Terbaru, Ini Dia Jumlah Kabupaten di Indonesia Beserta Sebarannya

Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan jumlah kabupaten terbanyak di Indonesia, masing-masing memiliki 29 kabupaten.

Terbaru, Ini Dia Jumlah Kabupaten di Indonesia Beserta Sebarannya Jawa Tengah Menjadi Provinsi dengan Kabupaten Terbanyak di Indonesia | Tribun Jateng

Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.1-1-6117 Tahun 2022 menyatakan, jumlah kabupaten di Indonesia mencapai 416 kabupaten. Adapun jumlah tersebut termasuk satu kabupaten yang masih berstatus sebagai kabupaten administrasi. 

Sementara itu, jumlah kota di Indonesia jauh lebih sedikit, yakni sebanyak 98 kota, termasuk lima kota yang masih menyandang status kota administrasi.

Perbedaan Kabupaten dan Kota

Meski sekilas hampir sama, kabupaten dan kota memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan paling kentara terlihat dari struktur kepemimpinannya. Sebuah kabupaten dipimpin oleh seorang bupati, sedangkan sebuah kota dipimpin oleh wali kota. 

Sebelumnya, kabupaten dikenal dengan sebutan daerah tingkat II, sementara kota biasa disebut sebagai kota madya. Namun setelah dicetuskannya UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, istilah daerah tingkat II dan kota madya tidak lagi digunakan.

Selain kedua perbedaan di atas, perbedaan kabupaten dan kota terlihat pula dari luas wilayahnya. 

Daerah kabupaten cenderung lebih luas ketimbang wilayah administratif dari kota. Meski begitu, kota memiliki tingkat kepadatan penduduk yang lebih tinggi dan menyediakan fasilitas publik yang lebih baik.

Lebih lanjut, penduduk kabupaten biasanya bekerja di sektor pertanian atau agraris. Berbeda dengan penduduk kota yang lebih banyak bekerja di sektor perdagangan dan jasa.

Setiap kabupaten dan kota sama-sama dibagi menjadi beberapa wilayah administratif berupa kecamatan, kelurahan, hingga desa.

Provinsi dengan Jumlah Kabupaten Terbanyak

Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan jumlah kabupaten terbanyak di Indonesia, masing-masing memiliki 29 kabupaten.
Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan jumlah kabupaten terbanyak di Indonesia, masing-masing memiliki 29 kabupaten | GoodStats

Dengan total jumlah kabupaten di Indonesia mencapai 416, provinsi dengan kabupaten terbanyak dipegang oleh Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kedua provinsi tersebut masing-masing memiliki 29 kabupaten. Bedanya, kota di Jawa Timur sedikit lebih banyak (9 kota) dibanding Jawa Tengah (6 kota).

Provinsi dengan jumlah kabupaten terbanyak berikutnya dipegang oleh Sumatra Utara dengan total 25 kabupaten. Provinsi tersebut juga memiliki total 8 kota tersebar, menjadikannya provinsi dengan kota terbanyak kedua di Indonesia.

Adapun posisi keempat dipegang bersamaan oleh Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur, masing-masing memiliki 21 kabupaten. Jawa Barat bersama dengan Aceh berada di peringkat keenam dengan masing-masing 18 kabupaten.

Menariknya, provinsi dengan jumlah kabupaten paling sedikit ada di DKI Jakarta. Ibu kota Indonesia tersebut hanya memiliki 1 buah kabupaten.

DI Yogyakarta berada di urutan kedua bersama dengan Banten, Kalimantan Utara, dan Papua Selatan dengan masing-masing 4 kabupaten.

Berikut sebaran jumlah kabupaten di Indonesia.

  1. Aceh: 18 kabupaten
  2. Sumatra Utara: 25 kabupaten
  3. Sumatra Barat: 12 kabupaten
  4. Riau: 10 kabupaten
  5. Jambi: 9 kabupaten
  6. Sumatra Selatan: 13 kabupaten
  7. Bengkulu: 9 kabupaten
  8. Lampung: 13 kabupaten
  9. Kepulauan Riau: 5 kabupaten
  10. Kepulauan Bangka Belitung: 6 kabupaten
  11. DKI Jakarta: 1 kabupaten
  12. Jawa Barat: 18 kabupaten
  13. Jawa Tengah: 29 kabupaten
  14. DI Yogyakarta: 4 kabupaten
  15. Jawa Timur: 29 kabupaten
  16. Banten: 4 kabupaten
  17. Bali: 8 kabupaten
  18. Nusa Tenggara Barat: 8 kabupaten
  19. Nusa Tenggara Timur: 21 kabupaten
  20. Kalimantan Barat: 12
  21. Kalimantan Tengah: 13 kabupaten
  22. Kalimantan Selatan: 11 kabupaten
  23. Kalimantan Timur: 7 kabupaten
  24. Kalimantan Utara: 4 kabupaten
  25. Sulawesi Utara: 11 kabupaten
  26. Sulawesi Tengah: 12 kabupaten
  27. Sulawesi Selatan: 21 kabupaten
  28. Sulawesi Tenggara: 15 kabupaten
  29. Gorontalo: 5 kabupaten
  30. Sulawesi Barat: 6 kabupaten
  31. Maluku: 9 kabupaten
  32. Maluku Utara: 8 kabupaten
  33. Papua: 8 kabupaten
  34. Papua Barat: 7 kabupaten
  35. Papua Selatan: 4 kabupaten
  36. Papua Tengah: 8 kabupaten
  37. Papua Pegunungan: 8 kabupaten
  38. Papua Barat Daya: 5 kabupaten

Baca Juga: Intip Daftar Kabupaten Terkaya di Indonesia

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Simak Daftar Daerah dengan Calon Tunggal di Pilkada 2024

Sebanyak 41 daerah terpaksa memiliki calon tunggal pada Pilkada 2024, termasuk 1 provinsi. Mayoritas calon tunggal berada di pemilihan tingkat bupati.

Mayoritas Orang Indonesia Tidur 6 Jam per Hari

Sekitar 27% penduduk Indonesia hanya tidur 6 jam per hari, di bawah durasi tidur ideal yang direkomendasikan, yakni 7-8 jam untuk orang dewasa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook