Jumlah Mahasiswa Indonesia Kian Meningkat Tiap Tahun

Jumlah mahasiswa di Indonesia semakin meningkat. Peningkatan terjadi dari tahun 2016 sebanyak 6,15 juta hingga 2021 sebanyak 8,95 juta.

Jumlah Mahasiswa Indonesia Kian Meningkat Tiap Tahun Suasana kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta | Purwanta BS/tempo.co

Menunjang kualitas sumber daya manusia diukur melalui pendidikan. Indonesia mewajibkan untuk mengikuti proses belajar selama 12 tahun yang digulirkan pemerintah sebagai bagaian dari Program Pendidikan Menengah Umum (PMU).

Tak jarang juga pelajar yang telah menamatkan dirinya dibangku SMA/SMK melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi mahasiswa. Dimana seorang mahasiswa akan mengemban ilmu yang akan difokuskan ke penjuruan yang dipilih.

Perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia sebanyak 2.694 institusi dan beberapa diantaranya berhasil masuk kedalam daftar 500 universitas terbaik di dunia. Selain intitusi yang banyak tersebar di Indonesia mengakibatkan jumlah mahasiswa juga kian bertambah.

Terlebih lagi angka pelajar SMA/SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi meningkat. Seperti data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik tahun 2020 bahwa 7.369.009 mahasiswa sedang menempuh jenjang pendidikan tinggi di berbagai institusi dan jumlah tersebut akan tersu bertambah.

Ketua Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi juga mengatakan seleksi masuk perguruan tinggi juga meningkat, baik dari seleksi SNMPTN naik 15-20 persen dan SBMPTN naik 20-25 persen.

Jumlah mahasiswa Indonesia tahun 2016-2021 | GoodStats

Jumlah mahasiswa di Indonesia juga semakin meningkat. Hal itu juga disebabkan adanya pelonjakan dari datangnya mahasiswa baru. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) mencatat jumlah mahasiswa baru terus meningkat sejak tahun 2016 hingga 2019. Bahkan jumlah kenaikan yang signifikan saat tahun ajaran 2019/2020 sebesar 1,77 juta dengan persentase 20,1 persen.

Bila dilihat, jumlah mahasiswa semakin meningkat dari tahun 2016 sebanyak 6,15 juta hingga setahun setelahnya naik 25,73 persen menjadi 7,74 juta. Bahkan, Badan Pusat Statistik mencatat tahun 2021 jumlah mahasiswa di Indonesia sebanyak 8.956.184 naik 4,1 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 8.603.441 orang.

Lebih detailnya, mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi negeri sebanyak 4,02 juta dan di perguruan tinggi swasta sebanyak 4,93 juta. Sementara mahasiswa yang berkuliah dengan kampus dibawah Kemendikbud Ristek sebanyak 7,67 juta dan yang berkuliah dengan kampus  dibawah Kementerian Agama sebanyak 1,29 juta mahasiswa.

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daftar Gaji Pekerjaan di Bidang IT, Rata-Rata Lebih dari Rp1 Miliar per Tahun

Pekerjaan di bidang senior executive memiliki gaji yang paling tinggi, yaitu mencapai 124.7 USD atau setara dengan 1.96 Miliar Rupiah.

Ikigai: Budaya Hidup yang Membuat Orang Jepang Jadi Paling Bahagia di Dunia

Orang Jepang diklaim menganggap kebahagiaan sebagai hal terpenting dalam hidup. Lantas bagaimana kuncinya?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X