. Timnas Indonesia unggul jumlah poin dari Oman di klasemen peringkat 3 terbaik.

Ada 3 tim yang memiliki poin sama (4) di klasemen akhir peringkat 3 terbaik, yakni Yordania, Palestina, dan Suriah. Yordania memuncaki klasemen karena unggul selisih gol dari 2 tim lain. Sementara Palestina menempati posisi ke-2 karena unggul produktivitas gol dari Suriah.

Di laga penutupnya yang dimainkan pada Selasa (23/1), Palestina sukses melumat Hong Kong dengan skor telak 0-3. Sementara itu, Suriah berhasil menang tipis dengan skor 1-0 atas India.

Adapun Indonesia menempati posisi buncit dari ke-4 tim peringkat 3 terbaik dengan torehan 3 poin. Poin ini didapat dari hasil kemenangan 1-0 di laga kedua atas Vietnam, Jumat (19/1), yang sekaligus menutup peluang Golden Star Warriors untuk lolos ke babak selanjutnya.

Di babak 16 besar, Indonesia sudah ditunggu sang Juara Grup B, Australia yang telah lebih dulu memastikan lolos. Laga Indonesia vs Australia akan dimainkan di Jassim bin Hamad Stadium, Minggu (28/1) pukul 18.30 WIB.

Dengan lolosnya Indonesia, otomatis akan ada 3 wakil dari Grup D di babak 16 besar. Irak yang keluar sebagai juara grup D akan ditantang peringkat 3 Grup E, Yordania di Khalifa International Stadium, Senin (29/1).

Dua hari setelahnya, runner-up Grup D, Jepang akan bersua dengan Bahrain yang berstatus sebagai juara Grup E, di Al Thumama Stadium, pada Rabu (31/1).

Sementara itu juru kunci Grup D, Vietnam, harus pulang dengan tangan hampa alias nirpoin, atas 3 hasil kekalahan yang diperoleh. Capaian ini tunjukkan penurunan signifikan dari Piala Asia edisi sebelumnya tahun 2019, di mana mereka mampu lolos hingga babak 8 besar.

Selain Vietnam, ada 2 tim lain yang juga gagal meraih poin di Piala Asia kali ini, yakni Hong Kong (Grup C) dan India (Grup B). Bagi India, selain nirpoin, mereka juga nirgol di 3 laga yang telah dimainkannya.

Apresiasi Tinggi STY Hingga Ketum PSSI

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan rasa syukur dan gembiranya usai Indonesia dipastikan melaju ke babak 16 besar Piala Asia.

"Sangat bersyukur, hari ini sangat happy. Terima kasih banyak," kata Shin dari Doha, dilansir dari rekaman audio yang diunggah akun YouTube BOLASPORTCOMJumat (26/1).

Ia juga mengapresiasi kerja keras yang selalu ditampilkan Asnawi Mangkualam cs di setiap laga, sehingga Indonesia bisa lolos ke babak berikutnya walau hanya bermodal 3 poin.

"Walaupun 1 kali menang, 2 kali kalah, tapi setiap pertandingan pemain bekerja keras, itu yang mungkin membuat hasil saat ini (lolos 16 besar)," tambah Shin.

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Lewat media sosial pribadinya, ia menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya untuk semua pihak yang telah berkontribusi atas terciptanya sejarah baru bagi sepak bola Indonesia di kancah Asia.

“Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan Timnas Indonesia,” tulis Erick.

“Perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan ofisial untuk bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar. Serta doa seluruh masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti untuk Timnas,” Erick menambahkan.

Tak lupa, ia juga mengingatkan bahwa perjuangan Timnas Indonesia belum usai. Oleh karena itu, semua pihak diharapkan dapat terus memberikan upaya terbaiknya.

“Perjuangan belum selesai, kita berikan yang terbaik untuk membawa #GarudaMendunia!” tutupnya.

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hasil Lengkap Tim-Tim ASEAN di Lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia jadi yang paling sukses dengan torehan 6 poin. Myanmar, Thailand, dan Singapura masing-masing 1 poin, Malaysia, Vietnam, dan Filipina 0 poin.

Daftar Harga Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt, Thom Haye Termahal

Menurut perhitungan laman Transfermarkt, nilai pasar terbaru Thom Haye mencapai Rp52,14 miliar, tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X